Fungsi Kampas Ganda Motor Matic Dan Cara Kerjanya

kampas ganda motor

Cek Juga :

Kampas kopling otomatis ini terdiri dari dua keping kampas yang dipasang berhadapan pada poros output mesin. Kedua kampas ini akan melekat dan berputar bersama saat putaran mesin mencapai rpm tertentu, sehingga tenaga dari mesin dapat ditransmisikan ke roda belakang melalui rantai dan roda gigi.

Pada kondisi mesin stasioner atau putaran rendah, kedua kampas tidak saling melekat sehingga putaran mesin tidak langsung diteruskan ke roda. Hal ini memungkinkan mesin tetap hidup tanpa membuat motor bergerak maju saat dalam kondisi diam.

Fungsi Kampas Ganda Motor Matic

Kampas ganda pada motor otomatis memiliki beberapa fungsi penting, antara lain:

  • Menghubungkan dan memutuskan daya dari mesin ke roda belakang secara otomatis. Kampas akan melekat saat putaran mesin mencapai rpm tertentu dan memutus saat putaran rendah.
  • Memungkinkan mesin tetap hidup tanpa membuat motor melaju saat kondisi diam. Misalnya saat lampu lalu lintas merah atau kendaraan dalam kondisi berhenti.
  • Mengurangi beban mesin saat start awal dan putaran rendah. Kampas yang tidak melekat akan meminimalkan torsi yang diteruskan ke roda.
  • Meredam getaran mesin saat idle. Kampas yang tidak melekat akan mengurangi transfer getaran dari mesin ke roda.
  • Memperhalus penyambungan daya saat kampas mulai melekat. Tidak ada sentakan yang terasa saat motor mulai bergerak.

Dengan fungsi-fungsi tersebut, kampas kopling otomatis sangat penting untuk kenyamanan berkendara sepeda motor otomatis. Performa motor juga lebih optimal dengan adanya kampas kopling otomatis ini.

Cara Kerja Kampas Ganda CVT Motor

  • Pada kondisi stasioner atau putaran mesin rendah, kedua sisi kampas tidak saling melekat akibat tekanan pegas.
  • Saat putaran mesin mulai naik dan mencapai rpm tertentu, gaya sentrifugal akan mendesak kampas bagian dalam ke arah kampas bagian luar.
  • Gesekan antar permukaan kampas akan membuat keduanya melekat dan berputar bersama. Daya mesin mulai diteruskan ke roda belakang.
  • Saat putaran mesin kembali turun di bawah nilai rpm tertentu, gaya pegas akan menarik kembali kampas bagian dalam sehingga kedua kampas terlepas.
  • Proses melekat dan terlepasnya kampas secara otomatis ini yang memungkinkan mesin tetap hidup tanpa membuat motor melaju saat idle.

Gaya pegas dan berat kampas bagian dalam dapat diatur sesuai kebutuhan untuk menentukan rpm saat kampas mulai melekat. Semakin ringan kampas dan kencang pegasnya, rpm lekatnya semakin tinggi.

Komponen Kampas Ganda Motor Matik

Secara umum, kampas ganda pada motor matic terdiri dari dua bagian, yaitu:

1. Kampas Ganda Primer

2. Kampas Ganda Sekunder

Terletak di sisi luar poros output. Berfungsi sebagai penahan kampas primer agar tidak terlepas saat putaran tinggi.

Daftar Harga Kampas Kopling Ganda Komplit Terbaru Desember 2023

Nama ProdukHargaLokasiToko
Original Kampas Ganda 5TL,Motor Yamaha,Mio Sporty,Mio Smile,Mio Soul.Rp65.000BekasiAgifa Part
Kampas Kanvas Ganda Kopling Yamaha Mio J Soul Gt Xride Fino Fi 54PRp80.000Jakarta TimurAPS_PART
Kampas Kopling Ganda Merk Yamaha Tipe Mio M3Rp91.750Jakarta BaratKaget Part
Jual Kampas Ganda Yamaha Mio M3 Mio Soul Gtfino 125 Ori YGPRp95.000Jakarta BaratSUBUH_AUTOPARTS
Kampas Kopling Ganda Komplit Merk Yamaha Tipe MioRp105.500Jakarta BaratKaget Part
Kampas Ganda Otomatis Kopling Nmax Old Yamaha N Max Daytona 4634Rp179.999BandungLedeng Motor Bandung
Kampas Ganda Kopling Otomatis Yamaha Nmax Asli YGP 2DP-WE662-00Rp185.000Jakarta SelatanAnugerah Lenteng
Kampas Ganda / Kopling Satuan Yamaha Nmax 155 OriginalRp193.500Kab. BandungYamaha Gerbang Cahaya
Original AHM Kampas Ganda Only Otomatis Honda Beat Scoopy Karbu KVYRp138.600Kota BekasiTokolaku Multi Store
Kampas Ganda Beat Pop Beat Fi Esp Stater Alus Kode K44 Original HondaRp155.000Jakarta BaratLestari Motor 2

Perbedaan Kampas Kopling dan Kampas Ganda

Perbedaan utamanya adalah kampas kopling berfungsi untuk kopling pada kendaraan manual, sedangkan kampas ganda berfungsi sebagai kopling otomatis pada kendaraan matic. Kampas kopling menggunakan gesekan, sedangkan kampas ganda memanfaatkan gaya sentrifugal.

Berikut adalah tabel perbandingannya :

PerbandinganKampas KoplingKampas Ganda
FungsiMenghubungkan dan memutuskan tenaga mesin dengan transmisiMeredam getaran dan menyalurkan tenaga mesin ke roda
LetakDi dalam rumah koplingDi dalam rumah CVT motor matic
Cara KerjaGesekan antara plat kopling dan flywheelMemanfaatkan gaya sentrifugal
Digunakan padaKendaraan transmisi manualKendaraan transmisi otomatis (matic)
Umur PakaiLebih cepat aus karena pemakaian yang lebih seringLebih tahan lama karena pemakaian tidak sesering kampas kopling
PerawatanSering dilakukan penyetelan/penggantianJarang dilakukan penyetelan/penggantian
Harga Suku CadangLebih mahalLebih murah

Gejala Kampas Ganda Motor Matic Mulai Habis

Kampas kopling otomatis memiliki umur pakai tertentu. Biasanya bisa bertahan hingga 24.000 – 35.000 km tergantung kondisi kendaraan dan cara mengemudi. Beberapa gejala Kampas kopling otomatis mulai aus dan perlu diganti adalah:

  • Motor susah diajak akselerasi, terutama saat melaju di tanjakan.
  • Sering terjadi selip saat akselerasi yang menimbulkan bunyi mesin meninggi tapi kecepatan tidak bertambah.
  • Timbul getaran halus saat melaju dengan kecepatan rendah, terutama saat melewati tanjakan.
  • Motor kehilangan tenaga saat digas.
  • Muncul bunyi gredek saat akselerasi karena gesekan logam antara kampas dan rumah kopling.
  • Kampas kopling otomatis terlihat tipis dan aus saat diperiksa secara visual.

Jika menemukan tanda-tanda tersebut, sebaiknya segera lakukan penggantian Kampas kopling otomatis sebelum kerusakan menjadi lebih parah. Gunakan Kampas kopling otomatis dengan kualitas bagus dan sesuai standar pabrik.

Perawatan Berkala Kopling Sentrifugal

Agar kopling sentrifugal motor matic awet dan performa optimal, lakukan perawatan berkala secara rutin:

  • Rutin bersihkan bagian CVT dari debu dan kotoran. Pastikan CVT selalu dalam kondisi kering.
  • Hindari oli atau gemuk menempel di CVT yang dapat membuat kopling sentrifugal licin.
  • Lakukan pengecekan ketebalan kopling sentrifugal secara berkala. Ganti jika sudah di bawah spesifikasi.
  • Hindari akselerasi mendadak yang bisa membuat kopling sentrifugal cepat aus.
  • Jangan gunakan kopling sentrifugal berbahan keras seperti full metal jika tidak ingin sering ganti kampas.
  • Gunakan oli transmisi dan oli mesin sesuai standar pabrik.
  • Servis berkala sesuai jadwal agar kondisi motor terjaga.

Dengan perawatan yang baik, umur pakai kopling sentrifugal bisa lebih lama hingga 30.000 km atau lebih. Performa motor matic juga akan terjaga optimal.

© CV Pelita Motorindo. All rights reserved.