Laher Motor Berkualitas adalah Kunci Kinerja Roda yang Maksimal

Laher Motor

Cek Juga :

Motor telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, terutama di Indonesia. Setiap komponen dari sebuah sepeda motor, termasuk laher motor, berperan penting dalam menjaga kinerja dan keamanan kendaraan. 

Istilah ‘laher’ mungkin sering didengar oleh pengendara motor, tetapi tidak semua pengendara memahami arti sebenarnya dan pentingnya komponen ini. Oleh karena itu, mari kita ulas apa itu laher motor atau bearing dan peranannya dalam sistem mekanik motor.

Apa Itu Laher Motor ?

Laher, yang juga dikenal sebagai bearing, adalah komponen mesin yang mendukung gerakan relatif antara dua permukaan. Fungsinya adalah untuk mengurangi gesekan yang dihasilkan saat dua permukaan bergerak.

Sebagian pengendara menyebut laher motor adalah bantalan yang memungkinkan bagian-bagian dari motor, seperti roda dan as roda, untuk berputar dengan halus.

Komponen ini biasanya terbuat dari bola baja yang ditempatkan di antara dua cincin khusus yang disebut races. Bola-bola ini, bersama dengan cincin, membantu dalam mendistribusikan beban putaran dan menjaga agar roda motor dapat bergerak dengan lancar dan stabil. Variasi laher, seperti ball bearings dan radial bearings, memiliki desain khusus untuk mengakomodasi beban dan gerakan tertentu.

Peran Laher dalam Sistem Mekanik Motor

Laher memiliki peran kritikal dalam mekanik kendaraan. Tanpa laher yang bekerja dengan baik, bagian motor dapat mengalami gesekan berlebihan yang dapat menyebabkan kerusakan dan mengurangi efisiensi motor. Beberapa fungsi utama laher di motor antara lain:

1. Mendukung Beban Putaran dan Gerakan

Dalam operasi sepeda motor, beban dinamis yang dihasilkan oleh putaran dan gerakan komponen kritikal harus didistribusikan dengan efisiensi maksimum.

Laher motor memegang peran penting dalam menopang beban putaran tersebut, memastikan bahwa motor roda beroperasi dengan integritas dan stabil tanpa deviasi yang tidak diinginkan—faktor yang krusial, terutama saat navigasi di lintasan yang tidak rata atau berlubang.

2. Minimaliisasi Gesekan Antara Bagian Bergerak

Gesekan berlebih dalam sistem mekanik merupakan musuh utama efisiensi dan performa. Gesekan tersebut bisa berakibat pada suara kasar, degradasi komponen, dan bahkan kerugian dalam efisiensi bahan bakar.

Dengan laher, potensi gesekan antara elemen-elemen bergerak, seperti bola baja, diminimalisir, memastikan operasi lancar yang mengoptimalkan performa.

3. Distribusi Beban untuk Performa Maksimal Motor

Harmonisasi operasional sepeda motor tergantung pada distribusi beban yang serasi di seluruh komponennya. Laher memastikan bahwa distribusi beban berlangsung secara merata, memperkuat integritas operasional.

Sebagai contoh, beban yang diterima oleh roda depan saat akselerasi atau deselerasi harus terdistribusi dengan tepat untuk mencegah kerusakan pada elemen vital lain seperti tromol atau gearbox.

Laher tidak beroperasi sebagai entitas tunggal. Interaksi dan integrasinya dengan komponen lain, mulai dari roda motor hingga cvt dan karburator, memastikan operasi yang harmonis.

Pemeliharaan laher dengan metode dan alat yang tepat menjadi imperatif. Sebagai tindakan preventif, pengendara sepeda motor disarankan untuk rutin melakukan inspeksi dan pemeliharaan, terutama jika mendeteksi anomali seperti suara kasar atau kurangnya stabilitas pada kendaraan.

Daftar Harga Laher Bearing Roda Motor Terbaru – September 2023

Harga Laher bearing motor terbaru bulan September 2023 sangatlah bervariasi mulai dari harga Rp9,000 hingga Rp220,000. Berikut adalah daftar lengkap yang dirangkum dari platform ecommerce :

