Yamaha NMAX 155: Perbedaan Ukuran Shock Belakang dari Masa ke Masa

ukuran shock belakang nmax


Motor matic modern, terutama skuter premium seperti Yamaha NMAX, memiliki konstruksi suspensi yang dirancang khusus untuk mencapai kenyamanan berkendara maksimal.

Salah satu komponen krusial dalam mencapai tujuan ini adalah shock belakang atau yang dikenal dengan istilah “shockbreaker” dalam dunia otomotif.

Shock belakang pada kendaraan bertugas sebagai penyerap kejutan yang disebabkan oleh permukaan jalan yang tidak rata. Shockbreaker pada sepeda motor, khususnya NMAX 155, biasanya dilengkapi dengan tabung berisi minyak khusus yang memungkinkan setelan preload dapat diatur sesuai kebutuhan pengendara.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, sebagai pabrikan utama untuk skuter premium ini, secara konsisten melakukan inovasi pada komponen ini. Ini termasuk variasi pada ukuran shock belakang NMAX, terutama antara versi lama (old) dan versi terbaru, All New NMAX.

Mengapa Shock Belakang Penting untuk Kenyamanan Berkendara

Ketika berbicara tentang kenyamanan berkendara, ground clearance dan stabilitas kendaraan sangatlah berperan penting. Dengan mengatur preload pada shockbreaker, pengendara dapat menyesuaikan tinggi ground clearance dan tingkat keempukan suspensi.

Sebagai contoh, dengan setelan preload yang lebih tinggi, sepeda motor akan lebih empuk dan nyaman saat melewati jalan berbatu atau berlubang. Sebaliknya, setelan yang lebih rendah akan memberikan stabilitas lebih pada saat berbelok atau saat kecepatan tinggi.

Namun, kenyamanan berkendara tidak hanya tergantung pada setingan preload. Ukuran standar dari shock belakang NMAX, baik itu versi old maupun All New NMAX, dirancang khusus oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing untuk memberikan performa optimal.

Ukuran ini, yang seringkali diukur dalam satuan mm, dan menjadi referensi penting bagi para pengendara yang ingin melakukan modifikasi motor atau sekadar mengganti komponen dengan merek lain.

Dikarenakan shock belakang memainkan peran penting dalam kenyamanan dan performa skuter premium seperti Yamaha NMAX, maka  memahami fungsi dan ukuran shockbreaker standar dari pabrikan menjadi esensial bagi para pengendara yang mengutamakan kenyamanan dan keselamatan.

Ukuran Standar Shock Belakang NMAX

Nmax lama memiliki shock lebih panjang dibandingkan Nmax baru. Nmax lama memiliki panjang sekitar 333 mm sedangkan nmax baru sekitar 310 mm. Berikut tabel perbandingan ukuran dan kode part untuk sokbreker Yamaha NMAX lama dan baru:

Tipe NMAXUkuran Shock BelakangKode Part
Ukuran Shock Belakang Nmax Old / lama333 mm2 DP 20 kyb
Ukuran Shock Belakang All New NMAX310 mmb6h00 kyb

Dengan mengetahui kode part, pengguna dapat memastikan keaslian serta kualitas dari komponen yang mereka beli, memastikan mereka mendapatkan produk yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan.

Daftar Harga Shock Belakang Yamaha Nmax-September 2023

Berikut adalah daftar harga terbaru shok belakang Yamaha Nmax per bulan September 2023 yang dirangkum dari beberapa platform marketplace :

