Fungsi Crankshaft Kruk As, Komponen dan Daftar Harga Terbaru

crankshaft

Cek Juga :

Crankshaft atau poros engkol adalah komponen vital pada pada mesin kendaraan yang berfungsi mengubah gerak naik turun piston menjadi gerak putar. Crankshaft menerima beban yang sangat besar dari piston dan batang piston atau connecting rod, sehingga biasanya terbuat dari baja atau besi cor yang kuat.

Crankshaft terdiri dari beberapa bagian utama seperti crank pin, crank journal, crank arm, counterweight, oil hole, dan lainnya. Crankshaft bekerja dengan cara meneruskan gerakan naik turun piston menjadi putaran poros yang selanjutnya digunakan untuk memutar roda. Perawatan yang baik pada crankshaft sangat penting untuk performa mesin yang optimal

Perlu diketahui bahawa kruk as, poros engkol, as kruk, dan crankshaft semuanya mengacu pada komponen yang sama yaitu poros engkol atau crankshaft pada mesin kendaraan.

Fungsi Utama Crankshaft Motor

Fungsi utama crankshaft adalah mengubah gerak piston menjadi putaran poros dan meneruskan tenaga ke transmisi, serta menjadi poros utama mesin. 

Berikut fungsi crankshaft atau poros engkol pada motor:

  1. Mengubah gerak naik turun piston menjadi gerak putar. Gerak naik turun piston diubah menjadi gerak putar oleh crankshaft melalui hubungannya dengan connecting rod. 
  2. Meneruskan tenaga dari piston ke transmisi. Putaran poros crankshaft yang dihasilkan dari gerakan piston kemudian diteruskan ke transmisi untuk menggerakkan roda.
  3. Menjadi poros utama mesin. Crankshaft menjadi poros utama tempat komponen mesin lain seperti roda gila (flywheel), puli, gear, rantai atau sabuk penggerak katup (camshaft) dipasang.
  4. Menjaga keseimbangan dan kehalusan putaran mesin. Crankshaft dibuat seimbang (balanced) agar putaran mesin halus tanpa getaran berlebih. 
  5. Sebagai tempat pemasangan connecting rod. Lubang-lubang crank pin pada crankshaft berfungsi sebagai tempat pemasangan connecting rod yang menghubungkan piston.

Komponen Crankshaft

Berikut ini adalah bagian-bagian utama poros engkol motor beserta fungsinya:

1. Crank Pin

Crank pin adalah bagian poros engkol tempat batang piston (connecting rod) dihubungkan. Crank pin dilengkapi dengan bearing untuk mengurangi gesekan dengan batang piston. Di dalam crank pin juga terdapat lubang oli yang berfungsi melumasi bidang geseknya.

2. Crank Journal

Crank journal adalah bagian poros engkol yang ditumpu oleh bearing utama pada blok mesin. Crank journal berputar pada bearing ini agar poros engkol dapat berputar. Crank journal juga dilengkapi dengan lubang oli dan crank arm.

3. Crank Arm

Crank arm menghubungkan antara crank pin dan crank journal. Crank arm berfungsi meneruskan putaran dari crank pin ke crank journal. Bentuk dan desain crank arm mempengaruhi keseimbangan putaran poros engkol.

4. Counterweight

Counterweight berfungsi menyeimbangkan putaran poros engkol agar tidak terjadi getaran berlebih. Counterweight diletakkan di ujung poros engkol dengan bobot yang disesuaikan.

5. Oil Hole

Oil hole adalah lubang pada poros engkol tempat oli pelumas mengalir untuk melumasi journal dan pin. Oil hole sangat penting untuk mengurangi gesekan dan mencegah aus.

6. Crankshaft Gear

Crankshaft gear adalah roda gigi pada ujung poros engkol yang berfungsi menggerakkan rantai atau timing belt untuk menggerakkan komponen lain seperti pompa oli, katup, dan lainnya.

7. Keyway

Keyway adalah alur pada poros engkol tempat pasak kunci (key) dipasang. Keyway berfungsi mencegah slip dan memindahkan torsi ke komponen yang dipasang pada poros engkol seperti flywheel.

8. Oil Seal

Oil seal adalah seal yang dipasang pada ujung poros engkol untuk mencegah kebocoran oli mesin. Oil seal mencegah oli mesin bocor ke luar crankcase.

9. Thrust Bearing

Thrust bearing adalah bantalan yang menahan beban aksial pada poros engkol agar tidak geser ke samping. Thrust bearing biasanya dipasang pada crankshaft journal.

Itulah bagian-bagian utama pada poros engkol beserta fungsinya. Merawat dan memperbaiki kerusakan pada poros engkol dengan benar sangat penting untuk performa mesin yang optimal.

Cara Kerja Crankshaft Kruk As

Crankshaft mengubah gerak translasi piston menjadi gerak putar poros yang digunakan motor. Crankshaft harus kuat dan seimbang agar putaran mesin halus. Berikut adalah cara kerja crankshaft adalah sebagai berikut:

  • Proses dimulai dari ledakan di ruang bakar yang mendorong piston turun. Gerakan turun piston ini memutar crank pin yang dihubungkan dengan batang piston (connecting rod).
  • Putaran crank pin kemudian ditransmisikan ke crank journal melalui crank arm. Crank journal berputar pada bearing utama di crankcase.
  • Putaran crankshaft selanjutnya menggerakkan komponen lain seperti flywheel, rantai/sabuk distribusi, pompa oli, dan transmisi.
  • Proses di atas berulang seiring naik turunnya piston pada langkah kerja motor bakar 4 langkah.
  • Crankshaft harus kuat dan seimbang agar putaran mesin halus. Biasanya terbuat dari baja atau besi tuang.
  • Pelumasan yang baik pada crankshaft sangat penting untuk mengurangi gesekan dan mencegah kerusakan.

Daftar Harga Crankshaft / Crank Shaft / Kruk As Terbaru November 2023

Harga komponen Crankshaft CVT atau poros engkol sangat bervariasi mulai dari Rp165.000 – Rp1.395.500 tergantung tipe, lokasi dan toko. Dirangkum dari platform toko online berikut adalah daftar produk termurah dan terlengkap November 2023 :

Nama ProdukHargaLokasiToko
Amtech Treker Pasang Kruk As Motor Bebek Matic Crankshaft Alignment – 3 Mata (Bebek)Rp165.000Kab. CilacapMotorcare
Sil Seal Kruk As Crankshaft Kiri Motor Nmax N Max Old Asli YamahaRp17.324SurabayaSetia Motor Baru Cabang
Amtech Crankshaft Treker Botol Pasang Tarik Kruk As Bandul Motor SetRp164.900Kab. BekasiWarung Perkakas Bekasi
Amtech Treker Pasang Kruk As Motor Bebek Matic Crankshaft AlignmentRp165.000Kab. CilacapMotorcare
Bearing 6205 Cm Koyo Jepang 6205Cm As Kruk Motor Crankshaft 25x52x15Rp30.000SurabayaAneka Bearing Surabaya
Grip On Treker Pasang Bandul Kruk As Mesin Motor Crankshaft 19-202Rp282.000CirebonJuragan Perkakas
Grip On Treker Pasang Bandul Mesin Kruk As Motor Crankshaft 19-201Rp267.000CirebonJuragan Perkakas
Tracker Crankshaft+Treker As Kruk Bandul All Motor Matic+Beat+VarioRp1.000.000Kab. MagetanBenu Store
Bearing 6304C3 Koyo Jepang 6304C3 20X52X15 As Kruk Motor CrankshaftRp32.000SurabayaAneka Bearing Surabaya
Treker Tracker Alat Pasang Bandul Kruk As Crankshaft Mesin Motor WiproRp311.000Kab. NganjukSALIRA OTOTEKNIK
Bearing 6304 Cm Koyo Jepang 6304Cm 20X52X15 As Kruk Motor CrankshaftRp32.000SurabayaAneka Bearing Surabaya
Bearing Kruk As Mocil Mini Gp Motor Kecil Pocket Bike 6202 CrankshaftRp149.900Jakarta BaratImmax Speed
Treker Kruk As 4 Mata Treker Botol Mesin Motor Crankshaft AligmentRp253.500SurabayaCipta Solusi Saujana
Bearing 6304 Cm Nachi Jepang As Kruk Crankshaft Motor 20X52X15Rp31.000SurabayaAneka Bearing Surabaya
Kruk As / Crankshaft / Conrod Sabit 40mm Motor Mini 50cc Mesin TarikRp87.000SemarangMini Pocket Motor
Grip On Treker Pasang Bandul Kruk As Mesin Motor Crankshaft 19-202Rp290.900BandungSINAR ABADI
Askruk As Kruk Crankshaft Motor Cina Ktm Pnp Honda WinRp350.000Kab. BanyuwangiDYS Bengkel Motor 2
Crankshaft 3 Untuk Motor Tempel Yamaha 40pk Kotak 6F5 11432 11Rp620.000SurabayaSinar Nelayan Surabaya
Crankshaft 4/ Crank Motor Tempel Yamaha 40pk Tipe Kapsul 66T-11442-00Rp595.000SurabayaSinar Nelayan Surabaya
Bearing Kruk As Atv Razor /laher 6304-Crankshaft Viar-Motor-UniversalRp29.500Kab. Bandung BaratZETPLUS
Crankshaft Kiri / Kruk As Kiri Asli Sgp Motor Suzuki Smash, Smash NewRp1.395.500MakassarGudang_Spareparts