ProductPriceLocationSeller
Bearing As Roda Depan Yamaha Vixion Nvl – Vixion Advance OriginalRp24,000Tangerang SelatanYamaha Mustika Group
Bearing As Roda Depan Yamaha Vixion Nvl – Vixion Advance OriginalRp24,000Tangerang SelatanYamaha Mustika Group
Bearing As Roda Depan Yamaha Mio M3, Fino 125, X-Ride 125, X-Ride 150 OriginalRp24,000Tangerang SelatanYamaha Mustika Group
Bearing As Roda Depan Yamaha Mio M3, Fino 125, X-Ride 125, X-Ride 150 OriginalRp24,000Tangerang SelatanYamaha Mustika Group
Bearing As Roda Depan Yamaha Vixion Nvl – Vixion Advance OriginalRp24,000Tangerang SelatanYamaha Mustika Group
Bearing As Roda Depan Yamaha Aerox 155, Nmax Old OriginalRp25,000Tangerang SelatanYamaha Mustika Group
Bearing As Roda Depan Yamaha Aerox 155, Nmax Old OriginalRp25,000Tangerang SelatanYamaha Mustika Group
Bearing As Roda Belakang Yamaha Fino New, Mio M3, X-Ride 125, X-Ride 150 OriginalRp27,000Tangerang SelatanYamaha Mustika Group
Bearing As Roda Belakang Yamaha Fino New, Mio M3, X-Ride 125, X-Ride 150 OriginalRp27,000Tangerang SelatanYamaha Mustika Group
Bearing As Roda Belakang Yamaha Fino New, Mio M3, X-Ride 125, X-Ride 150 OriginalRp27,000Tangerang SelatanYamaha Mustika Group
Bearing As Roda Belakang Yamaha Vixion Nvl – Vixion Advance OriginalRp26,000Tangerang SelatanYamaha Mustika Group
Bearing As Roda Belakang Yamaha Vixion Old, Vixion New OriginalRp26,000Tangerang SelatanYamaha Mustika Group
Bearing As Roda Belakang Yamaha Vixion Nvl – Vixion Advance OriginalRp26,000Tangerang SelatanYamaha Mustika Group
Bearing As Roda Depan Yamaha Nmax New OriginalRp33,000Tangerang SelatanYamaha Mustika Group
Bearing Roda Belakang Yamaha Xmax X Max OriginalRp50,000Tangerang SelatanYamaha Mustika Group
Bearing Gear Rasio Yamaha Rx King Asli YamahaRp75,000Tangerang SelatanYamaha Mustika Group
Bearing Gear Rasio Yamaha Rx King Asli YamahaRp75,000Tangerang SelatanYamaha Mustika Group
Bearing Gear Rasio Yamaha Rx King Asli YamahaRp75,000Tangerang SelatanYamaha Mustika Group
Bearing Gear Rasio Jupiter Z Original YamahaRp85,000Tangerang SelatanYamaha Mustika Group
Bearing Gear Rasio Jupiter Mx Baru Asli YamahaRp85,000Tangerang SelatanYamaha Mustika Group
Bearing Gear Rasio Mio Lama Asli YamahaRp85,000Tangerang SelatanYamaha Mustika Group
Bearing Kruk As Yamaha Fizr Asli Yamaha 63/22Rp85,000BekasiKing’S Motor
Bearing Kruk As Yamaha Fizr Asli Yamaha 63/22Rp85,000BekasiKing’S Motor
Bearing Kruk As Yamaha Fizr Asli Yamaha 63/22Rp85,000BekasiKing’S Motor
Bearing Gear Rasio Jupiter Mx Lama Asli YamahaRp90,000Tangerang SelatanYamaha Mustika Group
Bearing Gear Rasio Jupiter Mx Lama Asli YamahaRp90,000Tangerang SelatanYamaha Mustika Group
Bearing Komstir Bambu Yamaha Vixion Nvl – Vixion Advance OriginalRp95,000Tangerang SelatanYamaha Mustika Group
Bearing Gear Rasio Mio M3 Fino 125 X-Ride 125 Gigi Rasio Asli YamahaRp110,000Tangerang SelatanYamaha Mustika Group
Bearing Gear Rasio Mio M3 Fino 125 X-Ride 125 Gigi Rasio Asli YamahaRp110,000Tangerang SelatanYamaha Mustika Group
Bearing Gear Rasio Jupiter Z Lama Original YamahaRp110,000Tangerang SelatanYamaha Mustika Group
Bearing Komstir Bambu Yamaha Rx King OriginalRp125,000Tangerang SelatanYamaha Mustika Group
Bearing Komstir Bambu Yamaha Rx King OriginalRp125,000Tangerang SelatanYamaha Mustika Group
Bearing Komstir Bambu Yamaha Rx King OriginalRp125,000Tangerang SelatanYamaha Mustika Group
Bearing Komstir Bambu Yamaha R25 Mt25 OriginalRp125,000Tangerang SelatanYamaha Mustika Group
Bearing Komstir Bambu Yamaha R25 Mt25 OriginalRp125,000Tangerang SelatanYamaha Mustika Group
Bearing Komstir Bambu Yamaha Aerox 155 Nmax OriginalRp160,000Tangerang SelatanYamaha Mustika Group
Bearing Komstir Bambu Yamaha Aerox 155 Nmax OriginalRp160,000Tangerang SelatanYamaha Mustika Group
Bearing Kruk As Yamaha Fizr F1zr Rxk Rxking Rx King Rx SpecialAsli YamahaRp220,000BekasiKing’S Motor

Catatan: Harga dan informasi penjual yang tercantum di atas dapat berubah. Selalu periksa dengan penjual individu atau toko untuk detail yang paling terbaru.

