Fungsi, Jenis Dan Harga Terbaru Kampas Rem Motor

kampas-rem-motor

Cek Juga :

Fungsi Kampas Rem

  • Menghasilkan gaya gesek saat bersentuhan dengan permukaan disc atau drum brake untuk memperlambat laju kendaraan hingga berhenti total. Semakin besar gaya gesek yang dihasilkan, semakin efektif pula pengereman yang dilakukan.
  • Menyerap dan melepaskan panas yang timbul akibat gesekan dengan komponen rem lainnya. Kampas rem yang berkualitas mampu menyebarkan panas secara merata agar tidak terjadi overheating pada satu titik yang dapat mengurangi kinerja pengereman.
  • Memberikan rasa nyaman bagi pengendara melalui desain khusus yang mengurangi getaran dan kebisingan saat pengereman. Kampas rem yang berkualitas dilengkapi dengan bahan insulasi getaran dan peredam suara.
  • Melindungi disc atau drum brake dari kerusakan akibat gesekan langsung logam dengan logam. Kampas rem yang aus perlu segera diganti agar permukaan disc atau drum brake tetap terjaga.

Cara Kerja Kampas Rem Motor

  1. Saat tuas rem ditarik, cairan hidrolik pada sistem rem akan menekan piston kaliper rem (untuk rem cakram) atau sepatu rem (untuk rem tromol).
  2. Piston kaliper atau sepatu rem kemudian akan mendorong kampas rem hingga menekan permukaan disc atau drum brake.
  3. Sentuhan antara kampas dan permukaan disc atau drum ini menimbulkan gaya gesek yang sangat tinggi. Gaya gesek inilah yang memperlambat putaran roda hingga kendaraan berhenti.
  4. Panas yang timbul akibat gesekan akan diserap oleh kampas rem lalu dilepaskan secara bertahap ke udara bebas. Thermal conductivity bahan kampas rem menentukan seberapa cepat panas ini dilepaskan.
  5. Setelah tuas rem dilepas, tekanan pada piston kaliper atau sepatu rem akan terlepas. Pegas akan menarik kembali piston beserta kampas rem ke posisi semula.

Proses kerja kampas rem ini berulang setiap kali pengendara menarik tuas rem. Oleh karena itu, performa kampas rem sangat menentukan efektivitas dan kenyamanan pengereman kendaraan.

Jenis Kampas Rem

Secara umum, terdapat dua jenis utama kampas rem motor, yaitu:

1. Kampas Rem Organik

Kampas rem organik merupakan jenis kampas rem paling dasar dan paling ekonomis. Kampas jenis ini memiliki koefisien gesek yang tinggi, tahan panas, serta harga yang ekonomis. Namun, debu asbes yang dihasilkan saat pengereman dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Sebagian besar produsen telah beralih ke bahan non-asbes. 

  • Serat Asbes (Asbestos)
    Asbes memiliki koefisien gesek yang tinggi sehingga sangat cocok digunakan pada kampas rem. Namun, debu asbes yang dihasilkan saat pengereman dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti kanker paru-paru. Karena alasan kesehatan ini, penggunaan asbes sudah dilarang di banyak negara.
  • Bahan perekat organik
    Seperti resin fenolik, resin epoksi, atau polyester resin. Berfungsi merekatkan serat asbes menjadi satu kesatuan kampas rem.
  • Serat penguat
    Seperti serat kaca, serat karbon, atau kevlar. Berfungsi meningkatkan kekuatan kampas rem agar tidak mudah hancur karena gesekan dan panas.
  • Bahan tambahan
    Seperti bubuk logam, keramik, atau grafit. Ditambahkan untuk meningkatkan performa gesek dan daya tahan panas kampas rem.
  • Harga paling murah dan ekonomis
  • Tidak menimbulkan korosi pada disc brake
  • Menghasilkan debu rem yang sedikit
  • Cocok untuk pengendaraan sehari-hari
  • Kurang awet, cepat aus karena gesekan
  • Rentan terhadap suhu tinggi dan mudah terbakar
  • Koefisien gesek tidak setinggi jenis semi-metalik
  • Mengandung asbes yang berbahaya bagi kesehatan (pada kampas lama)

Kampas rem organik paling cocok digunakan untuk kendaraan ringan dengan intensitas pengereman normal atau rendah, seperti mobil dan motor untuk pemakaian sehari-hari.