Nama ProdukHargaLokasiToko
Shockbreaker Shock Belakang Yamaha 2DP Hitam Nmax Kualitas Asli OriRp284.050TangerangLL_Sparepart
Shockbreaker KTC Apex Nmax Old OriginalRp1.285.000Jakarta BaratVariasimotor 77
Asli Doctor! Shock Belakang Shockbreaker Tabung Atas Fungsi Aerox NmaxRp580.000Jakarta BaratIntan Motorsport
Shock Belakang Nouvo Aerox Nmax New Uk-285 Dbs-8686 Z Series OriginalRp395.000Jakarta TimurVIP Racing
Shockbreaker / Shock Breaker Belakang Set N Max Nmax Original AspiraRp386.700Kab. TangerangTeguh Sanjaya Motor
Shock Breaker Belakang Yamaha Nmax N-Max N Max Aspira Astra OriginalRp375.000Jakarta TimurKeanu Autoparts
Shockbreaker Shock Sok Belakang Nmax Old Tabung 2DP-F2210 Isi 2PC AsliRp1.400.000Jakarta BaratLestari Motor 2
Shock Belakang/ Shockbreaker Nmax Asli Original Yamaha Per BijiRp217.640BogorRadjawali Motor
Shock Shockbreaker Belakang Tabung Nmax Old Original YamahaRp678.000Tangerang SelatanYamaha Ryza-Mst Motor
Spakbor Belakang Nmax, N Max 2018 Shock Tabung (2DP-10) Asli YamahaRp73.800BekasiKing’S Motor
Shockbreaker Shock Sok Shok Breaker Belakang Tabung Nmax 155 New VVARp330.000Kab. TangerangSparepart Shopline
Shockbreaker Shock Belakang Nmax Old Original YamahaRp250.000Tangerang SelatanYamaha Ryza-Mst Motor
Shock,Breaker, Belakang Nmax, N-Max Tabung 2018 Asli YamahaRp600.000BekasiKing’S Motor
Shock Shockbreaker Belakang Yss GPlus Yamaha Nmax Size 335mm OriginalRp2.700.000Jakarta UtaraM3M Online Shop
Shock Belakang Tabung Nmax 2018 1PCS Asli Ori Yamaha 2DP-F2210-20Rp592.980Jakarta BaratRezeki Motor 2017
Shok Sok Shock Belakang Yamaha Nmax OriginalRp150.000Kab. BogorJoin Motor 2
Promo !!!! Shock Breaker Belakang Nmax Tabung, Tahun Muda OriginalRp400.000DepokLungs Motorshop.id
Shock Breaker Belakang Motor Yamaha Nmax N Max Federal Astra OriginalRp299.000Jakarta TimurKeanu Autoparts
Shock Belakang Shockbreaker Belakang Nmax Asli FukukawaRp202.500TangerangOne Stop Motor Parts
Shock Belakang Yamaha Nmax KYB Kayaba Zeto . Shockbreaker Original .Rp850.000BekasiBOS Motor
Shock Breker Sok Belakang Nmax Tabung 2019 Asli YGP 2DP -F2210-20 1PCSRp592.888Kab. TangerangPimp Motoshop
Shockbreaker Belakang Nmax Old Pcx 150 Shock Dbs-7711 GPlus OriginalRp595.000Jakarta TimurVIP Racing
Shockbreaker Shock Breaker Belakang 2DP Nmax N Max Original YamahaRp223.900Kab. TangerangTeguh Sanjaya Motor
Shock Breaker Belakang Nmax N Max 2DP-F2210-20 Asli YGPRp652.000Jakarta BaratHokinawamotor

Membedakan Shockbreaker Ori dan KW

@Faizzproject

Bagi pecinta skuter seperti Yamaha NMAX 155, memilih komponen berkualitas asli, khususnya untuk sokbreker nmax, adalah prioritas utama. Mengingat Yamaha NMAX telah menjadi salah satu skuter paling populer, tidak mengherankan jika ada banyak produk KW (kloningan) yang beredar di pasar.

Mengapa Penting Membedakan antara Ori dan KW?

1. Rekomendasi Pabrikan:

Yamaha Indonesia, sebagai produsen, memiliki standar tertentu yang harus dipenuhi oleh setiap komponen. Shockbreaker asli dirancang untuk memberikan kinerja dan keamanan optimal pada Yamaha NMAX.

2. Kenyamanan Berkendara:

Pakai Shockbreaker asli Yamaha akan memberikan suspensi yang empuk dan stabil pada NMAX, baik itu nmax versi 2018, NMAX 2020, maupun All New NMAX. Pakai Sokbreker KW mungkin tidak memberikan keseimbangan yang sama antara kenyamanan dan stabilitas.

3. Durabilitas dan Keamanan:

Yamaha Indonesia, menjamin kualitas dan daya tahan produknya. Menggunakan shockbreaker KW dapat mengurangi ground clearance, merusak komponen lain, dan bahkan membahayakan keselamatan pengendara.

