Motor matic modern, terutama skuter premium seperti Yamaha NMAX, memiliki konstruksi suspensi yang dirancang khusus untuk mencapai kenyamanan berkendara maksimal.
Salah satu komponen krusial dalam mencapai tujuan ini adalah shock belakang atau yang dikenal dengan istilah “shockbreaker” dalam dunia otomotif.
Shock belakang pada kendaraan bertugas sebagai penyerap kejutan yang disebabkan oleh permukaan jalan yang tidak rata. Shockbreaker pada sepeda motor, khususnya NMAX 155, biasanya dilengkapi dengan tabung berisi minyak khusus yang memungkinkan setelan preload dapat diatur sesuai kebutuhan pengendara.
PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, sebagai pabrikan utama untuk skuter premium ini, secara konsisten melakukan inovasi pada komponen ini. Ini termasuk variasi pada ukuran shock belakang NMAX, terutama antara versi lama (old) dan versi terbaru, All New NMAX.
Ketika berbicara tentang kenyamanan berkendara, ground clearance dan stabilitas kendaraan sangatlah berperan penting. Dengan mengatur preload pada shockbreaker, pengendara dapat menyesuaikan tinggi ground clearance dan tingkat keempukan suspensi.
Sebagai contoh, dengan setelan preload yang lebih tinggi, sepeda motor akan lebih empuk dan nyaman saat melewati jalan berbatu atau berlubang. Sebaliknya, setelan yang lebih rendah akan memberikan stabilitas lebih pada saat berbelok atau saat kecepatan tinggi.
Namun, kenyamanan berkendara tidak hanya tergantung pada setingan preload. Ukuran standar dari shock belakang NMAX, baik itu versi old maupun All New NMAX, dirancang khusus oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing untuk memberikan performa optimal.
Ukuran ini, yang seringkali diukur dalam satuan mm, dan menjadi referensi penting bagi para pengendara yang ingin melakukan modifikasi motor atau sekadar mengganti komponen dengan merek lain.
Dikarenakan shock belakang memainkan peran penting dalam kenyamanan dan performa skuter premium seperti Yamaha NMAX, maka memahami fungsi dan ukuran shockbreaker standar dari pabrikan menjadi esensial bagi para pengendara yang mengutamakan kenyamanan dan keselamatan.
Nmax lama memiliki shock lebih panjang dibandingkan Nmax baru. Nmax lama memiliki panjang sekitar 333 mm sedangkan nmax baru sekitar 310 mm. Berikut tabel perbandingan ukuran dan kode part untuk sokbreker Yamaha NMAX lama dan baru:
Tipe NMAX | Ukuran Shock Belakang | Kode Part |
---|---|---|
Ukuran Shock Belakang Nmax Old / lama | 333 mm | 2 DP 20 kyb |
Ukuran Shock Belakang All New NMAX | 310 mm | b6h00 kyb |
Dengan mengetahui kode part, pengguna dapat memastikan keaslian serta kualitas dari komponen yang mereka beli, memastikan mereka mendapatkan produk yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan.
Berikut adalah daftar harga terbaru shok belakang Yamaha Nmax per bulan September 2023 yang dirangkum dari beberapa platform marketplace :
Nama Produk | Harga | Lokasi | Toko |
---|---|---|---|
Shockbreaker Shock Belakang Yamaha 2DP Hitam Nmax Kualitas Asli Ori | Rp284.050 | Tangerang | LL_Sparepart |
Shockbreaker KTC Apex Nmax Old Original | Rp1.285.000 | Jakarta Barat | Variasimotor 77 |
Asli Doctor! Shock Belakang Shockbreaker Tabung Atas Fungsi Aerox Nmax | Rp580.000 | Jakarta Barat | Intan Motorsport |
Shock Belakang Nouvo Aerox Nmax New Uk-285 Dbs-8686 Z Series Original | Rp395.000 | Jakarta Timur | VIP Racing |
Shockbreaker / Shock Breaker Belakang Set N Max Nmax Original Aspira | Rp386.700 | Kab. Tangerang | Teguh Sanjaya Motor |
Shock Breaker Belakang Yamaha Nmax N-Max N Max Aspira Astra Original | Rp375.000 | Jakarta Timur | Keanu Autoparts |
Shockbreaker Shock Sok Belakang Nmax Old Tabung 2DP-F2210 Isi 2PC Asli | Rp1.400.000 | Jakarta Barat | Lestari Motor 2 |
Shock Belakang/ Shockbreaker Nmax Asli Original Yamaha Per Biji | Rp217.640 | Bogor | Radjawali Motor |
Shock Shockbreaker Belakang Tabung Nmax Old Original Yamaha | Rp678.000 | Tangerang Selatan | Yamaha Ryza-Mst Motor |
Spakbor Belakang Nmax, N Max 2018 Shock Tabung (2DP-10) Asli Yamaha | Rp73.800 | Bekasi | King’S Motor |
Shockbreaker Shock Sok Shok Breaker Belakang Tabung Nmax 155 New VVA | Rp330.000 | Kab. Tangerang | Sparepart Shopline |
Shockbreaker Shock Belakang Nmax Old Original Yamaha | Rp250.000 | Tangerang Selatan | Yamaha Ryza-Mst Motor |
Shock,Breaker, Belakang Nmax, N-Max Tabung 2018 Asli Yamaha | Rp600.000 | Bekasi | King’S Motor |
Shock Shockbreaker Belakang Yss GPlus Yamaha Nmax Size 335mm Original | Rp2.700.000 | Jakarta Utara | M3M Online Shop |
Shock Belakang Tabung Nmax 2018 1PCS Asli Ori Yamaha 2DP-F2210-20 | Rp592.980 | Jakarta Barat | Rezeki Motor 2017 |
Shok Sok Shock Belakang Yamaha Nmax Original | Rp150.000 | Kab. Bogor | Join Motor 2 |
Promo !!!! Shock Breaker Belakang Nmax Tabung, Tahun Muda Original | Rp400.000 | Depok | Lungs Motorshop.id |
Shock Breaker Belakang Motor Yamaha Nmax N Max Federal Astra Original | Rp299.000 | Jakarta Timur | Keanu Autoparts |
Shock Belakang Shockbreaker Belakang Nmax Asli Fukukawa | Rp202.500 | Tangerang | One Stop Motor Parts |
Shock Belakang Yamaha Nmax KYB Kayaba Zeto . Shockbreaker Original . | Rp850.000 | Bekasi | BOS Motor |
Shock Breker Sok Belakang Nmax Tabung 2019 Asli YGP 2DP -F2210-20 1PCS | Rp592.888 | Kab. Tangerang | Pimp Motoshop |
Shockbreaker Belakang Nmax Old Pcx 150 Shock Dbs-7711 GPlus Original | Rp595.000 | Jakarta Timur | VIP Racing |
Shockbreaker Shock Breaker Belakang 2DP Nmax N Max Original Yamaha | Rp223.900 | Kab. Tangerang | Teguh Sanjaya Motor |
Shock Breaker Belakang Nmax N Max 2DP-F2210-20 Asli YGP | Rp652.000 | Jakarta Barat | Hokinawamotor |
@Faizzproject
Bagi pecinta skuter seperti Yamaha NMAX 155, memilih komponen berkualitas asli, khususnya untuk sokbreker nmax, adalah prioritas utama. Mengingat Yamaha NMAX telah menjadi salah satu skuter paling populer, tidak mengherankan jika ada banyak produk KW (kloningan) yang beredar di pasar.
Yamaha Indonesia, sebagai produsen, memiliki standar tertentu yang harus dipenuhi oleh setiap komponen. Shockbreaker asli dirancang untuk memberikan kinerja dan keamanan optimal pada Yamaha NMAX.
Pakai Shockbreaker asli Yamaha akan memberikan suspensi yang empuk dan stabil pada NMAX, baik itu nmax versi 2018, NMAX 2020, maupun All New NMAX. Pakai Sokbreker KW mungkin tidak memberikan keseimbangan yang sama antara kenyamanan dan stabilitas.
Yamaha Indonesia, menjamin kualitas dan daya tahan produknya. Menggunakan shockbreaker KW dapat mengurangi ground clearance, merusak komponen lain, dan bahkan membahayakan keselamatan pengendara.
Shockbreaker KW seringkali tampak mirip dengan yang asli. Namun, ada beberapa hal yang dapat dijadikan referensi untuk membedakannya:
Yamaha NMAX, baik versi lama maupun All New NMAX, telah merajai pasar skuter di Indonesia berkat kombinasi desain, fitur, dan kenyamanannya. Bagian penting dari kenyamanan berkendara adalah shock belakang nmax yang dirancang dengan presisi oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.
Namun, bagi pecinta modifikasi motor atau mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan berkendara, pertimbangan untuk mengganti ukuran shock belakang sering muncul. Sebelum membuat keputusan, ada baiknya memahami dampak dari perubahan ukuran ini.
Kelebihan:
Kekurangan:
Kelebihan:
Kekurangan:
Dalam membuat keputusan untuk mengganti ukuran shock belakang, penting bagi pengendara untuk mempertimbangkan kebutuhan, gaya berkendara, dan tujuan estetika.
Pastikan juga untuk memilih produk berkualitas, seperti sokbreker yamaha atau sok yamaha, untuk memastikan kinerja dan keselamatan optimal. Jika Anda tidak yakin, berkonsultasilah dengan ahli atau referensi tepercaya sebelum membuat perubahan.