Per CVT adalah komponen penting pada transmisi CVT yang digunakan pada sebagian besar motor matic saat ini. Per CVT berfungsi untuk mendorong puli sekunder agar diameter puli dapat berubah saat motor berakselerasi.
Secara sederhana, per CVT adalah pegas atau spring yang terpasang pada poros puli sekunder transmisi CVT. Pegas ini berfungsi untuk memberikan tekanan pada puli sekunder agar dapat bergeser dan mengubah diameter efektifnya.
Berikut adalah beberapa fungsi utama dari per CVT pada motor matic:
Secara prinsip, per CVT bekerja dengan memberikan tekanan pada puli sekunder agar dapat bergeser sesuai dengan perubahan rasio gigi yang diinginkan. Berikut adalah urutan cara kerja per CVT:
Dengan prinsip kerja demikian, per CVT memungkinkan sistem transmisi CVT untuk selalu menyesuaikan rasio giginya secara halus sesuai dengan kondisi berkendara. Itulah mengapa motor matic dengan transmisi CVT dapat berakselerasi mulus tanpa rasakan perpindahan gigi.
Nama Produk | Harga | Lokasi | Toko |
---|---|---|---|
Per Cvt Mio J Series 1500 Rpm Zunagawa | Rp22.500 | Jakarta Utara | SinarElectronic |
Per Cvt Vario 125/150 All Series 1500 Rpm Zunagawa | Rp23.000 | Jakarta Utara | SinarElectronic |
Per Cvt Racing 1500 Rpm Mio Beat Fi Beat Esp Vario 125 Pcx | Rp17.500 | Jakarta Barat | Mahakarya Motor 01 |
Per Cvt Racing 1500 Rpm Pcx Thailand | Rp38.000 | Bandung | MJRT Racing |
Per Cvt Racing Cld Nmax/Aerox,Vario125/150,Mio J/Beat | Rp47.000 | Jakarta Pusat | Pjm (Pesona Jaya Motor) |
Per Cvt Racing Cld Xeon Karbu 1000 1500 2000 Rpm | Rp48.000 | Tangerang | Horseracing |
Per Cvt Racing Cld Beat Fi 1000-1500-2000 Rpm | Rp56.000 | Tangerang | House of CLD Racing |
Per Cvt Racing Cld Vario 150 1000-1500-2000 Rpm | Rp56.000 | Tangerang | House of CLD Racing |
Per Cvt Daytona 1000/1500 Rpm Beat Mio Scoopy Pcx Vario | Rp85.900 | Jakarta Barat | Rodamas |
Per Cvt Daytona 1500 Rpm 20% Yamaha Nmax Aerox 155 | Rp98.600 | Jakarta Selatan | Anugerah Lenteng |
Per Cvt Tdr Mio 1000 | 1500 | 2000 Rpm | Rp98.000 |
Per Cvt Kawahara 1500 Rpm – Mio Sporty / Smile / Soul Karbu | Rp85.000 | Jakarta Barat | HYPER RACING |
Per Cvt Xeon Karbu 1500 Rpm – Tdr Racing | Rp125.000 | Jakarta Barat | Aurora Racing Shop |
Per Cvt Ktc Racing 1500 Rpm – Aerox / Nmax / Lexi | Rp105.000 | Jakarta Barat | HYPER RACING |
Per Cvt Racing 1500 Rpm Pcx Thailand | Rp45.000 | Bandung | MJRT Racing |
Per Cvt Pcx 1500 Rpm Spectro Racing Pnp Vario 125 150 160 | Rp85.000 | Depok | Astrocustom |
Per Cvt Mio Sporty Mio Soul Nouvo Tdr Racing 1500 Rpm | Rp115.000 | Jakarta Barat | Lestari Motor 2 |
Per Cvt Daytona Japan Mio Sporty Mio Soul Nouvo Fino Old | Rp115.000 | Jakarta Barat | Lestari Motor 2 |
Per Cvt Daytona Racing 1500 Rpm Vespa Sprint Prima Gts S | Rp115.000 | Jakarta Barat | Lestari Motor 2 |
Per Cvt Ktc New Nmax Uk 1500 Rpm | Rp158.000 | Bekasi | Risemotor |
Per Cvt Ktc 1500 Rpm Vespa Sprint Primavera Gts S Lx Lvx | Rp195.000 | Jakarta Barat | Boss Vespa |
Per Cvt Daytona Japan Nmax Aerox Lexi 1500 Rpm | Rp133.650 | Jakarta Barat | Lestari Motor 2 |
Per Cvt Daytona Japan Vario 150 Pcx 150 Adv 150 Vario 125 | Rp135.000 | Jakarta Barat | Lestari Motor 2 |
Per Cvt Ktc Xmax Uk 1500 Rpm | Rp150.000 | Bekasi | Risemotor |
Per Cvt New Nmax Aerox 2020 – Tdr Racing 1500 Rpm | Rp155.000 | Jakarta Barat | Gesit Racing |
Vario 125 Per Cvt 1500 Rpm Roller 12 Gram Racing Vario 150 | Rp155.000 | Kab. Bandung | Modifikasi Ori |
Per Cvt Tdr Racing Beat / Scoopy / Spacy / Vario Karbu 1500 | Rp155.000 | Jakarta Barat | Lestari Motor 2 |
Per Cvt Mio J Soul Gt Xride 1500 Rpm Tdr Racing | Rp160.000 | Jakarta Barat | Lestari Motor 2 |
Per Cvt Yamaha Nmax 2020 Xmax 250 Rpm 1500 – Tdr | Rp165.000 | Jakarta Barat | Lestari Motor 2 |
Per Cvt Racing 1500 Rpm Beat Fi Scoopy Vario 110 Karbu Esp | Rp168.000 | Jakarta Barat | JAYA MOTOR |
Per Cvt Daytona Mio Karbu Beat Karbu Scoopy Karbu 1500 Rpm | Rp169.000 | Jakarta Barat | Rodeo Motor |
Per Cvt Tdr Honda Beat Esp 1000 1500 2000 Rpm | Rp169.000 | Jakarta Barat | Rodeo Motor |
Per Cvt Honda Beat Fi 1500 Rpm Tdr Racing | Rp169.000 | Jakarta Barat | Lestari Motor 2 |
Per Cvt Tdr Beat Fi / Scoopy Fi / Vario 125 1500 Rpm | Rp179.000 | Jakarta Barat | Rodeo Motor |
Per Cvt Tdr Pcx 150 Pnp New Vario 150/125 1500 Rpm | Rp179.000 | Jakarta Barat | Rodeo Motor |
Per Cvt Tdr Yamaha Nmax / Aerox / Lexi 1000 / 1500 / 2000 | Rp179.000 | Jakarta Barat | Rodeo Motor |
Per Cvt Tdr Racing New Nmax 1500 Rpm | Rp179.000 | Jakarta Barat | Rodeo Motor |
Per Cvt Tdr Racing Aerox 155 1500 Rpm | Rp179.000 | Jakarta Barat | Rodeo Motor |
Per Cvt Yamaha Xmax 1500 Rpm Tdr Racing | Rp179.000 | Jakarta Barat | Rodeo Motor |
Per Cvt Tdr Yamaha Aerox 155 1500 Rpm | Rp179.000 | Jakarta Barat | Rodeo Motor |
Per Cvt Tdr Racing Nmax 155 1500 Rpm | Rp179.000 | Jakarta Barat | Rodeo Motor |
Per Cvt Tdr Yamaha Lexi 1500 Rpm | Rp179.000 | Jakarta Barat | Rodeo Motor |
Per Cvt Tdr Yamaha Xmax 250 1500 Rpm | Rp179.000 | Jakarta Barat | Rodeo Motor |
Per Cvt Tdr Racing Nmax 2020 1500 Rpm | Rp179.000 | Jakarta Barat | Rodeo Motor |
Per Cvt Tdr Pcx 1000/1500/2000 Rpm | Rp179.000 | Jakarta Barat | Rodeo Motor |
Per Cvt Tdr Racing Aerox 2020 1500 Rpm | Rp179.000 | Jakarta Barat | Rodeo Motor |
Per Cvt Tdr Racing Nmax 155 1000 / 1500 / 2000 Rpm | Rp179.000 | Jakarta Barat | Rodeo Motor |
Per Cvt Tdr Yamaha Nmax 155 1500 Rpm | Rp179.000 | Jakarta Barat | Rodeo Motor |
Per Cvt Tdr Yamaha Nmax / Aerox / Lexi 1500 Rpm | Rp179.000 | Jakarta Barat | Rodeo Motor |
Per Cvt Tdr Pcx 150/160 Vario 125/150 1500 Rpm | Rp179.000 | Jakarta Barat | Rodeo Motor |
Per Cvt Tdr Racing Nmax 2020 Aerox 155 1500 Rpm | Rp179.000 | Jakarta Barat | Rodeo Motor |
Per Cvt Tdr Yamaha Aerox 155 1000/1500/2000 Rpm | Rp179.000 | Jakarta Barat | Rodeo Motor |
Per Cvt Tdr Yamaha Nmax / Aerox / Lexi 1000 / 1500 / 2000 | Rp179.000 | Jakarta Barat | Rodeo Motor |
Per CVT (Continuously Variable Transmission) pada motor matic memiliki tingkat kekerasan yang yang dapat disesuaikan dengan kondisi mesin dan kebutuhan, namun secara umum rpm standar untuk per CVT motor matic berkisar 800-1000 rpm . Tingkat kekerasan per CVT biasanya dinyatakan dalam satuan rpm (putaran per menit).
