Connection rod atau batang piston seher merupakan salah satu komponen vital pada mesin kendaraan bermotor yang berfungsi menghubungkan piston dengan crankshaft atau poros engkol.
Dengan adanya connection rod, tenaga dari hasil pembakaran bahan bakar di dalam silinder dapat ditransmisikan dari gerakan naik turun piston menjadi gerakan memutar pada poros engkol.
Berikut adalah beberapa fungsi penting dari connection rod:
Cara kerja connection rod cukup sederhana. Saat terjadi ledakan di dalam silinder, tekanan gas akan mendorong piston turun. Karena piston dan connection rod terhubung, maka gerakan turun piston akan mendorong connection rod berputar pada poros engkol melalui big end. Ketika piston naik karena langkah hisap, connection rod akan menarik poros engkol berputar.
Proses ini berulang seiring putaran poros engkol yang kontinyu memutar roda melalui transmisi. Connection rod menjadi komponen kunci yang mengubah gerak naik turun menjadi putaran poros engkol.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada connection rod antara lain:
Connection rod yang aus atau longgar dapat menimbulkan getaran abnormal pada mesin. Komponen ini juga rawan patah bila menerima beban berlebih. Perawatan berkala dan penggantian connection rod mutlak diperlukan demi performa mesin yang optimal.
Harga komponen connectin rod sangat bervariasi mulai dari Rp69.000 – Rp405.000 tergantung tipe, lokasi dan toko. Dirangkum dari platform toko online berikut adalah daftar produk termurah dan terlengkap November 2023 :
Nama Produk | Harga | Lokasi | Toko |
---|---|---|---|
Stang Seher Connecting Rod Kit Vega Zr Jupiter Z Robot 5D9 Yamaha | Rp69.000 | Kab. Tangerang | willywilliampart |
Stang Seher Connecting Rod Kit Yamaha V75 | Rp97.000 | Jakarta Barat | Accesories Motorcycle |
Connecting Rod Kit Stang Seher Yamaha V75 V 75 | Rp90.000 | Kab. Boyolali | oip macuz |
Stang Seher Connecting Rod Kit Nmax N Max Lexi Aerox 2DP Yamaha | Rp87.500 | Kab. Tangerang | willywilliampart |
Stang Seher – Stang Piston – Connecting Rod Kit Yamaha V75 | Rp185.000 | Kab. Sleman | PAIDJO – JMC |
Stang Seher Connecting Rod Kit Vega ZR Jupiter Z Robot Bearing 6305 | Rp106.000 | Kab. Tangerang | ssc_sparepartsmotor |
Stang Seher – Stang Piston – Connecting Rod Kit Yamaha V80 | Rp205.000 | Kab. Sleman | PAIDJO – JMC |
Stang Seher Connecting Rod Kit Yamaha V75 | Rp97.000 | Jakarta Barat | Accesories Motorcycle |
Stang Seher / Connecting Rod Kit Yamaha Vixion, R15, MX King, Xabre | Rp402.000 | Kab. Bandung | Yamaha Gerbang Cahaya |
Connecting Con Rod Stang Seher Kit Lexi Original B3F-E1651 E1681-00 | Rp405.000 | Tangerang | LMJ MOTOR PARTS |
Stang Seher Kit Aerox / Jual Connecting Rod Kit B65-WE166-00 | Rp390.000 | Jakarta Timur | CV Sartika Motor |
Stang Seher Con Rod Connecting Grand Supra Fit New Original Yamaha | Rp61.000 | Bekasi | Partindo |
Stang Seher / Connecting Rod Kit Yamaha Vixion, R15, MX King, Xabre | Rp402.000 | Kab. Bandung | Yamaha Gerbang Cahaya |
Stang Seher Kit Connecting Mio MX125 Aerox Nmax 135 B9E-E1651 Original | Rp400.000 | Bekasi | SC Motor |
Stang Seher Connecting Rod Kit Yamaha V75 | Rp97.000 | Jakarta Barat | Accesories Motorcycle |
Stang Seher / Connecting Rod Kit Yamaha Vixion, R15, MX King, Xabre | Rp402.000 | Kab. Bandung | Yamaha Gerbang Cahaya |
Stang Seher / Connecting Rod Kit Yamaha Vixion, R15, MX King, Xabre | Rp402.000 | Kab. Bandung | Yamaha Gerbang Cahaya |
Stang Seher Kit Connecting Mio MX125 Aerox Nmax 135 B9E-E1651 Original | Rp400.000 | Bekasi | SC Motor |
Stang Seher Connecting Rod Kit Yamaha V75 | Rp97.000 | Jakarta Barat | Accesories Motorcycle |
Stang Seher / Connecting Rod Kit Yamaha Vixion, R15, MX King, Xabre | Rp402.000 | Kab. Bandung | Yamaha Gerbang Cahaya |
Stang Seher Con Rod Connecting Grand Supra Fit New Original Yamaha | Rp61.000 | Bekasi | Partindo |
Komponen utama connecting rod terdiri dari small end dan big end sebagai penghubung, batang utama sebagai penahan beban, serta bearing dan mur baut sebagai pengunci dan peredam gesekan.