Jenis-Jenis Laher Motor

Jenis bearing motor dirancang untuk mendukung beban dan gerakan motor dengan efisiensi maksimum. Memahami jenisnya akan memudahkan pengendara dan mekanik untuk memilih komponen yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kendaraan. Berikut adalah jenis-jenis laher motor pada umumnya :

1. Ball Bearing

Ball Bearing

Ball bearing adalah salah satu jenis laher yang paling umum digunakan di sepeda motor. Bantalan ini terdiri dari bola-bola baja yang ditempatkan di antara dua cincin bulat, sering disebut sebagai race ball. Kelebihannya adalah kemampuannya untuk menangani beban radial dan aksial dengan efisiensi yang baik.

2. Ball Thrust Bearing

Ball Thrust Bearing

Dirancang khusus untuk menangani beban aksial, Ball Thrust Bearing lebih tipis dibandingkan dengan jenis lainnya. Biasanya, bantalan ini ditemukan pada roda depan motor, terutama pada area as roda.

3. Roller Bearing

Roller Bearing

Berbeda dengan Ball Bearing, Roller Bearing menggunakan elemen berbentuk silinder. Keunggulannya adalah kemampuannya untuk menopang beban yang lebih berat, terutama beban radial. Bantalan ini kerap ditemukan pada bagian gearbox dan tromol motor.

4. Roller Thrust Bearing

Roller Thrust Bearing

Mirip dengan Ball Thrust Bearing, namun Roller Thrust Bearing menggunakan elemen berbentuk silinder untuk menangani beban aksial. Bantalan ini biasanya digunakan pada komponen motor yang memerlukan dukungan khusus untuk beban aksial.

5. Tapered Roller Bearing

Tapered Roller Bearing

Dengan desain konik pada elemen berputarnya, Tapered Roller Bearing dirancang untuk menangani beban radial dan aksial sekaligus. Bagian-bagian motor seperti cvt dan roda belakang sering memanfaatkan bantalan jenis ini.

6. Magnetic Bearing

Magnetic Bearing

Terbilang terbaru dalam industri otomotif, Magnetic Bearing menggunakan medan magnet untuk menopang beban. Dengan tidak adanya kontak fisik antara elemen-elemen bantalan, gesekan menjadi minimal, meningkatkan efisiensi operasional.

Desain dan Komponen Bantalan Ball Bearing

Dengan desain dan material yang tepat, ball bearing dapat mendukung roda motor untuk berputar dengan lancar, memastikan pengendara mendapatkan pengalaman berkendara yang stabil dan aman.

1. Komponen Utama Ball Bearings

Ada beberapa komponen yang membangun struktur dari ball bearing ini, yaitu:

  • Cincin/Races
    Races adalah bagian dari laher yang mendukung bola baja. Fungsi races sangat penting untuk menjaga bola berputar dengan lancar dan meredam getaran.
  • Bola (Elemen Bergulir)
    Bola adalah komponen utama yang memungkinkan laher berfungsi. Biasanya, bola terbuat dari baja tahan lama yang bisa menahan tekanan dan gesekan.
  • Retainer (Pemisah Bola)
    Pemisah ini memastikan setiap bola berada pada posisinya dan berputar dengan efisien tanpa saling mengganggu.

2. Material yang Digunakan dalam Ball Bearings

Teknologi ball bearing telah berkembang pesat sejak pertama kali diperkenalkan. Berbagai material kini digunakan, tidak hanya untuk meningkatkan durabilitas tetapi juga untuk memastikan kinerja optimal.

  • Roller Bearing Steel 1.3505/100Cr6
    Sebagai standar industri, baja jenis ini menawarkan resistensi yang baik terhadap abrasi dan korosi.
  • Stainless Steel 1.4401 dan 1.4404
    Dengan resistensi tinggi terhadap korosi, stainless steel ini sering digunakan dalam kondisi yang memerlukan ketahanan terhadap zat-zat kimia tertentu.
  • Soda-Lime Glass
    Meskipun tidak sekuat baja, material ini menawarkan transparansi dan sering digunakan dalam aplikasi khusus.
  • Borosilicate Glass
    Dengan ketahanan tinggi terhadap perubahan suhu, jenis kaca ini menjadi pilihan ideal untuk kondisi ekstrem.
  • Aluminium Oksida
    Sebagai salah satu material keramik, aluminium oksida menawarkan ketahanan yang sangat baik terhadap gesekan dan keausan.
  • Silicon Nitride
    Dengan kekuatan mekanik yang tinggi dan stabilitas termal, silicon nitride menjadi pilihan yang semakin populer di antara produsen ball bearing.

3. Spesifikasi Ball Bearings

Mengingat pentingnya ball bearing bagi kinerja sepeda motor, memilih laher dengan spesifikasi yang tepat menjadi krusial.

  • Dimensi Ball Bearings
    Ukuran dan dimensi laher harus sesuai dengan spesifikasi sepeda motor untuk memastikan kinerja optimal dan keselamatan pengendara.
  • Spesifikasi Operasional
    Mencakup kecepatan putaran maksimum, kapasitas beban, dan rentang suhu operasional yang diizinkan. Semua spesifikasi ini harus diperhatikan untuk memastikan laher motor berfungsi dengan baik dan memiliki umur pakai yang lama.

Pentingnya Mengenali dan Merawat Laher

Sebagai pengendara, memahami fungsi laher dalam motor tidak hanya meningkatkan kesadaran akan peran vital komponen tersebut, tetapi juga memastikan kinerja motor yang stabil dan efisien.

Bila diperbaiki dengan benar, permasalahan yang muncul pada laher motor dapat diatasi sebelum mengakibatkan kerusakan yang lebih serius. Begitu pula, pengenalan terhadap suara kasar atau berderit yang mungkin muncul dapat menjadi pertanda awal adanya masalah, memungkinkan pengendara untuk segera memperbaiki laher tersebut.

Rekomendasi untuk Pemilik Motor

Dengan beragam jenis dan spesifikasi laher yang ada di pasaran, berikut beberapa saran yang dapat dijadikan pedoman bagi pemilik sepeda motor:

  1. Pilihan Material Laher: Pemilihan bola baja atau bola dari material lain harus didasarkan pada kebutuhan dan kondisi penggunaan. Misalnya, untuk pengendara yang sering melewati jalan rusak, material yang lebih kuat dan tahan lama direkomendasikan.
  2. Konsultasi dengan Mekanik Profesional: Mengunjungi bengkel dengan mekanik yang berpengalaman akan membantu memastikan bahwa laher motor, entah itu laher roda depan atau belakang, diperiksa dan diperbaiki dengan benar.
  3. Penggantian Secara Berkala: Seperti halnya perawatan komponen lain seperti gearbox, karburator, dan cvt, laher juga memerlukan penggantian berkala, terutama jika kendaraan sering digunakan dalam kondisi ekstrem.
  4. Pemilihan Produk Berkualitas: Saat mencari laher, baik itu laher-laker-lahar-lakar-bering motor roda depan-belakang dll, pastikan untuk memilih produk dengan harga murah tetapi berkualitas. Ingatlah untuk selalu memeriksa promo terbaru pada bulan September 2023 untuk mendapatkan produk terlengkap dengan harga termurah.
  5. Pelumas yang Tepat: Pelumas memainkan peran penting dalam menjaga laher agar berputar dengan lancar. Pastikan untuk menggunakan produk yang direkomendasikan oleh produsen atau mekanik Anda.

Kesimpulan

  • Memilih lahar roda yang berkualitas adalah investasi yang cerdas untuk menjamin motor Anda berfungsi optimal.
  • Karet pada laher mempengaruhi kinerja; pastikan selalu memilih 2 rs tutup karet yang tahan lama.
  • Jangan tunggu sampai motor Anda mengalami kerusakan; bawalah motor ke bengkel secara rutin untuk pemeriksaan.
  • Merawatnya dengan benar meningkatkan umur laher dan kinerja roda Anda.
  • Jika Anda merasa kemudi motor Anda oleng, bisa jadi laher sudah waktunya untuk diganti.
  • Penting untuk memastikan kualitas karet pada laher, karena itu mempengaruhi kestabilan saat berkendara.
  • Kenali tanda-tanda awal kerusakan pada laher Anda untuk mencegah masalah yang lebih besar di masa depan.

Dengan mengetahui informasi ini, Anda sudah selangkah lebih maju dalam menjaga performa motor Anda tetap maksimal!

© CV Pelita Motorindo. All rights reserved.