Kaliper Rem Cakram Motor : Fungsi, Cara Kerja, Dan Harga Terbaru

fungsi kaliper rem motor

Cek Juga :

Penjepit rem terbuat dari bahan aluminium atau besi tuang, dan dirancang khusus agar dapat memberikan tekanan yang kuat dan merata pada permukaan cakram rem

Fungsi Kaliper Rem Sepeda Motor

Penjepit rem memiliki beberapa fungsi penting dalam sistem pengereman motor, di antaranya:

  • Meneruskan tekanan hidrolik dari tuas rem ke kampas rem
  • Menjepit kampas rem ke piringan cakram
  • Mengatur gaya penjepitan kampas rem agar merata
  • Mengubah tekanan hidrolik menjadi gaya mekanis untuk menekan kampas rem
  • Menghentikan putaran roda motor melalui gesekan antara kampas dan cakram

Cara Kerja Kaliper Rem Cakram Motor

Berikut ini rincian penjelasan mengenai cara kerja penjepit rem cakram pada motor:

  • Saat tuas rem ditarik, tekanan hidrolik dihasilkan oleh master silinder rem dan mengalir melalui selang rem menuju caliper.
  • Tekanan hidrolik ini mendorong piston di dalam kaliper untuk bergerak.
  • Gerakan piston kaliper ini menekan kampas rem ke arah cakram rem yang berputar bersama roda.
  • Cakram rem yang terjepit oleh kampas rem tidak bisa berputar lagi, sehingga putaran roda melambat dan berhenti.
  • Umumnya penjepit rem motor memiliki 1 piston, 2 piston, bahkan 4 piston tergantung desain dan kebutuhan daya pengeremannya.
  • Semakin banyak piston maka semakin kuat pula daya pengereman yang dihasilkan.

Jenis-Jenis Kaliper Rem Motor

Kaliper rem motor dibedakan menjadi 2 jenis utama, yaitu

1. Kaliper Rem Axial

Penjepit rem axial adalah jenis kaliper rem pada motor yang memiliki piston yang bergerak sejajar dengan poros roda saat pengereman.

  • Piston bergerak maju mundur secara linear dan sejajar sumbu poros roda saat bekerja.
  • Umumnya hanya memiliki 1 buah piston di dalamnya.
  • Bentuknya sederhana dan kompak.
  • Biasa digunakan pada motor bebek atau skutik.
  • Harganya relatif lebih murah dibanding jenis kaliper radial.
  • Perawatannya cukup mudah dilakukan.
  • Gaya penjepit dan daya pengeremannya standar, tidak terlalu besar.
  • Kurang cocok digunakan untuk pengereman ekstrim.

2. Kaliper Rem Radial

Penjepit rem radial adalah jenis kaliper rem pada motor yang memiliki piston yang bergerak tegak lurus terhadap poros roda saat pengereman.

  • Piston bergerak maju mundur secara tegak lurus sumbu poros roda ketika bekerja.
  • Biasanya dilengkapi 2 atau 4 piston.
  • Bentuknya lebih besar dan kokoh.
  • Umumnya digunakan pada motor sport atau big bike.
  • Mampu menghasilkan daya pengereman yang sangat kuat.
  • Mampu menjepit cakram rem secara merata di seluruh permukaan.
  • Perawatannya agak rumit karena desain yang kompleks.
  • Harganya jauh lebih mahal dibanding kaliper axial.
  • Sangat cocok untuk pengereman ekstrim dan kecepatan tinggi.

Penjepit rem radial memiliki kemampuan pengereman prima karena piston bekerja optimal dalam menjepit cakram rem. Namun harganya mahal dan perawatannya lebih rumit.

Daftar Harga Kaliper Terbaru Desember 2023

Nama ProdukHargaLokasiToko
Spi Klip Kancing Pengunci Kaliper Kampas Rem Depan/Belkng Asli StenlisRp500Kab. TangerangAjmSuritin
Original Cap Karet Tutup Baut Nepel Pembuangan Angin All KaliperRp2.500Jakarta TimurKhabib Online Shop
Karet Seal Pen Kaliper Avanza Nissan OriginalRp15.000BekasiAdila Motor
Karet Boot Kaliper Vios Sieta OriginalRp10.000BekasiAdila Motor
Pin Kaliper/Pen Caliper Asli Pajero Sport All TahunRp25.000Jakarta PusatPart Car Abadi
Caliper Kit Seal Kit Kaliper Rem Depan Calya Sigra OriginalRp30.000Jakarta BaratSinar Auto Parts Id
Kaliper Assy Depan Kepala Babi Depan Honda Beat Karbu Original (Kvy)Rp137.000BekasiPM Motorindo
Besi Bracket Breket Dudukan Kaliper Rem Belakang Nmax N Max OriginalRp105.000Kab. TangerangJ.Y Parts Shop
Caliper Kaliper Depan Assy R15 V2 Asli Original YamahaRp332.210BogorRadjawali Motor
Kaliper Rem Yamaha R15 Old (2PK) Original termurahRp365.000Kab. BandungYamaha Gerbang Cahaya
Kaliper Rem Nissin Samurai Brake Original Pnp Vario Beat Scoopy SpacyRp850.000Kab. BekasiV-Diesel Shop
Kaliper 2 Piston Ktc Kytaco KN V2 Universal Original Produk Red GoldRp675.000Jakarta BaratJt Speed Shop
Kaliper Nissin Samurai Brake 2 Piston Original Vario Beat Scoopy SpacyRp850.000Jakarta TimurMKAccesories
Kaliper Brembo 4 Piston 1 Pin Grey Universal OriginalRp2.369.000Jakarta BaratXtreme Motor Sport
Jual Kaliper Brembo M50 100 Mm Set Sepasang Dual OriginalRp4.944.000Jakarta BaratXtreme Motor Sport
Original Bmw Brembo Big Brake 4 Pot Kaliper Depan 20557601Rp7.500.000DepokFenomena Garage
Kaliper Big LOGO plus breket kaliper mio soul old mio smile oriRp190.000Jakarta Baratracingmotor
Racing Boy Kaliper S Series Yamaha Nmax Aerox R15 Original – DepanRp751.000Jakarta Baratdigioto
Kaliper 4P Nissin Twin Africa Plus Breket Ninja R RR SS 150Rp250.000Jakarta BaratDouble M Motoparts
Kaliper 4p krs originalRp275.000Jakarta Utara 2 Saudara Speedshop
Kaliper Cakram Depan Rx King New Jupiter Z Byson Fiz R 4USRp105.000Jakarta BaratQessya_shop
Kaliper RCB S Series VARIO BEAT SCOOPY SPACY GENIO ORIGINALRp675.000TangerangLascooter

Gejala Umum dan Penyebab Kerusakan Penjepit Rem Cakram

1. Gejala Kerusakan 

  • Pengereman tidak lancar atau tersendat-sendat
  • Saat rem dilepas, kaliper tidak kembali ke posisi normal
  • Kaliper macet atau terkunci pada satu posisi
  • Kampas rem cepat aus
  • Rem cepat panas saat digunakan
  • Terdengar bunyi berisik saat pengereman atau saat jalan
  • Piston kaliper susah bergerak atau macet
  • Kampas rem menempel terus pada cakram
  • Pengereman kurang maksimal atau tidak seimbang
  • Cairan rem bocor dari kaliper

2. Penyebab Kerusakan 

Secara umum, kotoran, karatan, dan keausan komponen adalah penyebab utama kerusakan pada penjepit rem motor yang perlu diwaspadai.

  • Kotoran dan debu yang menempel Kotoran dan debu yang menempel pada kaliper dapat menyebabkan gesekan dan macetnya piston kaliper.
  • Karat atau korosi Karat yang terbentuk pada kaliper dan piston bisa membuat kaliper macet dan sulit bergerak.
  • Keausan pada komponen kaliper Keausan bisa terjadi pada seal, piston, maupun permukaan kaliper yang kontak dengan cakram.
  • Kerusakan mekanis Misalnya baut atau mur pada kaliper yang longgar, atau kerusakan pada komponen dalam kaliper.
  • Cairan rem kotor Cairan rem yang terkontaminasi dapat menyebabkan piston kaliper macet.
  • Kampas rem aus Kampas rem aus menyebabkan kaliper bekerja berlebihan dan cepat panas.
  • Pemasangan kaliper yang tidak tepat Pemasangan kaliper yang kurang presisi bisa membuat kaliper tidak bekerja optimal.

3. Akibat Mengabaikan Kerusakan

  • Pengereman menjadi tidak maksimal bahkan bisa total loss. Hal ini sangat berbahaya karena pengereman tidak berfungsi dengan baik sehingga berpotensi menyebabkan kecelakaan.
  • Komponen rem lainnya seperti kampas dan cakram rem cepat aus karena harus bekerja lebih keras mengkompensasi kerusakan kaliper.
  • Biaya perbaikan bisa jadi lebih mahal jika kerusakan kaliper makin parah dan menyebabkan komponen lain ikut rusak.
  • Bahaya kecelakaan meningkat karena pengereman tidak optimal, sehingga berpotensi cedera serius pada pengendara maupun penumpang.
  • Performa berkendara menurun karena pengendara kehilangan kepercayaan pada sistem pengereman yang tidak berfungsi dengan baik.

Jadi sangat penting untuk segera memperbaiki kaliper rem begitu mengetahui adanya kerusakan, guna menjaga keselamatan dan performa berkendara. Mengabaikan kerusakan kaliper rem dapat berakibat fatal dan memperparah kerusakan secara keseluruhan. Keselamatan berkendara harus menjadi prioritas utama.

© CV Pelita Motorindo. All rights reserved.