Perbedaan Camshaft dan Crank Shaft

Camshaft dan crankshaft adalah dua komponen vital pada mesin kendaraan yang memiliki perbedaan dalam beberapa hal, berikut aspek perbandingan dari kedua komponen ini : 

Aspek PerbandinganCamshaftCrankshaft
FungsiMengatur buka tutup katup inlet dan outletMengubah gerak naik turun piston menjadi putaran poros
Putaran1 putaran per 2 putaran crankshaft (mesin 4 langkah)2 putaran per siklus mesin
DimensiLebih kecil dan ringanLebih besar dan berat
LetakSilinder head atau blok mesinBagian bawah blok mesin (crankcase)
BahanBaja atau aluminiumBaja atau besi cor
KomponenCam lobes, journalsCrank pin, crank arm, counterweights
BebanLebih ringanLebih berat (menerima beban piston)
PerawatanPelumasan, ganti aus/patahPelumasan, periksa aus/retak

Masalah Umum Yang Terjadi Pada Crankshaft

Beberapa masalah umum yang dapat terjadi pada crankshaft:

  1. Ovalnya leher crankshaft
    Ovalnya leher crankshaft adalah masalah umum akibat ausnya bantalan atau bearing. Hal ini menyebabkan putaran crankshaft menjadi tidak rata. 
  2. Permukaan crankshaft tergores
    Permukaan crankshaft yang tergores dapat menyebabkan kebocoran oli, getaran berlebih, dan aus dini. Penyebabnya antara lain kotoran yang masuk atau kurangnya pelumasan.
  3. Kebocoran oli
    Kebocoran oli bisa terjadi akibat seal crankshaft yang sudah aus atau rusak. Oli bocor dapat merusak komponen lain seperti kopling.
  4. Kerusakan main bearing 
    Main bearing aus dapat menyebabkan crankshaft goyang dan tidak rata putarannya. Penyebabnya antara lain kurangnya pelumasan atau beban berlebih.
  5. Defleksi poros engkol
    Defleksi atau bengkoknya poros engkol dapat menyebabkan getaran berlebih hingga patahnya crankshaft. Biasanya karena beban berat berulang.

Kesimpulan

  • Dengan mengetahui fungsi dan komponen Crankshaft, Anda bisa meningkatkan efisiensi dan power mesin mobil Anda.
  • Memilih part yang sesuai dengan kebutuhan Anda akan memastikan kendaraan berjalan dengan lancar dan hemat energi.
  • Crankshaft atau as kruk as adalah jantung dari setiap mesin, mengubah gerakan naik-turun piston menjadi gerak putaran yang menggerakkan roda mobil.
  • Selain crankshaft, komponen lain seperti camshaft berfungsi untuk mengontrol valve dan proses pembakaran di ruang pembakaran.
  • Saat proses pembakaran terjadi, hasil pembakaran mendorong piston naik-turun yang selanjutnya diubah gerakannya oleh crankshaft.
  • Weight dan balance dari crankshaft sangat penting agar mesin bekerja dengan optimal dan tanpa getaran yang berlebihan.
  • Crankshaft bearing membantu mengurangi gesekan dan memastikan pergerakan piston lancar.
  • Bandul stang seher piston memastikan gerakan naik-turun piston berjalan dengan seimbang.
  • Kerja Sama dengan Blok Silinder: Crankshaft comp bekerja sempurna dengan blok silinder untuk memastikan mesin berjalan dengan efisien.
© CV Pelita Motorindo. All rights reserved.