Berikut adalah penjelasan masing-masing komponen utama batang piston pada mesin motor:
Small end adalah bagian ujung kecil dari connecting rod yang terletak di bagian atas dan berhubungan langsung dengan piston. Small end memiliki diameter kecil dibandingkan bagian lainnya pada connecting rod.
Secara fisik, small end berbentuk silinder pendek dengan lubang di tengahnya. Lubang ini berfungsi untuk tempat masuknya piston pin yang menghubungkan connecting rod dengan piston. Ukuran diameter lubang disesuaikan dengan diameter piston pin.
Small end berfungsi sebagai penghubung antara connecting rod dan piston dalam mentransmisikan tenaga dari piston ke poros engkol melalui connecting rod.
Beberapa fungsi penting dari small end pada batang piston antara lain:
Big end adalah bagian ujung besar dari connecting rod yang terletak di bagian bawah dan berhubungan langsung dengan poros engkol (crankshaft). Big end memiliki diameter lebih besar dibandingkan bagian lainnya pada batang piston.
Secara fisik, big end berbentuk setengah lingkaran dengan lubang di tengahnya. Lubang ini berfungsi untuk tempat masuknya crank pin yang menghubungkan connecting rod dengan poros engkol. Ukuran diameter lubang disesuaikan dengan diameter crank pin.
Big end berfungsi vital sebagai penghubung antara connecting rod dan poros engkol dalam mentransmisikan tenaga putaran poros engkol ke gerakan naik turun piston melalui batang piston.
Beberapa fungsi penting dari big end pada batang piston antara lain:
Batang utama atau shank merupakan bagian tengah penghubung antara small end dan big end pada connecting rod. Batang utama biasanya berbentuk I-beam untuk memberikan kekuatan dan kekakuan yang cukup guna menahan beban.
Secara fisik, batang utama berupa batang memanjang dengan penampang melintang berbentuk I. Bagian tengahnya cekung seperti huruf I. Tujuannya agar massa batang utama menjadi ringan namun tetap kaku dan kuat.
Batang utama berperan vital dalam menahan beban, menghubungkan kedua ujung connecting rod, dan mentransmisikan gaya dorong piston ke poros engkol. Kekuatan dan kelurusannya sangat penting agar batang seher dapat bekerja dengan baik.
Beberapa fungsi penting dari batang utama (shank) pada batang piston:
Connecting Rod Bearing adalah komponen yang terletak di small end dan big end batang seher. Bearing berfungsi sebagai bantalan geser untuk meminimalkan gesekan antara permukaan yang saling bergerak.
Secara fisik, bearing berbentuk cincin dengan lapisan logam lunak di bagian dalamnya. Material bearing biasanya menggunakan jenis logam lunak seperti timah, seng, dan aluminium.
Di small end, bearing disebut bushing yang melapisi lubang tempat masuknya piston pin. Sedangkan di big end, bearing disebut metal jalan yang melapisi lubang poros crank pin.
Connecting rod bearing memiliki peran vital dalam meminimalkan gesekan dan menjaga kelancaran putaran poros engkol melalui batang piston. Kualitas dan perawatan bearing sangat menentukan performa mesin secara keseluruhan.
Beberapa fungsi penting bearing pada connecting rod:
Mur dan baut connecting rod berfungsi untuk mengunci big end ke poros engkol agar tidak terlepas. Secara fisik, mur dan baut batang piston berbentuk silinder pendek dengan ulir di bagian luarnya. Baut batang piston memiliki ulir di seluruh bagian luarnya, sedangkan mur batang piston hanya memiliki ulir di bagian dalamnya.
Mur dan baut ini dipasang melintang menembus big end dan poros engkol. Ketika baut dikencangkan ke mur, big end akan terkunci pada poros engkol.
Jenis mur dan baut batang piston antara lain:
Material mur dan baut batang piston biasanya terbuat dari baja karbon atau baja paduan tinggi yang memiliki kekuatan tarik tinggi. Beberapa jenis baja yang digunakan antara lain baja karbon medium (S20C-S50C), baja karbon tinggi (SUJ2), dan baja paduan krom-molibdenum.