Kendalikan Sepeda Motor Anda: Menyetel Rantai Motor dengan Mudah dan Cepat

Menyetel Rantai Motor


Ketika Anda memiliki kendaraan bermotor, memahami cara menyetel rantai motor sendiri di rumah adalah kemampuan penting yang dapat menghemat waktu dan biaya bengkel. 

Meski terlihat rumit, penyetelan rantai motor sebenarnya adalah proses sederhana yang bisa dilakukan oleh siapa saja dengan pengetahuan dasar tentang mekanik sepeda motor.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci cara mudah menyetel rantai motor khususnya motor bebek manual Anda.

Mengapa Menyetel Rantai Motor Penting?

Memiliki pemahaman yang baik tentang penyetelan rantai motor sangat penting, tidak hanya untuk kinerja sepeda motor Anda , tetapi juga untuk keselamatan berkendara. 

Dengan menyetel rantai motor dengan benar, Anda dapat meningkatkan efisiensi mesin, meredam kebisingan, dan bahkan memperpanjang umur mesin. Berikut adalah beberapa alasan mengapa penyetelan rantai motor sangat penting.

Dampak Rantai Motor yang Terlalu Kencang atau Terlalu Longgar

  1. Rantai Motor yang Terlalu Kencang
    Rantai motor yang terlalu kencang bisa membebani berbagai komponen motor, termasuk gigi transmisi dan poros output mesin. Hal ini dapat mengakibatkan peningkatan keausan pada rantai dan sprocket, menurunkan umur mesin. Kekencangan rantai sepeda motor idealnya berada di kisaran 2-3 cm ketika ditekan dengan tangan. Selain itu, rantai yang terlalu kencang juga bisa membuat motor berjalan lebih berat, dan akan berdampak negatif pada efisiensi bahan bakar.
  2. Rantai Motor yang Terlalu Longgar
    Di sisi lain, rantai motor yang terlalu longgar juga memiliki potensi bahaya. Rantai yang longgar bisa melompat dari gigi sprocket atau bahkan putus saat berkendara yang dapat menyebabkan kecelakaan. Selain itu, rantai yang longgar dapat menghasilkan kebisingan yang tidak perlu dan juga menimbulkan getaran berlebih pada sepeda motor Anda.

Mengenal Baut dan As Roda dalam Setelan Rantai

Untuk dapat menemukan setelan rantai motor secara efektif, sangat penting bagi kita untuk memahami peran serta fungsi dari baut dan as roda. Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai kedua komponen tersebut.

1. Baut Penyetel

Baut penyetel berperan penting dalam proses penyetelan rantai sepeda motor. Baut ini berfungsi untuk mengatur kencang atau kendurnya rantai melalui proses pengenduran dan pengencangan. Baut ini biasanya terletak di ujung swing arm roda motor dan mudah diidentifikasi.

Mengendurkan baut penyetel memungkinkan roda belakang untuk bergerak maju dan mundur, memungkinkan Anda untuk menyesuaikan ketegangan rantai. Sebaliknya, mengencangkan baut penyetel akan memastikan bahwa roda dan rantai tetap dalam posisi setelah penyetelan.

2. As Roda

As roda, juga dikenal sebagai sumbu roda, adalah komponen penting lainnya yang berperan dalam penyetelan rantai. As roda adalah batang logam yang melewati tengah roda dan memungkinkan roda untuk berputar. As roda juga berfungsi sebagai titik penyetelan untuk rantai.

Mundurkan as roda untuk membuat rantai menjadi lebih kencang, atau majukan as roda untuk mengendurkan rantai. Penting untuk memastikan bahwa as roda tetap sejajar dengan roda depan selama proses penyetelan untuk mencegah masalah dengan handling dan kestabilan sepeda motor.

Cara Mudah Menyetel Rantai Motor Anda?

Cara Mudah Menyetel Rantai Motor Anda

Berikut adalah langkah-langkah untuk menyetel rantai motor Anda:

1. Siapkan Alat dan Posisikan Motor Anda

  • Siapkan alat: Anda akan membutuhkan kunci pas dengan ukuran yang sesuai untuk mengendurkan dan mengencangkan mur dan baut di sepeda motor Anda. Kunci ring juga bisa digunakan.
  • Posisikan motor Anda: Tempatkan sepeda motor Anda pada standar tengah agar motor stabil. Pastikan posisi ban roda belakang terangkat dari tanah.

2. Cek Kondisi Rantai dan Melakukan Pembersihan

Cek kondisi rantai dan lakukan pembersihan rantai kotoran atau oli yang menempel. Lakukan juga pelumasan rantai sesuai dengan manual sepeda motor Anda.

3. Proses Penyetelan Rantai

Melakukan penyetelan rantai merupakan bagian penting dalam perawatan rutin sepeda motor Anda. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

3.1. Mengendurkan Baut

Langkah pertama dalam proses penyetelan rantai adalah dengan mengendurkan baut penyetel yang terletak di ujung swing arm roda motor. Gunakan kunci pas atau kunci ring dengan ukuran yang sesuai untuk melakukan hal ini.

Putar baut penyetel ke arah berlawanan jarum jam untuk mengendurkannya. Jangan mengendurkan baut terlalu banyak, cukup sampai roda belakang bisa bergerak maju dan mundur dengan bebas.

3.2. Mundurkan Roda

Setelah baut penyetel sudah dikendurkan, langkah berikutnya adalah mengatur posisi roda belakang. Untuk mengencangkan rantai, mundurkan roda belakang sedikit.

Sebaliknya, majukan roda jika Anda ingin membuat rantai menjadi lebih kendur. Anda perlu memastikan bahwa roda belakang tetap sejajar dengan roda depan saat melakukan penyetelan ini.

3.3. Menyetel Rantai

Saat posisi roda sudah sesuai, Anda bisa memulai proses penyetelan rantai. Kencangkan kembali baut penyetel dengan memutar ke arah searah jarum jam. Saat melakukan penyetelan ini, pastikan rantai tidak terlalu kencang atau terlalu kendur. 

Rantai yang terlalu kencang dapat mempersingkat umur rantai dan sprocket, sementara rantai yang terlalu kendur bisa berisiko terlepas saat motor bergerak.

3.4. Putar Roda

Setelah rantai disetel, putar roda untuk memastikan rantai bergerak dengan lancar dan tidak terlalu kencang atau kendur. Jika roda bergerak dengan lancar dan tidak ada suara berisik dari rantai, maka penyetelan rantai telah berhasil dilakukan.

Tips Tambahan Untuk Menyetel Rantai Motor Anda

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam menyetel rantai sepeda motor:

  • Cek kondisi rantai secara berkala dan pastikan tidak ada link yang terlepas atau rantai yang putus.
  • Gunakan pelumas rantai secara berkala untuk memperpanjang umur rantai.
  • Jika rantai terlalu kendur atau terlalu kencang setelah melakukan penyetelan, mungkin sudah waktunya untuk penggantian rantai.

Mengendalikan sepeda motor Anda dimulai dengan memahami bagaimana setiap komponen bekerja dan bagaimana merawatnya.

Dengan pengetahuan ini, Anda bisa memastikan bahwa sepeda motor Anda selalu dalam kondisi terbaik dan siap untuk melaju di jalan.

Tanya Jawab

Bagaimana cara menyetel rantai motor dengan benar?

Menyetel rantai motor sebaiknya dilakukan sesuai dengan standar pabrikan, yaitu dengan ketegangan rantai antara 2 sampai 3 sentimeter. Ini bisa diukur dengan menggunakan alat ukur yang tepat.

Apa saja dampak dari ketegangan rantai motor yang tidak sesuai?

Ketegangan rantai motor yang tidak sesuai dapat mempengaruhi kondisi gear, rantai, performa kendaraan, dan konsumsi bahan bakar.

Apa saja peralatan yang diperlukan untuk mengencangkan rantai motor kendur?

Anda membutuhkan kunci pas dan kunci ring dengan ukuran sesuai dengan ukuran mur as roda dan mur adjuster dari rantai motor Anda. Biasanya, ukuran mur as roda adalah 17 dan ukuran mur adjuster adalah 12.

Apa penyebab rantai motor cepat kendur?

Rantai motor bisa cepat kendur karena beberapa alasan, seperti usia rantai yang sudah tua, pemakaian yang berlebihan, atau kurangnya perawatan dan penyetelan secara rutin.

Bagaimana cara mengecek kelonggaran rantai motor?

Kelonggaran rantai motor bisa diperiksa dengan cara meraba rantai. Jika rantai terasa terlalu kendur atau terlalu kencang, mungkin diperlukan penyetelan.

Apakah ada cara spesifik dalam merawat rantai motor?

Rantai motor harus dibersihkan dan dilumasi secara rutin, serta disetel sesuai petunjuk produsen. Pastikan untuk selalu memeriksa kelonggaran dan kekencangan rantai.

Apa saja penyebab rantai motor cepat kendur?

Beberapa penyebab rantai motor cepat kendur antara lain: medan jalan yang tidak rata dan bergelombang, kotoran pada rantai, dan kelebihan muatan.

Kapan sebaiknya rantai motor diganti? 

Jika rantai sudah tidak bisa dilakukan penyetelan berarti sudah saatnya diganti. Namun, sebaiknya berkonsultasi dengan mekanik profesional untuk memastikan.

© CV Pelita Motorindo. All rights reserved.