Kampas rem motor adalah suatu komponen yang terpasang pada kaliper rem untuk tipe rem cakram atau sepatu rem untuk tipe rem tromol yang bergesekan dengan permukaan disc atau drum saat tuas rem ditarik.
Kampas rem berfungsi sebagai bantalan gesek yang menekan cakram atau tromol saat rem diterapkan. Gesekan inilah yang memperlambat putaran roda hingga motor berhenti. Kampas rem terbuat dari bahan friksi yang mampu menghasilkan gesekan tinggi saat bersentuhan dengan piringan cakram atau drum brake.
Kampas rem motor memiliki beberapa fungsi penting, antara lain:
Cara kerja kampas rem motor dapat dijelaskan sebagai berikut:
Proses kerja kampas rem ini berulang setiap kali pengendara menarik tuas rem. Oleh karena itu, performa kampas rem sangat menentukan efektivitas dan kenyamanan pengereman kendaraan.
Secara umum, terdapat dua jenis utama kampas rem motor, yaitu:
Kampas rem organik merupakan jenis kampas rem paling dasar dan paling ekonomis. Kampas jenis ini memiliki koefisien gesek yang tinggi, tahan panas, serta harga yang ekonomis. Namun, debu asbes yang dihasilkan saat pengereman dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Sebagian besar produsen telah beralih ke bahan non-asbes.
Bahan utamanya adalah campuran dari:
Kelebihan Kampas Rem Organik:
Kekurangan Kampas Rem Organik:
Kampas rem organik paling cocok digunakan untuk kendaraan ringan dengan intensitas pengereman normal atau rendah, seperti mobil dan motor untuk pemakaian sehari-hari.
Kampas semi-metalik mengandung serat logam seperti tembaga, besi, atau baja hingga 30-65% dari total bahan. Penambahan serat logam ini meningkatkan koefisien gesek dan ketahanan abrasi. Kampas semi-metalik lebih mahal dari kampas organik biasa, namun umur pakainya juga lebih panjang. Kampas ini sangat cocok untuk pengereman keras atau tipe balap.
Bahan-bahan pada Kampas Rem Semi-Metalik:
Kelebihan Kampas Rem Semi-Metalik:
Kekurangan Kampas Rem Semi-Metalik:
Kampas rem semi-metalik sangat cocok digunakan pada kendaraan dengan intensitas pengereman tinggi seperti mobil sport, mobil balap, atau sepeda motor gede. Performa pengeremannya jauh lebih optimal dibanding kampas organik biasa.
Harga kampas rem cakram rata-rata dijual dengan kisaran harga Rp8.000 – Rp1.000.000 per biji, tergantung merek, jenis kendaraan, lokasi dan toko. Pastikan menggunakan kampas rem yang sesuai dengan spesifikasi agar motor atau mobil selalu prima. Berikut adalah daftar harga terbaru kampas rem November 2023 yang dirangkum dari platform toko online :
Nama Produk | Harga | Lokasi | Toko |
---|---|---|---|
Dispad Kampas Rem Vario F1 CBS Beat Fi 125 150 New Scoopy Pop Esp Kv | Rp8.000 | Jakarta Barat | Grosir Spareparts Motor |
Dispad Kampas Rem Depan Grand Supra X Smash Shogun Kharisma Revo Lama | Rp8.500 | Jakarta Timur | APS_PART |
Dispad Kampas Rem Belakang Suzuki Satria Fu | Rp10.000 | Jakarta Pusat | TokoSparepart88888 |
Dispad Kampas Rem Depan MX, Mio, Vixion (3C1-F5805-10) | Rp10.000 | Jakarta Barat | Jagoan Sparepart888 |
Dispad Kampas Rem Depan Yamaha Mio M3 N-max | Rp8.750 | Jakarta Barat | Grosir Spareparts Motor |
Kampas Rem Belakang Tromol Force 1 F1ZR Fizr Jupiter Z Vega R Lama 5TP | Rp16.000 | Jakarta Timur | APS_PART |
Kampas Rem Belakang Honda Vario Beat Spacy Fi New Lama Baru KZL | Rp18.750 | Jakarta Barat | Grosir Spareparts Motor |
Brake Shoe – Kampas Rem Belakang Avanza / Xenia | Rp97.500 | Jakarta Pusat | Tiger Automotive Parts |
Brake Disc Pad – Kampas Rem Depan Avanza / Xenia / Apv | Rp62.500 | Jakarta Pusat | Tiger Automotive Parts |
