Crankshaft atau poros engkol adalah komponen vital pada pada mesin kendaraan yang berfungsi mengubah gerak naik turun piston menjadi gerak putar. Crankshaft menerima beban yang sangat besar dari piston dan batang piston atau connecting rod, sehingga biasanya terbuat dari baja atau besi cor yang kuat.
Crankshaft terdiri dari beberapa bagian utama seperti crank pin, crank journal, crank arm, counterweight, oil hole, dan lainnya. Crankshaft bekerja dengan cara meneruskan gerakan naik turun piston menjadi putaran poros yang selanjutnya digunakan untuk memutar roda. Perawatan yang baik pada crankshaft sangat penting untuk performa mesin yang optimal
Perlu diketahui bahawa kruk as, poros engkol, as kruk, dan crankshaft semuanya mengacu pada komponen yang sama yaitu poros engkol atau crankshaft pada mesin kendaraan.
Fungsi utama crankshaft adalah mengubah gerak piston menjadi putaran poros dan meneruskan tenaga ke transmisi, serta menjadi poros utama mesin.
Berikut fungsi crankshaft atau poros engkol pada motor:
Berikut ini adalah bagian-bagian utama poros engkol motor beserta fungsinya:
Crank pin adalah bagian poros engkol tempat batang piston (connecting rod) dihubungkan. Crank pin dilengkapi dengan bearing untuk mengurangi gesekan dengan batang piston. Di dalam crank pin juga terdapat lubang oli yang berfungsi melumasi bidang geseknya.
Crank journal adalah bagian poros engkol yang ditumpu oleh bearing utama pada blok mesin. Crank journal berputar pada bearing ini agar poros engkol dapat berputar. Crank journal juga dilengkapi dengan lubang oli dan crank arm.
Crank arm menghubungkan antara crank pin dan crank journal. Crank arm berfungsi meneruskan putaran dari crank pin ke crank journal. Bentuk dan desain crank arm mempengaruhi keseimbangan putaran poros engkol.
Counterweight berfungsi menyeimbangkan putaran poros engkol agar tidak terjadi getaran berlebih. Counterweight diletakkan di ujung poros engkol dengan bobot yang disesuaikan.
Oil hole adalah lubang pada poros engkol tempat oli pelumas mengalir untuk melumasi journal dan pin. Oil hole sangat penting untuk mengurangi gesekan dan mencegah aus.
Crankshaft gear adalah roda gigi pada ujung poros engkol yang berfungsi menggerakkan rantai atau timing belt untuk menggerakkan komponen lain seperti pompa oli, katup, dan lainnya.
Keyway adalah alur pada poros engkol tempat pasak kunci (key) dipasang. Keyway berfungsi mencegah slip dan memindahkan torsi ke komponen yang dipasang pada poros engkol seperti flywheel.
Oil seal adalah seal yang dipasang pada ujung poros engkol untuk mencegah kebocoran oli mesin. Oil seal mencegah oli mesin bocor ke luar crankcase.
Thrust bearing adalah bantalan yang menahan beban aksial pada poros engkol agar tidak geser ke samping. Thrust bearing biasanya dipasang pada crankshaft journal.
Itulah bagian-bagian utama pada poros engkol beserta fungsinya. Merawat dan memperbaiki kerusakan pada poros engkol dengan benar sangat penting untuk performa mesin yang optimal.
