Motor telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, terutama di Indonesia. Setiap komponen dari sebuah sepeda motor, termasuk laher motor, berperan penting dalam menjaga kinerja dan keamanan kendaraan.
Istilah ‘laher’ mungkin sering didengar oleh pengendara motor, tetapi tidak semua pengendara memahami arti sebenarnya dan pentingnya komponen ini. Oleh karena itu, mari kita ulas apa itu laher motor atau bearing dan peranannya dalam sistem mekanik motor.
Laher, yang juga dikenal sebagai bearing, adalah komponen mesin yang mendukung gerakan relatif antara dua permukaan. Fungsinya adalah untuk mengurangi gesekan yang dihasilkan saat dua permukaan bergerak.
Sebagian pengendara menyebut laher motor adalah bantalan yang memungkinkan bagian-bagian dari motor, seperti roda dan as roda, untuk berputar dengan halus.
Komponen ini biasanya terbuat dari bola baja yang ditempatkan di antara dua cincin khusus yang disebut races. Bola-bola ini, bersama dengan cincin, membantu dalam mendistribusikan beban putaran dan menjaga agar roda motor dapat bergerak dengan lancar dan stabil. Variasi laher, seperti ball bearings dan radial bearings, memiliki desain khusus untuk mengakomodasi beban dan gerakan tertentu.
Laher memiliki peran kritikal dalam mekanik kendaraan. Tanpa laher yang bekerja dengan baik, bagian motor dapat mengalami gesekan berlebihan yang dapat menyebabkan kerusakan dan mengurangi efisiensi motor. Beberapa fungsi utama laher di motor antara lain:
Dalam operasi sepeda motor, beban dinamis yang dihasilkan oleh putaran dan gerakan komponen kritikal harus didistribusikan dengan efisiensi maksimum.
Laher motor memegang peran penting dalam menopang beban putaran tersebut, memastikan bahwa motor roda beroperasi dengan integritas dan stabil tanpa deviasi yang tidak diinginkan—faktor yang krusial, terutama saat navigasi di lintasan yang tidak rata atau berlubang.
Gesekan berlebih dalam sistem mekanik merupakan musuh utama efisiensi dan performa. Gesekan tersebut bisa berakibat pada suara kasar, degradasi komponen, dan bahkan kerugian dalam efisiensi bahan bakar.
Dengan laher, potensi gesekan antara elemen-elemen bergerak, seperti bola baja, diminimalisir, memastikan operasi lancar yang mengoptimalkan performa.
Harmonisasi operasional sepeda motor tergantung pada distribusi beban yang serasi di seluruh komponennya. Laher memastikan bahwa distribusi beban berlangsung secara merata, memperkuat integritas operasional.
Sebagai contoh, beban yang diterima oleh roda depan saat akselerasi atau deselerasi harus terdistribusi dengan tepat untuk mencegah kerusakan pada elemen vital lain seperti tromol atau gearbox.
Laher tidak beroperasi sebagai entitas tunggal. Interaksi dan integrasinya dengan komponen lain, mulai dari roda motor hingga cvt dan karburator, memastikan operasi yang harmonis.
Pemeliharaan laher dengan metode dan alat yang tepat menjadi imperatif. Sebagai tindakan preventif, pengendara sepeda motor disarankan untuk rutin melakukan inspeksi dan pemeliharaan, terutama jika mendeteksi anomali seperti suara kasar atau kurangnya stabilitas pada kendaraan.
Harga Laher bearing motor terbaru bulan September 2023 sangatlah bervariasi mulai dari harga Rp9,000 hingga Rp220,000. Berikut adalah daftar lengkap yang dirangkum dari platform ecommerce :
Product | Price | Location | Seller |
---|---|---|---|
Bearing As Roda Depan Yamaha Vixion Nvl – Vixion Advance Original | Rp24,000 | Tangerang Selatan | Yamaha Mustika Group |
Bearing As Roda Depan Yamaha Vixion Nvl – Vixion Advance Original | Rp24,000 | Tangerang Selatan | Yamaha Mustika Group |
Bearing As Roda Depan Yamaha Mio M3, Fino 125, X-Ride 125, X-Ride 150 Original | Rp24,000 | Tangerang Selatan | Yamaha Mustika Group |
Bearing As Roda Depan Yamaha Mio M3, Fino 125, X-Ride 125, X-Ride 150 Original | Rp24,000 | Tangerang Selatan | Yamaha Mustika Group |
Bearing As Roda Depan Yamaha Vixion Nvl – Vixion Advance Original | Rp24,000 | Tangerang Selatan | Yamaha Mustika Group |
Bearing As Roda Depan Yamaha Aerox 155, Nmax Old Original | Rp25,000 | Tangerang Selatan | Yamaha Mustika Group |
Bearing As Roda Depan Yamaha Aerox 155, Nmax Old Original | Rp25,000 | Tangerang Selatan | Yamaha Mustika Group |
Bearing As Roda Belakang Yamaha Fino New, Mio M3, X-Ride 125, X-Ride 150 Original | Rp27,000 | Tangerang Selatan | Yamaha Mustika Group |
Bearing As Roda Belakang Yamaha Fino New, Mio M3, X-Ride 125, X-Ride 150 Original | Rp27,000 | Tangerang Selatan | Yamaha Mustika Group |
Bearing As Roda Belakang Yamaha Fino New, Mio M3, X-Ride 125, X-Ride 150 Original | Rp27,000 | Tangerang Selatan | Yamaha Mustika Group |
Bearing As Roda Belakang Yamaha Vixion Nvl – Vixion Advance Original | Rp26,000 | Tangerang Selatan | Yamaha Mustika Group |
Bearing As Roda Belakang Yamaha Vixion Old, Vixion New Original | Rp26,000 | Tangerang Selatan | Yamaha Mustika Group |
Bearing As Roda Belakang Yamaha Vixion Nvl – Vixion Advance Original | Rp26,000 | Tangerang Selatan | Yamaha Mustika Group |
Bearing As Roda Depan Yamaha Nmax New Original | Rp33,000 | Tangerang Selatan | Yamaha Mustika Group |
Bearing Roda Belakang Yamaha Xmax X Max Original | Rp50,000 | Tangerang Selatan | Yamaha Mustika Group |
Bearing Gear Rasio Yamaha Rx King Asli Yamaha | Rp75,000 | Tangerang Selatan | Yamaha Mustika Group |
Bearing Gear Rasio Yamaha Rx King Asli Yamaha | Rp75,000 | Tangerang Selatan | Yamaha Mustika Group |
Bearing Gear Rasio Yamaha Rx King Asli Yamaha | Rp75,000 | Tangerang Selatan | Yamaha Mustika Group |
Bearing Gear Rasio Jupiter Z Original Yamaha | Rp85,000 | Tangerang Selatan | Yamaha Mustika Group |
Bearing Gear Rasio Jupiter Mx Baru Asli Yamaha | Rp85,000 | Tangerang Selatan | Yamaha Mustika Group |
Bearing Gear Rasio Mio Lama Asli Yamaha | Rp85,000 | Tangerang Selatan | Yamaha Mustika Group |
Bearing Kruk As Yamaha Fizr Asli Yamaha 63/22 | Rp85,000 | Bekasi | King’S Motor |
Bearing Kruk As Yamaha Fizr Asli Yamaha 63/22 | Rp85,000 | Bekasi | King’S Motor |
Bearing Kruk As Yamaha Fizr Asli Yamaha 63/22 | Rp85,000 | Bekasi | King’S Motor |
Bearing Gear Rasio Jupiter Mx Lama Asli Yamaha | Rp90,000 | Tangerang Selatan | Yamaha Mustika Group |
Bearing Gear Rasio Jupiter Mx Lama Asli Yamaha | Rp90,000 | Tangerang Selatan | Yamaha Mustika Group |
Bearing Komstir Bambu Yamaha Vixion Nvl – Vixion Advance Original | Rp95,000 | Tangerang Selatan | Yamaha Mustika Group |
Bearing Gear Rasio Mio M3 Fino 125 X-Ride 125 Gigi Rasio Asli Yamaha | Rp110,000 | Tangerang Selatan | Yamaha Mustika Group |
Bearing Gear Rasio Mio M3 Fino 125 X-Ride 125 Gigi Rasio Asli Yamaha | Rp110,000 | Tangerang Selatan | Yamaha Mustika Group |
Bearing Gear Rasio Jupiter Z Lama Original Yamaha | Rp110,000 | Tangerang Selatan | Yamaha Mustika Group |
Bearing Komstir Bambu Yamaha Rx King Original | Rp125,000 | Tangerang Selatan | Yamaha Mustika Group |
Bearing Komstir Bambu Yamaha Rx King Original | Rp125,000 | Tangerang Selatan | Yamaha Mustika Group |
Bearing Komstir Bambu Yamaha Rx King Original | Rp125,000 | Tangerang Selatan | Yamaha Mustika Group |
Bearing Komstir Bambu Yamaha R25 Mt25 Original | Rp125,000 | Tangerang Selatan | Yamaha Mustika Group |
Bearing Komstir Bambu Yamaha R25 Mt25 Original | Rp125,000 | Tangerang Selatan | Yamaha Mustika Group |
Bearing Komstir Bambu Yamaha Aerox 155 Nmax Original | Rp160,000 | Tangerang Selatan | Yamaha Mustika Group |
Bearing Komstir Bambu Yamaha Aerox 155 Nmax Original | Rp160,000 | Tangerang Selatan | Yamaha Mustika Group |
Bearing Kruk As Yamaha Fizr F1zr Rxk Rxking Rx King Rx SpecialAsli Yamaha | Rp220,000 | Bekasi | King’S Motor |
Catatan: Harga dan informasi penjual yang tercantum di atas dapat berubah. Selalu periksa dengan penjual individu atau toko untuk detail yang paling terbaru.
Jenis bearing motor dirancang untuk mendukung beban dan gerakan motor dengan efisiensi maksimum. Memahami jenisnya akan memudahkan pengendara dan mekanik untuk memilih komponen yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kendaraan. Berikut adalah jenis-jenis laher motor pada umumnya :
Ball bearing adalah salah satu jenis laher yang paling umum digunakan di sepeda motor. Bantalan ini terdiri dari bola-bola baja yang ditempatkan di antara dua cincin bulat, sering disebut sebagai race ball. Kelebihannya adalah kemampuannya untuk menangani beban radial dan aksial dengan efisiensi yang baik.
Dirancang khusus untuk menangani beban aksial, Ball Thrust Bearing lebih tipis dibandingkan dengan jenis lainnya. Biasanya, bantalan ini ditemukan pada roda depan motor, terutama pada area as roda.
Berbeda dengan Ball Bearing, Roller Bearing menggunakan elemen berbentuk silinder. Keunggulannya adalah kemampuannya untuk menopang beban yang lebih berat, terutama beban radial. Bantalan ini kerap ditemukan pada bagian gearbox dan tromol motor.
Mirip dengan Ball Thrust Bearing, namun Roller Thrust Bearing menggunakan elemen berbentuk silinder untuk menangani beban aksial. Bantalan ini biasanya digunakan pada komponen motor yang memerlukan dukungan khusus untuk beban aksial.
Dengan desain konik pada elemen berputarnya, Tapered Roller Bearing dirancang untuk menangani beban radial dan aksial sekaligus. Bagian-bagian motor seperti cvt dan roda belakang sering memanfaatkan bantalan jenis ini.
Terbilang terbaru dalam industri otomotif, Magnetic Bearing menggunakan medan magnet untuk menopang beban. Dengan tidak adanya kontak fisik antara elemen-elemen bantalan, gesekan menjadi minimal, meningkatkan efisiensi operasional.
Dengan desain dan material yang tepat, ball bearing dapat mendukung roda motor untuk berputar dengan lancar, memastikan pengendara mendapatkan pengalaman berkendara yang stabil dan aman.
Ada beberapa komponen yang membangun struktur dari ball bearing ini, yaitu:
Teknologi ball bearing telah berkembang pesat sejak pertama kali diperkenalkan. Berbagai material kini digunakan, tidak hanya untuk meningkatkan durabilitas tetapi juga untuk memastikan kinerja optimal.
Mengingat pentingnya ball bearing bagi kinerja sepeda motor, memilih laher dengan spesifikasi yang tepat menjadi krusial.
Sebagai pengendara, memahami fungsi laher dalam motor tidak hanya meningkatkan kesadaran akan peran vital komponen tersebut, tetapi juga memastikan kinerja motor yang stabil dan efisien.
Bila diperbaiki dengan benar, permasalahan yang muncul pada laher motor dapat diatasi sebelum mengakibatkan kerusakan yang lebih serius. Begitu pula, pengenalan terhadap suara kasar atau berderit yang mungkin muncul dapat menjadi pertanda awal adanya masalah, memungkinkan pengendara untuk segera memperbaiki laher tersebut.
Dengan beragam jenis dan spesifikasi laher yang ada di pasaran, berikut beberapa saran yang dapat dijadikan pedoman bagi pemilik sepeda motor:
Dengan mengetahui informasi ini, Anda sudah selangkah lebih maju dalam menjaga performa motor Anda tetap maksimal!