Per CVT yang terlalu keras pada mesin standar justru akan membuat komponen CVT lain cepat rusak. Konsultasikan dengan bengkel terdekat sebelum menentukan tingkat kekerasan per CVT yang tepat.
Beberapa tingkat kekerasan per CVT antara lain:
Berikut ini tabel perbandingan informasi tentang ukuran per CVT 1.000 rpm, 1.500 rpm, dan 2.000 rpm untuk motor matic standar:
Ukuran Per CVT | 1.000 rpm | 1.500 rpm | 2.000 rpm |
---|---|---|---|
Warna | Biru atau putih | Kuning | Merah |
Kekerasan | Standar | Sedang | Tinggi |
Kesesuaian Mesin | Standar | Dimodifikasi ringan | Dimodifikasi berat atau racing |
Dampak pada Mesin Standar | Optimal | Perlu berhati-hati | Berisiko merusak komponen lain |
Akselerasi | Standar | Lebih cepat | Paling cepat |
Tarikan | Optimal | Lebih berat | Berat dan ngempos |
Konsumsi BBM | Standar | Lebih boros | Paling boros |
Berikut ini beberapa dampak penggunaan per CVT dengan tingkat kekerasan yang terlalu tinggi pada motor matic:
Kesimpulannya, hindari pemasangan per CVT dengan tingkat kekerasan yang terlalu tinggi pada motor matic dengan mesin standar. Konsultasikan dengan bengkel resmi untuk mendapatkan per CVT dengan spesifikasi yang tepat agar performa motor tetap prima.
Meski berperan penting dalam kinerja transmisi CVT, per CVT juga rentan mengalami beberapa masalah umum jika tidak dirawat dengan baik. Berikut adalah beberapa masalah yang sering terjadi pada per CVT motor matic:
Per CVT dapat lepas dari dudukannya atau bahkan patah jika menerima beban berlebih. Hal ini bisa terjadi jika penyetelan tekanan pegas tidak tepat atau kualitas per yang digunakan rendah. Akibatnya transmisi tidak dapat berfungsi karena puli sekunder tidak mendapat tekanan untuk bergeser.
Pemakaian per CVT dengan kualitas rendah dapat menyebabkan pegas mudah melengkung atau bengkok akibat panas berlebih. Per CVT yang bengkok akan memberikan tekanan yang tidak rata pada puli sekunder sehingga rasio gigi tidak optimal.
Setelah pemakaian dalam waktu lama, per CVT bisa mengalami penurunan elastisitas sehingga menjadi kendor. Akibatnya tekanan pada puli sekunder berkurang dan rasio gigi jadi lambat berubah. Responsivitas transmisi CVT jadi berkurang.
Jika oli transmisi tidak diganti secara rutin, kotoran dan partikel logam dapat mengikis lapisan per CVT. Akibatnya oli transmisi bisa merembes keluar melalui celah pada pegas. Hal ini mempercepat kerusakan pada per CVT itu sendiri.
Per CVT yang terbuat dari bahan pegas standar mudah mengalami karat jika terkena oli transmisi dalam waktu lama. Per karat tentu saja akan kehilangan elastisitas dan mudah patah. Gunakanlah per CVT berbahan stainless steel untuk menghindari karat.
Agar per CVT motor matic awet dan bekerja optimal, diperlukan perawatan berkala sebagai berikut: