Fungsi, Komponen, Dan Cara Kerja Kiprok Motor (Rectifier Regulator)

kiprok motor

Cek Juga :

Kiprok merupakan salah satu komponen vital dalam sistem pengisian motor Yamaha. Dikenal juga sebagai regulator atau rectifier, kiprok bertugas mengkonversi arus AC (Alternating Current) yang dihasilkan oleh alternator menjadi DC (Direct Current), sehingga komponen elektronik motor Yamaha Anda dapat berfungsi dengan optimal.

Sebuah sistem pengisian pada sepeda motor Yamaha biasanya meliputi tiga komponen esensial: alternator, kiprok (regulator/rectifier), dan baterai.

Saat motor dinyalakan, alternator menghasilkan arus AC. Tugas kiprok di sini adalah mentransformasi arus AC menjadi DC, yang lebih stabil dan esensial bagi performa komponen elektronik motor.

Arus DC hasil konversi ini selanjutnya mengalir ke baterai dan komponen lain seperti lampu, klakson, hingga sistem pengapian.

Sebagai pecinta otomotif, kami ingin mengingatkan Anda, kerusakan pada kiprok dapat mengundang berbagai masalah, mulai dari baterai yang kurang optimal, lampu yang kurang terang, hingga gangguan pada komponen elektronik lainnya.

Fungsi Kiprok Motor

Kiprok sangat penting dalam sistem kelistrikan motor. Jika rusak dapat menyebabkan berbagai masalah kelistrikan dan komponen elektronik motor tidak dapat bekerja dengan baik. Oleh karena itu, komponen kelistrikan ini harus selalu dijaga dan dirawat dengan baik.

Berikut adalah rangkuman fungsi kiprok pada motor:

  • Mengubah arus AC dari alternator/spul menjadi arus DC yang dapat disimpan di aki. Tanpa kiprok, arus AC tidak dapat digunakan untuk mengisi aki.
  • Menstabilkan tegangan dan arus listrik dari alternator sebelum masuk ke aki. Arus dan tegangan yang masuk ke aki harus stabil agar aki tidak rusak.
  • Pada motor lama dengan sistem penerangan AC, kiprok berfungsi menstabilkan arus ke lampu depan. Jika arus berlebih, bohlam lampu bisa putus. 
  • Mengatur dan membatasi arus yang mengalir ke komponen listrik lain seperti klakson, starter, komponen elektronik injeksi, dll agar bekerja dengan baik.

Dampak Kerusakan Jika Kiprok Rusak

Menggunakan motor tanpa kiprok dapat menyebabkan kerusakan parah pada sistem kelistrikan dan mesin. Sebaiknya segera periksakan dan ganti kiprok jika rusak agar motor tetap awet dan berfungsi dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa dampak jika motor digunakan dengan kondisi kiprok yang rusak:

Dampak Jangka Pendek

  • Lampu depan menjadi redup atau mati karena arus tidak terkontrol dengan baik. 
  • Starter sering macet karena kurangnya suplai listrik dari aki.
  • Mesin susah hidup karena sistem pengapian terganggu.

Dampak Jangka Panjang

  • Aki bisa mengalami kerusakan permanen karena over discharge terus menerus[.
  • Komponen elektronik lain seperti ECU atau CDI bisa rusak karena tegangan tidak stabil.
  • Performa mesin menurun drastis karena sistem kelistrikan tidak berfungsi optimal.
  • Biaya perbaikan yang mahal karena banyak komponen yang perlu diganti.

Daftar Harga Kiprok Sepeda Motor Terbaru November 2023

Harga kiprok motor sangat bervariasi mulai dari Rp75.000 hingga Rp195.000 tergantung tipe, lokasi dan toko. Dirangkum dari platform toko online berikut adalah daftar harga produk kiprok motor:

Nama ProdukHargaLokasiToko
Soket Kiprok Yamaha Nmax OriRp25.000Kab. BekasiTMP
Kiprok Penyalaan Yamaha Nmax / Xabre / Mx 150 / Mx King / Byson OriRp75.000Tangerangrodamas2
Kiprok Yamaha Nmax, Xabre, Mx King Mx 150 OriRp75.000Jakarta BaratKingpartsmurah
Kiprok Ori Yamaha NmaxRp135.000Jakarta Timurdamar garage
Kiprok Regulator Nmax Vixion OriRp135.000BandungDRpart
Soket Spull Kabel Panjang Aerox Lexi Nmax Anti Kode 12 OriginalRp138.600Jakarta BaratYMD E-STORE II
Paket Socket Kiprok Dan Kiprok Nmax N Max Xabre Mxking Mx 150 Ori YGPRp140.000BekasiHarapan Agung Motor (HAM Online)
Kiprok Regulator Nmax 155 Ori 4B4-H1960-01 Plus Socket Kiprok BiasaRp165.000Jakarta BaratCaremacros
Regulator Nmax Asli 100% Kiprok Dan Soket Nmax Original Ori Cop KiproxRp160.000Kab. PonorogoInti Motor Ponorogo
Kiprok Nmax Mx King Regulator Nmax N Max Ori Yamaha YGPRp115.000MedanPrimaMotorKarya
Regulator Kiprok Nmax Xabre Mx 150 Mx King N-Max 4B4-H1960-01 Ori YGPRp112.000BekasiGM parts
Kiprok Regulator Yamaha Nmax 4B4-H1960-01 ORI YGPRp115.000MalangNagaSuryaMotor
Kiprox Kiprok Regulator 4B4-H1960-01 Nmax N Max Ori Original YamahaRp195.000Jakarta Selatanbaksomerconcilik
Kiprok Regulator Yamaha N Max Nmax Ori Asli Yamaha YGP Plus SoketRp145.000Kab. BantulMaftuh Motor
Kiprok Regulator Nmax Tiger Full Wave Ori Yamaha 4B4H19600100Rp125.000Kab. MagelangSumber Agung Motor
Kiprok Yamaha Nmax, N Max,Xabre,MX 150,Mx King Ori YamahaRp125.000Tangerangrxkingusers
4B4-H1960-01 Kiprok Rectifier & Regulator Yamaha Nmax 2DP Ori YGPRp117.950
Regulator Kiprok Ori Original Yamaha Nmax Lengkap Dengan Soket 5 PinRp140.000Makassarss-motor
Regulator Kiprok Cas N Max Nmax Asli Original Asli Ori Yamaha 4b4Rp109.000Kab. SlemanNIMUS_PART
Kiprok Tiger Kiprok Megapro Kiprok New Megapro Pakai NMAX Ori Bukan KWRp119.000Jakarta TimurDITDOT SHOP
Kiprok NMAX Kiprok Nmax Regulator NmaxRp69.000Jakarta BaratSimplePart80
Kiprok Regulator Nmax Xabre Mx King Mx 150 Ori YgpRp120.000BekasiHarapan Agung Motor (HAM Online)

Komponen Kiprok Motor

Berikut adalah komponen-komponen utama pada kiprok motor beserta fungsinya:

  1. Dioda: Berfungsi untuk mengubah arus AC dari alternator/stator menjadi arus DC.
  2. IC Regulator: Menjaga tegangan tetap stabil pada 13-14 volt saat pengisian aki.
  3. Transistor: Sebagai saklar elektronik yang membuka dan menutup rangkaian. 
  4. Resistor: Membatasi arus listrik yang mengalir.
  5. Kondensator: Meratakan tegangan yang naik turun.
  6. Trafo Step-Down: Menurunkan tegangan AC dari alternator.
  7. Rangkaian Kontrol: Mengatur tegangan dan arus yang menuju komponen lain seperti lampu, klakson, komponen elektronik injeksi.

Jenis Kiprok Motor

Ada dua jenis utama kiprok motor, yaitu kiprok motor DC dan kiprok motor AC. Berikut penjelasannya:

1. Kiprok Motor DC

  • Mengubah arus AC dari alternator/stator menjadi arus DC.
  • Arus DC digunakan untuk mengisi aki, lampu, dan komponen kelistrikan lainnya.
  • Umumnya digunakan pada motor dengan sistem pengapian CDI.
  • Contoh: kiprok Honda Tiger, Yamaha Vixion, kiprok aftermarket Fukuyama.

2. Kiprok Motor AC

  • Tidak mengubah arus AC menjadi DC, melainkan menstabilkan tegangan AC.
  • Arus AC langsung digunakan untuk lampu dan komponen kelistrikan tanpa melalui aki.
  • Contoh: kiprok pada motor lawas dengan sistem pengapian konvensional.
  • Arus AC dihasilkan oleh koil pengapian atau alternator tanpa rectifier.

Jadi perbedaan utamanya, kiprok DC mengubah arus AC menjadi DC, sedangkan kiprok AC hanya menstabilkan tegangan AC tanpa mengubahnya menjadi DC. Kiprok DC lebih umum digunakan pada motor modern saat ini.

Cara Kerja Kiprok Motor

Kiprok atau Kontrol Regulator Tegangan memainkan peran penting dalam menjaga tegangan dan mengatur sistem pengisian pada motor. Hal Ini memastikan penyediaan energi listrik yang stabil dan aman untuk berbagai komponen motor yang membutuhkannya.

Berikut adalah penjelasan mengenai cara kerja kiprok pada motor:

  1. Penerimaan arus AC: Kiprok menerima arus listrik tiga fasa AC (Arus Bolak-Balik) dari flywheel generator pada motor. Arus ini bersifat tidak stabil dan memiliki amplitudo yang bervariasi.
  2. Penyearah (Rectification): Kiprok memiliki dioda-dioda yang berfungsi sebagai penyearah untuk mengubah arus AC menjadi arus DC (Arus Searah). Dioda diatur dalam susunan jembatan gelombang penuh (full-wave bridge rectifier) untuk memperoleh arus searah penuh.
  3. Regulasi tegangan: Setelah penyearah, kiprok berperan dalam mengatur tegangan output yang dihasilkan. Kiprok menggunakan prinsip pemutusan-penyambungan (switching) yang dikontrol oleh komponen internal seperti transistor atau SCR (Silicon-Controlled Rectifier).
  4. Pengaturan tegangan: Kiprok secara terus-menerus memonitor tegangan pada sistem pengisian motor. Jika tegangan output terlalu rendah, kiprok akan memutuskan penghantaran arus, sedangkan jika tegangan output terlalu tinggi, kiprok akan memotong arus ke beban. Hal ini membantu menjaga tegangan output dalam batas yang aman untuk peralatan listrik motor.
  5. Perlindungan terhadap beban: Kiprok juga dilengkapi dengan fitur perlindungan terhadap beban berlebih (overload) dan hubung singkat (short circuit). Ketika terdeteksi beban yang melebihi batas yang ditentukan atau adanya hubung singkat, kiprok akan memutuskan arus keluar untuk mencegah kerusakan pada peralatan listrik motor.

Penyebab Kiprok Motor Rusak

kiprok motor rusak

Beberapa penyebab utama kiprok motor rusak:

1. Terlalu Sering dipakai dalam kecepatan tinggi

Memacu motor dalam kecepatan tinggi terus menerus dapat menyebabkan kiprok overheat dan rusak. Suhu tinggi membuat komponen elektronik di dalam kiprok cepat aus. 

2. Kabel dan sambungan longgar atau kotor 

Kabel konektor kiprok yang longgar atau kotor dapat menyebabkan hubungan tidak baik sehingga arus tidak mengalir dengan lancar dan kiprok jadi panas. Pastikan semua kabel dan sambungan bersih dan kencang.

3. Beban listrik berlebih

Pemasangan aksesoris tambahan seperti lampu LED, power outlet, atau perangkat elektronik lain tanpa memperhitungkan kapasitas beban dapat membuat kiprok kelebihan beban dan panas.

4. Umur kiprok sudah tua

Komponen elektronik di dalam kiprok bisa mengalami penurunan kinerja akibat pemakaian dalam jangka waktu lama. Kiprok perlu diganti secara berkala.

Cara Merawat Kiprok Sepeda Motor

1. Hindari gunakan kecepatan tinggi terus-menerus

Jaga suhu mesin agar tidak terlalu panas dengan menghindari penggunaan kecepatan tinggi dalam waktu lama. Beri waktu pendinginan yang cukup.

2. Periksa dan bersihkan kabel serta sambungan 

Pastikan tidak ada kabel yang longgar, terkelupas, atau kotor. Bersihkan sambungan konektor kiprok dari kotoran dan oksidasi. 

3. Kurangi beban listrik berlebih

Hindari pemasangan aksesoris tambahan berlebihan. Jika perlu, naikkan kapasitas kiprok yang digunakan.

4. Lakukan perawatan dan ganti kiprok secara berkala

Kiprok yang sudah berumur perlu diganti dengan yang baru sesuai rekomendasi pabrikan. Gunakan kiprok original untuk performa optimal.

 5. Servis berkala di bengkel resmi

Lakukan perawatan berkala dan diagnosis masalah kiprok di bengkel resmi untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Dengan mengetahui penyebab dan melakukan langkah pencegahan, masalah kiprok motor rusak dapat dihindari atau setidaknya diminimalisir. Jangan tunda perbaikan jika kiprok mulai menunjukkan tanda-tanda kerusakan.

Kesimpulan

  • Dihasilkan oleh spul, arus yang masuk ke aki dapat stabil jika kondisinya baik dan komponen-komponen lain juga berfungsi dengan baik.
  • Kiprok motor, terutama yang terdapat pada Yamaha Mio, memiliki fungsi vital dalam menjaga keseimbangan arus dan tegangan.
  • Kiprok mengalami masalah ketika tidak dapat menstabilkan arus listrik yang masuk ke aki, hal ini dapat menyebabkan aki tekor.
  • Perawatannya penting untuk mencegah kerusakan pada spul atau kiprok yang dapat membuat motor mogok.
  • Kalau motor sering soak atau aki tekor, ada kemungkinan masalahnya ada di komponen spul atau kiprok yang menstabilkan arus dan tegangan.
  • Menempel baterai dan menyalakan mesin dapat menunjukkan kondisi teknisi, yang bertanggung jawab menstabilkan dan mengubah arus listrik yang dihasilkan oleh spul.
  • Jangan lupa untuk selalu mengecek kiprok jika motor mengalami masalah pada RPM, karena kiprok memiliki fungsi untuk mengatur hal tersebut.
  • Rectifier assy dan assy regulator adalah dua komponen yang memiliki fungsi vital dalam sistem pengisian, dan mengetahui cara kerjanya dapat membantu kamu untuk lebih memahami cara kerja kiprok.
  • Informasi terkini tentang perawatan dan kondisi kiprok dapat kamu dapatkan dari berbagai sumber, seperti bengkel atau website spesialis motor.
  • Jangan pernah menghapus komponen kiprok dari motor, karena memiliki fungsi yang sangat vital dalam menjaga stabilitas arus listrik motor.
© CV Pelita Motorindo. All rights reserved.