Brake Disc Pad – Kampas Rem Depan Calya / Sigra Bendix DB2434 HD | Rp182.500 | Jakarta Pusat | Tiger Automotive Parts |
Brake Disc Pad – Kampas Rem Depan Jazz Gd3 Idsi Vtec city Brio | Rp105.000 | Jakarta Pusat | Tiger Automotive Parts |
Brake Disc Pad – Kampas Rem Depan Avanza / Xenia / Rush / Terios | Rp62.500 | Jakarta Pusat | Tiger Automotive Parts |
Brake Disc Pad – Kampas Rem Depan Grand Gran Max Luxio | Rp77.500 | Jakarta Pusat | Tiger Automotive Parts |
Brake Disc Pad – Kampas Rem Depan Jazz Freed City Stream Mobilio Ferio | Rp105.000 | Jakarta Pusat | Tiger Automotive Parts |
Brake Pad – Kampas Rem Depan All New Pajero Sport 2016 UP 4605B541( Asli) | Rp1.800.000 | Jakarta Utara | Tunas Bangka Autopart |
Brake Pad – Kampas Rem Depan Avanza / Xenia / Rush Bendix DB1460 GCT | Rp225.000 | Jakarta Pusat | Tiger Automotive Parts |
Brake Disc Pad – Kampas Rem Depan gluxio | Rp77.500 | Jakarta Pusat | Tiger Automotive Parts |
Brake Disc Pad – Kampas Rem Depan Ertiga / Swift / Mazda 2 Bendix | Rp174.000 | Jakarta Pusat | Tiger Automotive Parts |
Brake Disc Pad – Kampas Rem Depan Ertiga / Swift Bendix DB1941 GCT | Rp320.000 | Jakarta Pusat | Tiger Automotive Parts |
Brake Shoe – Kampas Rem Belakang Innova Reborn BS5215 Bendix Original | Rp325.000 | Jakarta Pusat | Tiger Automotive Parts |
Brake Disc Pad – Kampas Rem Depan RTRTIGA / Swift / Mazda 2 Bendix | Rp174.000 | Jakarta Pusat | Tiger Automotive Parts |
Kampas Rem Depan Atau Dispad Brake Pad Mitsubishi Eclipse Cross | Rp300.000 | Jakarta Pusat | The One Motor |
Kampas Rem Depan/Brake Pad All New Pajero Sport 2016 UP 4605B541( Asli) | Rp1.800.000 | Jakarta Utara | Tunas Bangka Autopart |
Brake Shoe Kampas Rem Belakang Fortuner Hilux 04495-0K120-82 | Rp1.050.000 | Jakarta Barat | Son Auto Parts |
Kampas Rem 8mm X 150mm | Rp630.000 | Jakarta Barat | Cahaya Makmur Utama |
Kampas Rem Depan Serena C26. Original / Harga 1set | Rp350.000 | Jakarta Pusat | PJP Motor |
Brake Pad Kampas Rem Depan Innova Inova Original | Rp775.000 | Jakarta Barat | Kencana Jaya Part |
Brake Pad Kampas Rem Belakang Honda Civic Turbo 2016-2021 Original | Rp1.000.000 | Jakarta Utara | Sukses Auto Part97 |
Kapan sebaiknya melakukan penggantian kampas rem motor? Beberapa indikasi yang menunjukkan sudah saatnya ganti kampas rem antara lain:
Jika salah satu tanda di atas sudah terlihat, segera lakukan penggantian kampas rem sesuai rekomendasi pabrikan. Jangan tunda agar keselamatan berkendara tetap terjaga.
Agar kampas rem selalu dalam kondisi prima, ada beberapa cara perawatan berkala yang dapat dilakukan:
Dengan perawatan yang tepat, umur kampas rem dapat bertahan lebih lama sehingga performa sistem pengereman tetap prima dan pengendara merasa aman saat berkendara.
Berikut adalah tabel perbedaan kampas rem sepeda motor tipe cakram dan tromol:
Aspek | Kampas Rem Cakram | Kampas Rem Tromol |
---|---|---|
Posisi | Terpasang pada kaliper rem | Terpasang pada sepatu rem |
Bentuk | Pejal menyerupai piringan | Berbentuk sepatu |
Permukaan Kontak | Hanya satu sisi | Kedua sisi bersentuhan dengan drum |
Bahan | Semi-metalik atau keramik | Organik atau semi-metalik |
Harga | Lebih mahal | Lebih murah |
Kinerja | Lebih bagus dan stabil | Kurang optimal dibanding cakram |
Keausan | Lebih tahan lama | Lebih cepat aus |
Perawatan | Lebih mudah | Lebih rumit |
Suara | Lebih halus | Lebih bising |
Estetika | Terlihat menarik | Tertutup di dalam rumah drum |
Secara umum, kampas rem cakram lebih unggul dari segi performa dan umur pakai dibanding kampas rem tromol. Kampas cakram juga lebih mudah perawatannya. Namun, harga kampas cakram tentu jauh lebih mahal.