Kampas Ganda
Kampas ganda motor adalah suatu komponen pada sistem transmisi sepeda motor otomatis yang berfungsi sebagai kopling atau penghubung daya dari mesin ke roda belakang. Kampas ganda ini juga sering disebut dengan istilah kopling sentrifugal atau kopling otomatis.
Kampas kopling otomatis ini terdiri dari dua keping kampas yang dipasang berhadapan pada poros output mesin. Kedua kampas ini akan melekat dan berputar bersama saat putaran mesin mencapai rpm tertentu, sehingga tenaga dari mesin dapat ditransmisikan ke roda belakang melalui rantai dan roda gigi.
Pada kondisi mesin stasioner atau putaran rendah, kedua kampas tidak saling melekat sehingga putaran mesin tidak langsung diteruskan ke roda. Hal ini memungkinkan mesin tetap hidup tanpa membuat motor bergerak maju saat dalam kondisi diam.
Fungsi Kampas Ganda Motor Matic
Kampas ganda pada motor otomatis memiliki beberapa fungsi penting, antara lain:
- Menghubungkan dan memutuskan daya dari mesin ke roda belakang secara otomatis. Kampas akan melekat saat putaran mesin mencapai rpm tertentu dan memutus saat putaran rendah.
- Memungkinkan mesin tetap hidup tanpa membuat motor melaju saat kondisi diam. Misalnya saat lampu lalu lintas merah atau kendaraan dalam kondisi berhenti.
- Mengurangi beban mesin saat start awal dan putaran rendah. Kampas yang tidak melekat akan meminimalkan torsi yang diteruskan ke roda.
- Meredam getaran mesin saat idle. Kampas yang tidak melekat akan mengurangi transfer getaran dari mesin ke roda.
- Memperhalus penyambungan daya saat kampas mulai melekat. Tidak ada sentakan yang terasa saat motor mulai bergerak.
Dengan fungsi-fungsi tersebut, kampas kopling otomatis sangat penting untuk kenyamanan berkendara sepeda motor otomatis. Performa motor juga lebih optimal dengan adanya kampas kopling otomatis ini.
Cara Kerja Kampas Ganda CVT Motor
Kampas ganda bekerja secara otomatis berdasarkan gaya sentrifugal. Berikut cara kerja kampas ganda pada cvt motor matic :
- Pada kondisi stasioner atau putaran mesin rendah, kedua sisi kampas tidak saling melekat akibat tekanan pegas.
- Saat putaran mesin mulai naik dan mencapai rpm tertentu, gaya sentrifugal akan mendesak kampas bagian dalam ke arah kampas bagian luar.
- Gesekan antar permukaan kampas akan membuat keduanya melekat dan berputar bersama. Daya mesin mulai diteruskan ke roda belakang.
- Saat putaran mesin kembali turun di bawah nilai rpm tertentu, gaya pegas akan menarik kembali kampas bagian dalam sehingga kedua kampas terlepas.
- Proses melekat dan terlepasnya kampas secara otomatis ini yang memungkinkan mesin tetap hidup tanpa membuat motor melaju saat idle.
Gaya pegas dan berat kampas bagian dalam dapat diatur sesuai kebutuhan untuk menentukan rpm saat kampas mulai melekat. Semakin ringan kampas dan kencang pegasnya, rpm lekatnya semakin tinggi.
Komponen Kampas Ganda Motor Matik
Secara umum, kampas ganda pada motor matic terdiri dari dua bagian, yaitu:
1. Kampas Ganda Primer
Terletak pada poros engkol mesin. Berbentuk seperti sepatu rem tromol yang akan melebar ke arah luar saat putaran mesin tinggi. Kampas primer inilah yang akan menempel pada rumah kopling untuk menghubungkan putaran poros engkol ke poros output.
2. Kampas Ganda Sekunder
Terletak di sisi luar poros output. Berfungsi sebagai penahan kampas primer agar tidak terlepas saat putaran tinggi.
Daftar Harga Kampas Kopling Ganda Komplit Terbaru Desember 2023
Harga kampas ganda di pasaran cukup terjangkau, berkisar antara Rp65.000 – Rp193.000 per item, tergantung merek, jenis selang, lokasi dan toko. Pastikan menggunakan kampas ganda yang sesuai dengan spesifikasi agar motor anda selalu prima. Berikut adalah daftar harga terbaru kampas kopling ganda Desember 2023 yang dirangkum dari platform toko online.
Nama Produk | Harga | Lokasi | Toko |
---|---|---|---|
Original Kampas Ganda 5TL,Motor Yamaha,Mio Sporty,Mio Smile,Mio Soul. | Rp65.000 | Bekasi | Agifa Part |
Kampas Kanvas Ganda Kopling Yamaha Mio J Soul Gt Xride Fino Fi 54P | Rp80.000 | Jakarta Timur | APS_PART |
Kampas Kopling Ganda Merk Yamaha Tipe Mio M3 | Rp91.750 | Jakarta Barat | Kaget Part |
Jual Kampas Ganda Yamaha Mio M3 Mio Soul Gtfino 125 Ori YGP | Rp95.000 | Jakarta Barat | SUBUH_AUTOPARTS |
Kampas Kopling Ganda Komplit Merk Yamaha Tipe Mio | Rp105.500 | Jakarta Barat | Kaget Part |
Kampas Ganda Otomatis Kopling Nmax Old Yamaha N Max Daytona 4634 | Rp179.999 | Bandung | Ledeng Motor Bandung |
Kampas Ganda Kopling Otomatis Yamaha Nmax Asli YGP 2DP-WE662-00 | Rp185.000 | Jakarta Selatan | Anugerah Lenteng |
Kampas Ganda / Kopling Satuan Yamaha Nmax 155 Original | Rp193.500 | Kab. Bandung | Yamaha Gerbang Cahaya |
Original AHM Kampas Ganda Only Otomatis Honda Beat Scoopy Karbu KVY | Rp138.600 | Kota Bekasi | Tokolaku Multi Store |
Kampas Ganda Beat Pop Beat Fi Esp Stater Alus Kode K44 Original Honda | Rp155.000 | Jakarta Barat | Lestari Motor 2 |
Perbedaan Kampas Kopling dan Kampas Ganda
Perbedaan utamanya adalah kampas kopling berfungsi untuk kopling pada kendaraan manual, sedangkan kampas ganda berfungsi sebagai kopling otomatis pada kendaraan matic. Kampas kopling menggunakan gesekan, sedangkan kampas ganda memanfaatkan gaya sentrifugal.
Berikut adalah tabel perbandingannya :
Perbandingan | Kampas Kopling | Kampas Ganda |
---|---|---|
Fungsi | Menghubungkan dan memutuskan tenaga mesin dengan transmisi | Meredam getaran dan menyalurkan tenaga mesin ke roda |
Letak | Di dalam rumah kopling | Di dalam rumah CVT motor matic |
Cara Kerja | Gesekan antara plat kopling dan flywheel | Memanfaatkan gaya sentrifugal |
Digunakan pada | Kendaraan transmisi manual | Kendaraan transmisi otomatis (matic) |
Umur Pakai | Lebih cepat aus karena pemakaian yang lebih sering | Lebih tahan lama karena pemakaian tidak sesering kampas kopling |
Perawatan | Sering dilakukan penyetelan/penggantian | Jarang dilakukan penyetelan/penggantian |
Harga Suku Cadang | Lebih mahal | Lebih murah |
Gejala Kampas Ganda Motor Matic Mulai Habis
Kampas kopling otomatis memiliki umur pakai tertentu. Biasanya bisa bertahan hingga 24.000 – 35.000 km tergantung kondisi kendaraan dan cara mengemudi. Beberapa gejala Kampas kopling otomatis mulai aus dan perlu diganti adalah:
- Motor susah diajak akselerasi, terutama saat melaju di tanjakan.
- Sering terjadi selip saat akselerasi yang menimbulkan bunyi mesin meninggi tapi kecepatan tidak bertambah.
- Timbul getaran halus saat melaju dengan kecepatan rendah, terutama saat melewati tanjakan.
- Motor kehilangan tenaga saat digas.
- Muncul bunyi gredek saat akselerasi karena gesekan logam antara kampas dan rumah kopling.
- Kampas kopling otomatis terlihat tipis dan aus saat diperiksa secara visual.
Jika menemukan tanda-tanda tersebut, sebaiknya segera lakukan penggantian Kampas kopling otomatis sebelum kerusakan menjadi lebih parah. Gunakan Kampas kopling otomatis dengan kualitas bagus dan sesuai standar pabrik.
Perawatan Berkala Kopling Sentrifugal
Agar kopling sentrifugal motor matic awet dan performa optimal, lakukan perawatan berkala secara rutin:
- Rutin bersihkan bagian CVT dari debu dan kotoran. Pastikan CVT selalu dalam kondisi kering.
- Hindari oli atau gemuk menempel di CVT yang dapat membuat kopling sentrifugal licin.
- Lakukan pengecekan ketebalan kopling sentrifugal secara berkala. Ganti jika sudah di bawah spesifikasi.
- Hindari akselerasi mendadak yang bisa membuat kopling sentrifugal cepat aus.
- Jangan gunakan kopling sentrifugal berbahan keras seperti full metal jika tidak ingin sering ganti kampas.
- Gunakan oli transmisi dan oli mesin sesuai standar pabrik.
- Servis berkala sesuai jadwal agar kondisi motor terjaga.
Dengan perawatan yang baik, umur pakai kopling sentrifugal bisa lebih lama hingga 30.000 km atau lebih. Performa motor matic juga akan terjaga optimal.