2. Kampas Rem Semi-Metalik

Kampas semi-metalik mengandung serat logam seperti tembaga, besi, atau baja hingga 30-65% dari total bahan. Penambahan serat logam ini meningkatkan koefisien gesek dan ketahanan abrasi. Kampas semi-metalik lebih mahal dari kampas organik biasa, namun umur pakainya juga lebih panjang. Kampas ini sangat cocok untuk pengereman keras atau tipe balap.

  • Serat logam: besi, baja, atau tembaga sekitar 30-65%
  • Serat organik: serat glass, aramid, dll sekitar 10-30%
  • Bahan pengikat: resin fenolik, rubber, dll 10-30%
  • Bahan tambahan: grafit, keramik, metal oxide <10%
  • Koefisien gesekan lebih tinggi dibanding kampas organik
  • Lebih tahan terhadap suhu tinggi dan keausan
  • Umur pakai lebih panjang
  • Sangat cocok untuk pengereman berat atau balapan
  • Harga lebih mahal dari kampas organik
  • Menghasilkan debu rem lebih banyak
  • Dapat menimbulkan korosi pada disc brake
  • Menimbulkan suara bising saat pengereman

Kampas rem semi-metalik sangat cocok digunakan pada kendaraan dengan intensitas pengereman tinggi seperti mobil sport, mobil balap, atau sepeda motor gede. Performa pengeremannya jauh lebih optimal dibanding kampas organik biasa.

Daftar Harga Kampas Rem Cakram Terbaru November 2023

Nama ProdukHargaLokasiToko
Dispad Kampas Rem Vario F1 CBS Beat Fi 125 150 New Scoopy Pop Esp KvRp8.000Jakarta BaratGrosir Spareparts Motor
Dispad Kampas Rem Depan Grand Supra X Smash Shogun Kharisma Revo LamaRp8.500Jakarta TimurAPS_PART
Dispad Kampas Rem Belakang Suzuki Satria FuRp10.000Jakarta PusatTokoSparepart88888
Dispad Kampas Rem Depan MX, Mio, Vixion (3C1-F5805-10)Rp10.000Jakarta BaratJagoan Sparepart888
Dispad Kampas Rem Depan Yamaha Mio M3 N-maxRp8.750Jakarta BaratGrosir Spareparts Motor
Kampas Rem Belakang Tromol Force 1 F1ZR Fizr Jupiter Z Vega R Lama 5TPRp16.000Jakarta TimurAPS_PART
Kampas Rem Belakang Honda Vario Beat Spacy Fi New Lama Baru KZLRp18.750Jakarta BaratGrosir Spareparts Motor
Brake Shoe – Kampas Rem Belakang Avanza / XeniaRp97.500Jakarta PusatTiger Automotive Parts
Brake Disc Pad – Kampas Rem Depan Avanza / Xenia / ApvRp62.500Jakarta PusatTiger Automotive Parts
Brake Disc Pad – Kampas Rem Depan Calya / Sigra Bendix DB2434 HDRp182.500Jakarta PusatTiger Automotive Parts
Brake Disc Pad – Kampas Rem Depan Jazz Gd3 Idsi Vtec city BrioRp105.000Jakarta PusatTiger Automotive Parts
Brake Disc Pad – Kampas Rem Depan Avanza / Xenia / Rush / TeriosRp62.500Jakarta PusatTiger Automotive Parts
Brake Disc Pad – Kampas Rem Depan Grand Gran Max LuxioRp77.500Jakarta PusatTiger Automotive Parts
Brake Disc Pad – Kampas Rem Depan Jazz Freed City Stream Mobilio FerioRp105.000Jakarta PusatTiger Automotive Parts
Brake Pad – Kampas Rem Depan All New Pajero Sport 2016 UP 4605B541( Asli)Rp1.800.000Jakarta UtaraTunas Bangka Autopart
Brake Pad – Kampas Rem Depan Avanza / Xenia / Rush Bendix DB1460 GCTRp225.000Jakarta PusatTiger Automotive Parts
Brake Disc Pad – Kampas Rem Depan gluxioRp77.500Jakarta PusatTiger Automotive Parts
Brake Disc Pad – Kampas Rem Depan Ertiga / Swift / Mazda 2 BendixRp174.000Jakarta PusatTiger Automotive Parts
Brake Disc Pad – Kampas Rem Depan Ertiga / Swift Bendix DB1941 GCTRp320.000Jakarta PusatTiger Automotive Parts
Brake Shoe – Kampas Rem Belakang Innova Reborn BS5215 Bendix OriginalRp325.000Jakarta PusatTiger Automotive Parts
Brake Disc Pad – Kampas Rem Depan RTRTIGA / Swift / Mazda 2 BendixRp174.000Jakarta PusatTiger Automotive Parts
Kampas Rem Depan Atau Dispad Brake Pad Mitsubishi Eclipse CrossRp300.000Jakarta PusatThe One Motor
Kampas Rem Depan/Brake Pad All New Pajero Sport 2016 UP 4605B541( Asli)Rp1.800.000Jakarta UtaraTunas Bangka Autopart
Brake Shoe Kampas Rem Belakang Fortuner Hilux 04495-0K120-82Rp1.050.000Jakarta BaratSon Auto Parts
Kampas Rem 8mm X 150mmRp630.000Jakarta BaratCahaya Makmur Utama
Kampas Rem Depan Serena C26. Original / Harga 1setRp350.000Jakarta PusatPJP Motor
Brake Pad Kampas Rem Depan Innova Inova OriginalRp775.000Jakarta BaratKencana Jaya Part
Brake Pad Kampas Rem Belakang Honda Civic Turbo 2016-2021 OriginalRp1.000.000Jakarta UtaraSukses Auto Part97