Ciri-Ciri Shockbreaker KW dan Bagaimana Cara Mengenalinya

Shockbreaker KW seringkali tampak mirip dengan yang asli. Namun, ada beberapa hal yang dapat dijadikan referensi untuk membedakannya:

  • Kode Part: Setiap shockbreaker asli Yamaha, termasuk untuk Yamaha NMAX, memiliki kode part tertentu yang diberikan oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. Shock KW biasanya memiliki kode yang berbeda atau tidak ada kode sama sekali.
  • Harga: Jika harga terlalu murah dan jauh di bawah harga pasar, ini bisa menjadi indikator bahwa produk tersebut KW. Ingatlah pepatah, “segini harga, segini kualitas”.
  • Kualitas Material: Shockbreaker asli biasanya lebih berat, memiliki finishing yang lebih baik, dan dilengkapi tabung dan setelan preload yang berkualitas.
  • Label dan Branding: Produk KW seringkali memiliki label yang kurang rapi, kesalahan ejaan, atau ketidaksesuaian logo merek.

Dampak Mengganti Ukuran Shock Belakang

Dampak Mengganti Ukuran Shock Belakang

Yamaha NMAX, baik versi lama maupun All New NMAX, telah merajai pasar skuter di Indonesia berkat kombinasi desain, fitur, dan kenyamanannya. Bagian penting dari kenyamanan berkendara adalah shock belakang nmax yang dirancang dengan presisi oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Namun, bagi pecinta modifikasi motor atau mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan berkendara, pertimbangan untuk mengganti ukuran shock belakang sering muncul. Sebelum membuat keputusan, ada baiknya memahami dampak dari perubahan ukuran ini.

1. Kelebihan dan Kekurangan Mengganti Ukuran Yang Lebih Tinggi

Kelebihan:

  • Ground Clearance Lebih Tinggi: Dengan meningkatkan ukuran shock belakang, NMAX Anda akan memiliki ground clearance yang lebih tinggi. Ini memudahkan saat melewati jalan berlubang atau tidak rata.
  • Tampilan Lebih Gambot: Bagi beberapa pengendara, skuter dengan tampilan yang lebih tinggi memberikan kesan lebih maskulin dan gambot.
  • Manuver Lebih Mudah: Meningkatkan ketinggian belakang motor matic ini bisa meningkatkan kemudahan manuver di jalan.

Kekurangan:

  • Stabilitas Berkurang: Kendaraan yang lebih tinggi cenderung kurang stabil, terutama saat berbelok atau pada kecepatan tinggi.
  • Risiko Terjatuh: Dengan ketinggian yang bertambah, pengendara yang lebih pendek mungkin kesulitan mencapai tanah saat berhenti, meningkatkan risiko terjatuh.

2. Kelebihan dan Kekurangan Mengganti Ukuran Yang Lebih Rendah

Kelebihan:

  • Tampilan Lebih Ceper: Bagi pecinta skuter dengan tampilan ceper, mengurangi ukuran shock belakang adalah solusi sempurna. Tampilan ini memberikan kesan lebih sporty.
  • Stabilitas Meningkat: Kendaraan yang lebih rendah memiliki pusat gravitasi yang lebih dekat dengan tanah, meningkatkan stabilitas saat berkendara.

Kekurangan:

  • Ground Clearance Berkurang: Dengan ukuran shock yang lebih pendek, risiko bagian bawah kendaraan tersentuh saat melewati jalan berlubang atau tidak rata menjadi lebih besar.
  • Kenyamanan Berkendara Berkurang: Mengganti shock dengan ukuran yang lebih pendek dapat mengurangi kenyamanan, terutama pada jalan yang tidak rata.

Dalam membuat keputusan untuk mengganti ukuran shock belakang, penting bagi pengendara untuk mempertimbangkan kebutuhan, gaya berkendara, dan tujuan estetika.

Pastikan juga untuk memilih produk berkualitas, seperti sokbreker yamaha atau sok yamaha, untuk memastikan kinerja dan keselamatan optimal. Jika Anda tidak yakin, berkonsultasilah dengan ahli atau referensi tepercaya sebelum membuat perubahan.

© CV Pelita Motorindo. All rights reserved.