Crankshaft mengubah gerak translasi piston menjadi gerak putar poros yang digunakan motor. Crankshaft harus kuat dan seimbang agar putaran mesin halus. Berikut adalah cara kerja crankshaft adalah sebagai berikut:
Harga komponen Crankshaft CVT atau poros engkol sangat bervariasi mulai dari Rp165.000 – Rp1.395.500 tergantung tipe, lokasi dan toko. Dirangkum dari platform toko online berikut adalah daftar produk termurah dan terlengkap November 2023 :
Nama Produk | Harga | Lokasi | Toko |
---|---|---|---|
Amtech Treker Pasang Kruk As Motor Bebek Matic Crankshaft Alignment – 3 Mata (Bebek) | Rp165.000 | Kab. Cilacap | Motorcare |
Sil Seal Kruk As Crankshaft Kiri Motor Nmax N Max Old Asli Yamaha | Rp17.324 | Surabaya | Setia Motor Baru Cabang |
Amtech Crankshaft Treker Botol Pasang Tarik Kruk As Bandul Motor Set | Rp164.900 | Kab. Bekasi | Warung Perkakas Bekasi |
Amtech Treker Pasang Kruk As Motor Bebek Matic Crankshaft Alignment | Rp165.000 | Kab. Cilacap | Motorcare |
Bearing 6205 Cm Koyo Jepang 6205Cm As Kruk Motor Crankshaft 25x52x15 | Rp30.000 | Surabaya | Aneka Bearing Surabaya |
Grip On Treker Pasang Bandul Kruk As Mesin Motor Crankshaft 19-202 | Rp282.000 | Cirebon | Juragan Perkakas |
Grip On Treker Pasang Bandul Mesin Kruk As Motor Crankshaft 19-201 | Rp267.000 | Cirebon | Juragan Perkakas |
Tracker Crankshaft+Treker As Kruk Bandul All Motor Matic+Beat+Vario | Rp1.000.000 | Kab. Magetan | Benu Store |
Bearing 6304C3 Koyo Jepang 6304C3 20X52X15 As Kruk Motor Crankshaft | Rp32.000 | Surabaya | Aneka Bearing Surabaya |
Treker Tracker Alat Pasang Bandul Kruk As Crankshaft Mesin Motor Wipro | Rp311.000 | Kab. Nganjuk | SALIRA OTOTEKNIK |
Bearing 6304 Cm Koyo Jepang 6304Cm 20X52X15 As Kruk Motor Crankshaft | Rp32.000 | Surabaya | Aneka Bearing Surabaya |
Bearing Kruk As Mocil Mini Gp Motor Kecil Pocket Bike 6202 Crankshaft | Rp149.900 | Jakarta Barat | Immax Speed |
Treker Kruk As 4 Mata Treker Botol Mesin Motor Crankshaft Aligment | Rp253.500 | Surabaya | Cipta Solusi Saujana |
Bearing 6304 Cm Nachi Jepang As Kruk Crankshaft Motor 20X52X15 | Rp31.000 | Surabaya | Aneka Bearing Surabaya |
Kruk As / Crankshaft / Conrod Sabit 40mm Motor Mini 50cc Mesin Tarik | Rp87.000 | Semarang | Mini Pocket Motor |
Grip On Treker Pasang Bandul Kruk As Mesin Motor Crankshaft 19-202 | Rp290.900 | Bandung | SINAR ABADI |
Askruk As Kruk Crankshaft Motor Cina Ktm Pnp Honda Win | Rp350.000 | Kab. Banyuwangi | DYS Bengkel Motor 2 |
Crankshaft 3 Untuk Motor Tempel Yamaha 40pk Kotak 6F5 11432 11 | Rp620.000 | Surabaya | Sinar Nelayan Surabaya |
Crankshaft 4/ Crank Motor Tempel Yamaha 40pk Tipe Kapsul 66T-11442-00 | Rp595.000 | Surabaya | Sinar Nelayan Surabaya |
Bearing Kruk As Atv Razor /laher 6304-Crankshaft Viar-Motor-Universal | Rp29.500 | Kab. Bandung Barat | ZETPLUS |
Crankshaft Kiri / Kruk As Kiri Asli Sgp Motor Suzuki Smash, Smash New | Rp1.395.500 | Makassar | Gudang_Spareparts |
Camshaft dan crankshaft adalah dua komponen vital pada mesin kendaraan yang memiliki perbedaan dalam beberapa hal, berikut aspek perbandingan dari kedua komponen ini :
Aspek Perbandingan | Camshaft | Crankshaft |
---|---|---|
Fungsi | Mengatur buka tutup katup inlet dan outlet | Mengubah gerak naik turun piston menjadi putaran poros |
Putaran | 1 putaran per 2 putaran crankshaft (mesin 4 langkah) | 2 putaran per siklus mesin |
Dimensi | Lebih kecil dan ringan | Lebih besar dan berat |
Letak | Silinder head atau blok mesin | Bagian bawah blok mesin (crankcase) |
Bahan | Baja atau aluminium | Baja atau besi cor |
Komponen | Cam lobes, journals | Crank pin, crank arm, counterweights |
Beban | Lebih ringan | Lebih berat (menerima beban piston) |
Perawatan | Pelumasan, ganti aus/patah | Pelumasan, periksa aus/retak |
Beberapa masalah umum yang dapat terjadi pada crankshaft: