Master Rem
Master rem motor adalah komponen utama dalam sistem rem cakram pada sepeda motor yang berfungsi sebagai tempat cairan rem (brake fluid) dan meneruskan tekanan yang diberikan oleh pengendara dari tuas rem ke kaliper rem. Master rem motor juga dikenal dengan nama master silinder. Komponen ini merupakan bagian dari sistem rem hidrolik yang memanfaatkan tekanan oli atau cairan hidrolik dalam proses kerjanya.
Master rem motor terdiri dari silinder yang di dalamnya terdapat piston. Piston ini akan bergerak maju mundur saat tuas rem ditarik atau dilepas. Gerakan piston ini mendorong cairan rem ke kaliper untuk menekan piringan rem sehingga motor melambat atau berhenti.
Fungsi Master Rem Silinder
Master silinder motor memiliki beberapa fungsi penting dalam sistem pengereman, diantaranya:
- Meneruskan tekanan dari pengendara
Ketika tuas rem ditarik, tekanan akan diteruskan oleh master silinder ke selang rem menuju kaliper rem. - Menyimpan cairan rem
Master silinder berfungsi sebagai tangki penyimpanan cairan rem hidrolik. Cairan ini penting untuk meneruskan tekanan rem. - Mengatur tekanan rem
Master silinder akan mengatur besarnya tekanan rem sesuai dengan kuat lemahnya penarikan tuas rem oleh pengendara. Semakin kuat ditarik, tekanan yang diberikan akan semakin besar. - Mencegah kebocoran
Master silinder dilengkapi seal karet untuk mencegah kebocoran cairan rem keluar dari sistem. Seal ini penting untuk menjaga tekanan rem tetap optimal. - Menambah gaya pengereman
Master silinder bekerja dengan memanfaatkan prinsip hukum Pascal, yaitu memberikan gaya pengereman yang lebih besar dibandingkan gaya yang diberikan pengendara pada tuas rem.
Cara Kerja Master Silinder Rem Sepeda Motor
Berikut adalah cara kerja Master silinder motor:
- Pengendara menarik tuas rem
Ketika tuas rem ditarik, tekanan akan diteruskan ke piston atau torak di dalam silinder master rem. - Torak bergerak mendorong cairan rem
Torak akan bergerak maju mendorong cairan rem di dalam silinder menuju selang rem. - Cairan rem mengalir ke kaliper
Didorong Torak, cairan rem akan mengalir melalui selang menuju kaliper rem. - Cairan rem mendorong Torak kaliper
Cairan rem yang masuk ke kaliper akan mendorong Torak kaliper untuk menjepit piringan rem. - Piringan rem terjepit dan motor melambat
Ketika piringan rem terjepit oleh Torak kaliper, putaran poros akan terhambat dan motor melambat atau berhenti. - Pegas kembalikan tuas rem
Setelah tuas rem dilepas, pegas akan mengembalikan posisi tuas rem dan Torak master silinder seperti semula. Cairan rem yang tertekan juga akan kembali.
Dengan demikian, tekanan dari pengendara dapat diteruskan oleh master silinder untuk menghasilkan gaya pengereman pada motor.
Jenis Master Rem Motor
Secara umum, terdapat dua jenis master silinder rem motor, yaitu:
1. Master Rem Aksial (Axial)
Master rem aksial adalah jenis master rem pada sepeda motor di mana posisi piston di dalam silinder master rem tidak searah dengan arah gerakan tuas rem. Pada master rem jenis ini, piston akan bergerak tegak lurus terhadap arah gerakan tuas rem.
Kelebihan Master Rem Aksial :
- Konstruksi sederhana dan mudah perawatannya
- Harga relatif lebih murah dibanding master rem radial
- Cocok untuk motor berkapasitas kecil hingga menengah (<250cc)
- Umumnya tahan lama karena beban tekanan yang diterima lebih kecil
Kekurangan Master Rem Aksial:
- Responsifitasnya kurang baik dibanding master rem radial
- Performa pengereman kurang optimal untuk motor besar/sport
- Tidak mampu menghasilkan tekanan hidrolik yang tinggi
- Lebih rentan bocor karena desain piston dan silinder sederhana
2. Master Rem Radial
Master rem radial adalah jenis master rem pada sepeda motor di mana posisi piston di dalam silinder master rem searah dengan arah gerakan tuas rem. Pada master rem jenis ini, piston akan bergerak maju mundur sejajar dengan arah gerakan tuas rem saat ditarik.
Kelebihan Master Rem Radial:
- Responsifitas pengereman lebih baik karena gerakan piston searah dengan tuas rem.
- Performa pengereman lebih optimal untuk motor besar atau motor sport.
- Mampu menghasilkan tekanan hidrolik yang tinggi.
- Desain piston dan silinder lebih presisi sehingga kurang rentan bocor.
Kekurangan Master Rem Radial:
- Harga lebih mahal dibandingkan master rem aksial.
- Konstruksi lebih rumit dan sulit perawatannya.
- Umumnya hanya digunakan pada motor berkapasitas besar.
3. Perbedaan Master Silinder Radial dan Axial
Berikut adalah tabel perbandingan antara master rem radial dan axial:
Kriteria | Master Rem Radial | Master Rem Axial |
---|---|---|
Pengertian | Posisi piston searah dengan arah gerakan tuas rem | Posisi piston tegak lurus dengan arah gerakan tuas rem |
Digunakan pada | Motor berkapasitas besar, motor sport | Motor berkapasitas kecil hingga menengah |
Responsifitas | Lebih responsif karena gerakan piston searah dengan tuas rem | Kurang responsif karena piston tegak lurus tuas rem |
Performa | Pengereman lebih optimal untuk motor besar/sport | Pengereman kurang optimal untuk motor besar |
Tekanan hidrolik | Mampu menghasilkan tekanan hidrolik tinggi | Tidak mampu menghasilkan tekanan hidrolik tinggi |
Harga | Lebih mahal | Lebih murah |
Perawatan | Lebih sulit | Lebih mudah |
Baca Juga :
Komponen Master Rem Motor
Adapun komponen-komponen utama pada master rem motor meliputi:
- Reservoir tank: berfungsi untuk menampung cairan rem cadangan
- Tutup reservoir (cap): untuk menutup rapat reservoir tank
- Diaphragm: berbahan karet untuk mencegah cairan rem terkontaminasi
- Sensor ketinggian cairan rem
- Master cylinder body: rumah bagi komponen master rem lainnya
- Piston primer dan sekunder
- Seal piston: mencegah kebocoran cairan rem
- Pegas pengembali piston
- Lubang inlet: tempat masuknya cairan rem dari reservoir
- Lubang outlet: tempat keluarnya cairan rem bertekanan menuju kaliper rem
Daftar Harga Master Rem Motor Terbaru Desember 2023
Harga master silinder rata-rata dijual dengan kisaran harga Rp53.000 – Rp1.930.000 per biji, tergantung merek, jenis kendaraan, lokasi dan toko. Pastikan menggunakan master silinder yang sesuai dengan spesifikasi agar motor anda selalu prima.
Berikut adalah daftar harga terbaru master silinder Desember 2023 yang dirangkum dari platform toko online :
Nama Produk | Harga | Lokasi | Toko |
---|---|---|---|
Karet Seal Central Master Rem Bm Cup Kit Kijang Grand 7k 15/16 | Rp15.000 | Jakarta Pusat | Victory AutoPart |
Tabung Minyak Master Rem Big Smoke Thailand | Rp22.999 | Jakarta Barat | gudang variasi mtr |
Bm Cup Karet Seal Kit Central Master Rem Atas Isuzu Panther Original | Rp23.000 | Jakarta Utara | Indo Auto Part |
Master Rem No Name Kiri Kanan Tabung Smoke Universal Beat Vario Mio | Rp40.000 | Jakarta Barat | SiriusAccessories |
Tabung Minyak Rem Ktc Racing Small Smoke – Tabung Master Rem Ktc Racin | Rp40.000 | Jakarta Barat | Lucky Guys |
Master Rem Atas Depan Supra Fit New Karisma Supra X 125 | Rp48.500 | Jakarta Barat | Naga Sakti Motor |
Master Rem Atas Assy Mio Sporty-Mio Soul-Jupiter Mx – Fino +Handle 5TL | Rp49.000 | Kab. Tangerang | HMS RACING |
Master Rem Assy Beat Karbu Vario Lama Scoopy Supra X 125 Supra Fit New | Rp53.000 | Jakarta Barat | SNS OUTLET |
Master Rem Atas Set Yamaha Vixion Old/New R15 Scorpio Rx King Byson | Rp55.000 | Jakarta Barat | SNS OUTLET |
Master Rem No Name Plus Tabung Big Smoke Murah | Rp55.000 | Jakarta Barat | gudang variasi mtr |
Master Rem Kanan No Name Plus Tabung Big Smoke Ribben | Rp56.500 | Tangerang | IRON HOUSE |
Rumah Minyak Rem Master Rem Disk Atas Assy Smash-Shogun Berkualitas | Rp51.500 | Jakarta Barat | DSP Motor |
Wheel Cylinder Master Blok Rem Belakang Suzuki Futura T120SS Japan – Kanan Rh | Rp60.000 | Jakarta Barat | SINAR AUTO PARTS ID |
Master Rem Atas Assy Honda Supra Revo 100 Karisma Supra X 125 Lama | Rp60.000 | Jakarta Barat | darrel_sparepart |
Handle Master Rem Kanan Domino Model Rcb Universal Vario Beat Rx King | Rp65.000 | Jakarta Barat | fc_storee |
Master Rem Set Kanan Kiri Brembo Kotak Universal Semua Motor | Rp70.000 | Jakarta Utara | ShineSanz Olshop |
Handle Master Rem Brembo Tabung Oval Copy Rcb Handle Rem Rcb 1 Set | Rp73.999 | Jakarta Utara | ShineSanz Olshop |
Brake Master Kit – Bm Kit – Kit Master Rem Atas Kijang 7K | Rp75.000 | Jakarta Pusat | TIGER AUTOMOTIVE PARTS |
Brake Master Kit – Bm Kit – Kit Master Rem Atas Apv | Rp75.000 | Jakarta Pusat | TIGER AUTOMOTIVE PARTS |
Master Rem Tabung Oval Model Rcb Universal Supra Mio Vario Beat Dll | Rp82.500 | Jakarta Barat | gudang variasi mtr |
Handle Only Kanan Rcb Master Rem E2 Oval E3 Kotak | Rp200.000 | Jakarta Selatan | Mulya motor sport |
Master Rem Ktc Racing New Produk Tipe Trex | Rp375.000 | Jakarta Barat | v2i shop |
Master Rem Ktc Tabung Oval Zen Series Universal Motor | Rp525.000 | Jakarta Barat | Borobudur Sport |
Master Rem Ktc Racing Tabung Oval Full Cnc 14Mm Beat -Vario Mio Scopy | Rp485.000 | Jakarta Barat | ACN-SHOP |
Master Rem Rcb E3 Set Kopling Cbr Gsx Ninja R15 R25 Rxk Vixion Mxking | Rp599.000 | Jakarta Barat | Lestari Motor 2 |
Master Rem Rcb E2 Set Kiri Kanan Aerox Lexi Vario 125 150 Beat Mio Dll | Rp644.000 | Jakarta Barat | Lestari Motor 2 |
Master Rem Set Kiri Kanan Rcb E3 Kotak Nmax Pcx Adv Xmax Original | Rp680.000 | Jakarta Barat | Lestari Motor 2 |
Master Rem Radial Rcb S1 Kanan 14Mm | Rp895.000 | Jakarta Barat | HENG MOTOR |
Master Rem Radial Rcb S1 17 Mm Forged Kanan Titanium | Rp1.191.000 | Jakarta Barat | Aurora Racing Shop |
Master Rem Radial Set Kopling Rpd 17Mm Ninja R15 Vixion Gsx Mt Cbr Dll | Rp1.300.000 | Jakarta Barat | Lestari Motor 2 |
Master Rem Rcb S1 14 Mm Radial & Handle S1 Kopling / Rem Silver | Rp1.570.000 | Jakarta Barat | Aurora Racing Shop |
New 2023 Master Rem Ktc Motor Nmax Pcx Adv Xmax Full Cnc | Rp1.580.000 | Jakarta Barat | RMS-88 |
Master Rem Cnc Up110 V2 17Mm Ktc Kytaco Original Master Rem Up 110 V2 | Rp1.598.500 | Jakarta Barat | Jt speed shop |
Master Rem Rcb Paket S1 14Mm Dan Cable Type S1 Silver | Rp1.510.000 | Kab. Bekasi | Obelyxspeedshop |
Master Rem Kiri Kanan Rcb S1 Radial Hitam Nmax Pcx Xmax Adv | Rp1.930.000 | Jakarta Barat | Lestari Motor 2 |
Masalah Umum Pada Master Rem Motor
Beberapa masalah yang sering terjadi pada master rem kendaraan bermotor antara lain:
- Rem blong / rem macet
Biasanya disebabkan oleh kebocoran pada seal master rem atau kerusakan pada piston. - Rem bocor
Bisa jadi disebabkan rumah master rem retak, tuas rem bocor, atau selang rem tidak terpasang dengan benar. - Rem ngambang
Gejala ini biasanya karena adanya udara di dalam sistem rem. Perlu dilakukan bleeding rem untuk mengeluarkan udara. - Rem keras / sulit ditarik
Kemungkinan besar karena kampas rem aus, atau ada masalah pada mekanisme tuas dan piston master rem. - Cairan rem berkurang
Bisa jadi ada kebocoran pada sistem rem atau penggantian cairan rem yang tidak tepat. Isi ulang cairan rem sesuai standar. - Suara decit saat pengereman
Umumnya indikasi kampas rem sudah aus dan perlu segera diganti. Bisa juga karena cairan rem kotor.
Jika mengalami masalah pada master rem, sebaiknya tidak melakukan perbaikan sendiri. Serahkan saja pada bengkel resmi agar mendapat perbaikan yang tepat dan aman.