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Kampas Rem Motor

Kapan sebaiknya melakukan penggantian kampas rem motor? Beberapa indikasi yang menunjukkan sudah saatnya ganti kampas rem antara lain:

  • Timbul suara decit nyaring saat pengereman. Ini menandakan kampas sudah sangat aus dan permukaannya tidak rata lagi.
  • Kampas terlihat retak atau terkelupas. Retakan pada kampas dapat mengurangi luas permukaan kontak saat pengereman.
  • Pedal rem terasa lembek dan jarak bebasnya semakin panjang. Menandakan tekanan hidrolik rem kurang maksimal.
  • Skuter matic sering ngerem sendiri saat injakan gas dilepas. Bisa jadi kampas aus sudah menyentuh piringan rem.
  • Pengendara perlu menambah tenaga saat pengereman. Kampas aus membutuhkan tekanan lebih besar untuk menghasilkan gaya gesek yang cukup.

Jika salah satu tanda di atas sudah terlihat, segera lakukan penggantian kampas rem sesuai rekomendasi pabrikan. Jangan tunda agar keselamatan berkendara tetap terjaga.

Cara Perawatan Kampas Rem Motor yang Baik dan Benar

Agar kampas rem selalu dalam kondisi prima, ada beberapa cara perawatan berkala yang dapat dilakukan:

  • Jagalah kebersihan area rem. Debu, kotoran, atau oli yang menempel dapat mengurangi gaya gesek kampas. Bersihkan secara rutin menggunakan sikat kawat dan pembersih rem.
  • Lakukan penyetelan rem jika terasa kurang maksimal. Adjust posisi kampas hingga permukaannya rata dengan disc atau drum.
  • Hindari pengereman mendadak yang sering karena dapat mempercepat ausnya kampas. Usahakan mengerem secara halus dan merata.
  • Jangan sekali-sekali mencuci kampas rem menggunakan deterjen atau bahan kimia. Cukup dibersihkan secara mekanis dengan sikat kawat kering.
  • Setelah ganti kampas baru, lakukan pengereman beberapa kali secara halus untuk memastikan kampas menempel dengan baik pada piringan atau drum rem.

Dengan perawatan yang tepat, umur kampas rem dapat bertahan lebih lama sehingga performa sistem pengereman tetap prima dan pengendara merasa aman saat berkendara.

Perbedaan Kampas Rem Sepeda Motor Tipe Cakram Dan Tromol

Berikut adalah tabel perbedaan kampas rem sepeda motor tipe cakram dan tromol:

AspekKampas Rem CakramKampas Rem Tromol
PosisiTerpasang pada kaliper remTerpasang pada sepatu rem
BentukPejal menyerupai piringanBerbentuk sepatu
Permukaan KontakHanya satu sisiKedua sisi bersentuhan dengan drum
BahanSemi-metalik atau keramikOrganik atau semi-metalik
HargaLebih mahalLebih murah
KinerjaLebih bagus dan stabilKurang optimal dibanding cakram
KeausanLebih tahan lamaLebih cepat aus
PerawatanLebih mudahLebih rumit
SuaraLebih halusLebih bising
EstetikaTerlihat menarikTertutup di dalam rumah drum

Secara umum, kampas rem cakram lebih unggul dari segi performa dan umur pakai dibanding kampas rem tromol. Kampas cakram juga lebih mudah perawatannya. Namun, harga kampas cakram tentu jauh lebih mahal.

© CV Pelita Motorindo. All rights reserved.