Tag: K

Kampas Ganda

Kampas kopling otomatis ini terdiri dari dua keping kampas yang dipasang berhadapan pada poros output mesin. Kedua kampas ini akan melekat dan berputar bersama saat putaran mesin mencapai rpm tertentu, sehingga tenaga dari mesin dapat ditransmisikan ke roda belakang melalui rantai dan roda gigi.

Pada kondisi mesin stasioner atau putaran rendah, kedua kampas tidak saling melekat sehingga putaran mesin tidak langsung diteruskan ke roda. Hal ini memungkinkan mesin tetap hidup tanpa membuat motor bergerak maju saat dalam kondisi diam.

Fungsi Kampas Ganda Motor Matic

Kampas ganda pada motor otomatis memiliki beberapa fungsi penting, antara lain:

  • Menghubungkan dan memutuskan daya dari mesin ke roda belakang secara otomatis. Kampas akan melekat saat putaran mesin mencapai rpm tertentu dan memutus saat putaran rendah.
  • Memungkinkan mesin tetap hidup tanpa membuat motor melaju saat kondisi diam. Misalnya saat lampu lalu lintas merah atau kendaraan dalam kondisi berhenti.
  • Mengurangi beban mesin saat start awal dan putaran rendah. Kampas yang tidak melekat akan meminimalkan torsi yang diteruskan ke roda.
  • Meredam getaran mesin saat idle. Kampas yang tidak melekat akan mengurangi transfer getaran dari mesin ke roda.
  • Memperhalus penyambungan daya saat kampas mulai melekat. Tidak ada sentakan yang terasa saat motor mulai bergerak.

Dengan fungsi-fungsi tersebut, kampas kopling otomatis sangat penting untuk kenyamanan berkendara sepeda motor otomatis. Performa motor juga lebih optimal dengan adanya kampas kopling otomatis ini.

Cara Kerja Kampas Ganda CVT Motor

  • Pada kondisi stasioner atau putaran mesin rendah, kedua sisi kampas tidak saling melekat akibat tekanan pegas.
  • Saat putaran mesin mulai naik dan mencapai rpm tertentu, gaya sentrifugal akan mendesak kampas bagian dalam ke arah kampas bagian luar.
  • Gesekan antar permukaan kampas akan membuat keduanya melekat dan berputar bersama. Daya mesin mulai diteruskan ke roda belakang.
  • Saat putaran mesin kembali turun di bawah nilai rpm tertentu, gaya pegas akan menarik kembali kampas bagian dalam sehingga kedua kampas terlepas.
  • Proses melekat dan terlepasnya kampas secara otomatis ini yang memungkinkan mesin tetap hidup tanpa membuat motor melaju saat idle.

Gaya pegas dan berat kampas bagian dalam dapat diatur sesuai kebutuhan untuk menentukan rpm saat kampas mulai melekat. Semakin ringan kampas dan kencang pegasnya, rpm lekatnya semakin tinggi.

Komponen Kampas Ganda Motor Matik

Secara umum, kampas ganda pada motor matic terdiri dari dua bagian, yaitu:

1. Kampas Ganda Primer

2. Kampas Ganda Sekunder

Terletak di sisi luar poros output. Berfungsi sebagai penahan kampas primer agar tidak terlepas saat putaran tinggi.

Daftar Harga Kampas Kopling Ganda Komplit Terbaru Desember 2023

Nama ProdukHargaLokasiToko
Original Kampas Ganda 5TL,Motor Yamaha,Mio Sporty,Mio Smile,Mio Soul.Rp65.000BekasiAgifa Part
Kampas Kanvas Ganda Kopling Yamaha Mio J Soul Gt Xride Fino Fi 54PRp80.000Jakarta TimurAPS_PART
Kampas Kopling Ganda Merk Yamaha Tipe Mio M3Rp91.750Jakarta BaratKaget Part
Jual Kampas Ganda Yamaha Mio M3 Mio Soul Gtfino 125 Ori YGPRp95.000Jakarta BaratSUBUH_AUTOPARTS
Kampas Kopling Ganda Komplit Merk Yamaha Tipe MioRp105.500Jakarta BaratKaget Part
Kampas Ganda Otomatis Kopling Nmax Old Yamaha N Max Daytona 4634Rp179.999BandungLedeng Motor Bandung
Kampas Ganda Kopling Otomatis Yamaha Nmax Asli YGP 2DP-WE662-00Rp185.000Jakarta SelatanAnugerah Lenteng
Kampas Ganda / Kopling Satuan Yamaha Nmax 155 OriginalRp193.500Kab. BandungYamaha Gerbang Cahaya
Original AHM Kampas Ganda Only Otomatis Honda Beat Scoopy Karbu KVYRp138.600Kota BekasiTokolaku Multi Store
Kampas Ganda Beat Pop Beat Fi Esp Stater Alus Kode K44 Original HondaRp155.000Jakarta BaratLestari Motor 2

Perbedaan Kampas Kopling dan Kampas Ganda

Perbedaan utamanya adalah kampas kopling berfungsi untuk kopling pada kendaraan manual, sedangkan kampas ganda berfungsi sebagai kopling otomatis pada kendaraan matic. Kampas kopling menggunakan gesekan, sedangkan kampas ganda memanfaatkan gaya sentrifugal.

Berikut adalah tabel perbandingannya :

PerbandinganKampas KoplingKampas Ganda
FungsiMenghubungkan dan memutuskan tenaga mesin dengan transmisiMeredam getaran dan menyalurkan tenaga mesin ke roda
LetakDi dalam rumah koplingDi dalam rumah CVT motor matic
Cara KerjaGesekan antara plat kopling dan flywheelMemanfaatkan gaya sentrifugal
Digunakan padaKendaraan transmisi manualKendaraan transmisi otomatis (matic)
Umur PakaiLebih cepat aus karena pemakaian yang lebih seringLebih tahan lama karena pemakaian tidak sesering kampas kopling
PerawatanSering dilakukan penyetelan/penggantianJarang dilakukan penyetelan/penggantian
Harga Suku CadangLebih mahalLebih murah

Gejala Kampas Ganda Motor Matic Mulai Habis

Kampas kopling otomatis memiliki umur pakai tertentu. Biasanya bisa bertahan hingga 24.000 – 35.000 km tergantung kondisi kendaraan dan cara mengemudi. Beberapa gejala Kampas kopling otomatis mulai aus dan perlu diganti adalah:

  • Motor susah diajak akselerasi, terutama saat melaju di tanjakan.
  • Sering terjadi selip saat akselerasi yang menimbulkan bunyi mesin meninggi tapi kecepatan tidak bertambah.
  • Timbul getaran halus saat melaju dengan kecepatan rendah, terutama saat melewati tanjakan.
  • Motor kehilangan tenaga saat digas.
  • Muncul bunyi gredek saat akselerasi karena gesekan logam antara kampas dan rumah kopling.
  • Kampas kopling otomatis terlihat tipis dan aus saat diperiksa secara visual.

Jika menemukan tanda-tanda tersebut, sebaiknya segera lakukan penggantian Kampas kopling otomatis sebelum kerusakan menjadi lebih parah. Gunakan Kampas kopling otomatis dengan kualitas bagus dan sesuai standar pabrik.

Perawatan Berkala Kopling Sentrifugal

Agar kopling sentrifugal motor matic awet dan performa optimal, lakukan perawatan berkala secara rutin:

  • Rutin bersihkan bagian CVT dari debu dan kotoran. Pastikan CVT selalu dalam kondisi kering.
  • Hindari oli atau gemuk menempel di CVT yang dapat membuat kopling sentrifugal licin.
  • Lakukan pengecekan ketebalan kopling sentrifugal secara berkala. Ganti jika sudah di bawah spesifikasi.
  • Hindari akselerasi mendadak yang bisa membuat kopling sentrifugal cepat aus.
  • Jangan gunakan kopling sentrifugal berbahan keras seperti full metal jika tidak ingin sering ganti kampas.
  • Gunakan oli transmisi dan oli mesin sesuai standar pabrik.
  • Servis berkala sesuai jadwal agar kondisi motor terjaga.

Dengan perawatan yang baik, umur pakai kopling sentrifugal bisa lebih lama hingga 30.000 km atau lebih. Performa motor matic juga akan terjaga optimal.

Kampas Rem

Fungsi Kampas Rem

  • Menghasilkan gaya gesek saat bersentuhan dengan permukaan disc atau drum brake untuk memperlambat laju kendaraan hingga berhenti total. Semakin besar gaya gesek yang dihasilkan, semakin efektif pula pengereman yang dilakukan.
  • Menyerap dan melepaskan panas yang timbul akibat gesekan dengan komponen rem lainnya. Kampas rem yang berkualitas mampu menyebarkan panas secara merata agar tidak terjadi overheating pada satu titik yang dapat mengurangi kinerja pengereman.
  • Memberikan rasa nyaman bagi pengendara melalui desain khusus yang mengurangi getaran dan kebisingan saat pengereman. Kampas rem yang berkualitas dilengkapi dengan bahan insulasi getaran dan peredam suara.
  • Melindungi disc atau drum brake dari kerusakan akibat gesekan langsung logam dengan logam. Kampas rem yang aus perlu segera diganti agar permukaan disc atau drum brake tetap terjaga.

Cara Kerja Kampas Rem Motor

  1. Saat tuas rem ditarik, cairan hidrolik pada sistem rem akan menekan piston kaliper rem (untuk rem cakram) atau sepatu rem (untuk rem tromol).
  2. Piston kaliper atau sepatu rem kemudian akan mendorong kampas rem hingga menekan permukaan disc atau drum brake.
  3. Sentuhan antara kampas dan permukaan disc atau drum ini menimbulkan gaya gesek yang sangat tinggi. Gaya gesek inilah yang memperlambat putaran roda hingga kendaraan berhenti.
  4. Panas yang timbul akibat gesekan akan diserap oleh kampas rem lalu dilepaskan secara bertahap ke udara bebas. Thermal conductivity bahan kampas rem menentukan seberapa cepat panas ini dilepaskan.
  5. Setelah tuas rem dilepas, tekanan pada piston kaliper atau sepatu rem akan terlepas. Pegas akan menarik kembali piston beserta kampas rem ke posisi semula.

Proses kerja kampas rem ini berulang setiap kali pengendara menarik tuas rem. Oleh karena itu, performa kampas rem sangat menentukan efektivitas dan kenyamanan pengereman kendaraan.

Jenis Kampas Rem

Secara umum, terdapat dua jenis utama kampas rem motor, yaitu:

1. Kampas Rem Organik

Kampas rem organik merupakan jenis kampas rem paling dasar dan paling ekonomis. Kampas jenis ini memiliki koefisien gesek yang tinggi, tahan panas, serta harga yang ekonomis. Namun, debu asbes yang dihasilkan saat pengereman dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Sebagian besar produsen telah beralih ke bahan non-asbes. 

  • Serat Asbes (Asbestos)
    Asbes memiliki koefisien gesek yang tinggi sehingga sangat cocok digunakan pada kampas rem. Namun, debu asbes yang dihasilkan saat pengereman dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti kanker paru-paru. Karena alasan kesehatan ini, penggunaan asbes sudah dilarang di banyak negara.
  • Bahan perekat organik
    Seperti resin fenolik, resin epoksi, atau polyester resin. Berfungsi merekatkan serat asbes menjadi satu kesatuan kampas rem.
  • Serat penguat
    Seperti serat kaca, serat karbon, atau kevlar. Berfungsi meningkatkan kekuatan kampas rem agar tidak mudah hancur karena gesekan dan panas.
  • Bahan tambahan
    Seperti bubuk logam, keramik, atau grafit. Ditambahkan untuk meningkatkan performa gesek dan daya tahan panas kampas rem.
  • Harga paling murah dan ekonomis
  • Tidak menimbulkan korosi pada disc brake
  • Menghasilkan debu rem yang sedikit
  • Cocok untuk pengendaraan sehari-hari
  • Kurang awet, cepat aus karena gesekan
  • Rentan terhadap suhu tinggi dan mudah terbakar
  • Koefisien gesek tidak setinggi jenis semi-metalik
  • Mengandung asbes yang berbahaya bagi kesehatan (pada kampas lama)

Kampas rem organik paling cocok digunakan untuk kendaraan ringan dengan intensitas pengereman normal atau rendah, seperti mobil dan motor untuk pemakaian sehari-hari.

2. Kampas Rem Semi-Metalik

Kampas semi-metalik mengandung serat logam seperti tembaga, besi, atau baja hingga 30-65% dari total bahan. Penambahan serat logam ini meningkatkan koefisien gesek dan ketahanan abrasi. Kampas semi-metalik lebih mahal dari kampas organik biasa, namun umur pakainya juga lebih panjang. Kampas ini sangat cocok untuk pengereman keras atau tipe balap.

  • Serat logam: besi, baja, atau tembaga sekitar 30-65%
  • Serat organik: serat glass, aramid, dll sekitar 10-30%
  • Bahan pengikat: resin fenolik, rubber, dll 10-30%
  • Bahan tambahan: grafit, keramik, metal oxide <10%
  • Koefisien gesekan lebih tinggi dibanding kampas organik
  • Lebih tahan terhadap suhu tinggi dan keausan
  • Umur pakai lebih panjang
  • Sangat cocok untuk pengereman berat atau balapan
  • Harga lebih mahal dari kampas organik
  • Menghasilkan debu rem lebih banyak
  • Dapat menimbulkan korosi pada disc brake
  • Menimbulkan suara bising saat pengereman

Kampas rem semi-metalik sangat cocok digunakan pada kendaraan dengan intensitas pengereman tinggi seperti mobil sport, mobil balap, atau sepeda motor gede. Performa pengeremannya jauh lebih optimal dibanding kampas organik biasa.

Daftar Harga Kampas Rem Cakram Terbaru Desember 2023

Nama ProdukHargaLokasiToko
Dispad Kampas Rem Vario F1 CBS Beat Fi 125 150 New Scoopy Pop Esp KvRp8.000Jakarta BaratGrosir Spareparts Motor
Dispad Kampas Rem Depan Grand Supra X Smash Shogun Kharisma Revo LamaRp8.500Jakarta TimurAPS_PART
Dispad Kampas Rem Belakang Suzuki Satria FuRp10.000Jakarta PusatTokoSparepart88888
Dispad Kampas Rem Depan MX, Mio, Vixion (3C1-F5805-10)Rp10.000Jakarta BaratJagoan Sparepart888
Dispad Kampas Rem Depan Yamaha Mio M3 N-maxRp8.750Jakarta BaratGrosir Spareparts Motor
Kampas Rem Belakang Tromol Force 1 F1ZR Fizr Jupiter Z Vega R Lama 5TPRp16.000Jakarta TimurAPS_PART
Kampas Rem Belakang Honda Vario Beat Spacy Fi New Lama Baru KZLRp18.750Jakarta BaratGrosir Spareparts Motor
Brake Shoe – Kampas Rem Belakang Avanza / XeniaRp97.500Jakarta PusatTiger Automotive Parts
Brake Disc Pad – Kampas Rem Depan Avanza / Xenia / ApvRp62.500Jakarta PusatTiger Automotive Parts
Brake Disc Pad – Kampas Rem Depan Calya / Sigra Bendix DB2434 HDRp182.500Jakarta PusatTiger Automotive Parts
Brake Disc Pad – Kampas Rem Depan Jazz Gd3 Idsi Vtec city BrioRp105.000Jakarta PusatTiger Automotive Parts
Brake Disc Pad – Kampas Rem Depan Avanza / Xenia / Rush / TeriosRp62.500Jakarta PusatTiger Automotive Parts
Brake Disc Pad – Kampas Rem Depan Grand Gran Max LuxioRp77.500Jakarta PusatTiger Automotive Parts
Brake Disc Pad – Kampas Rem Depan Jazz Freed City Stream Mobilio FerioRp105.000Jakarta PusatTiger Automotive Parts
Brake Pad – Kampas Rem Depan All New Pajero Sport 2016 UP 4605B541( Asli)Rp1.800.000Jakarta UtaraTunas Bangka Autopart
Brake Pad – Kampas Rem Depan Avanza / Xenia / Rush Bendix DB1460 GCTRp225.000Jakarta PusatTiger Automotive Parts
Brake Disc Pad – Kampas Rem Depan gluxioRp77.500Jakarta PusatTiger Automotive Parts
Brake Disc Pad – Kampas Rem Depan Ertiga / Swift / Mazda 2 BendixRp174.000Jakarta PusatTiger Automotive Parts
Brake Disc Pad – Kampas Rem Depan Ertiga / Swift Bendix DB1941 GCTRp320.000Jakarta PusatTiger Automotive Parts
Brake Shoe – Kampas Rem Belakang Innova Reborn BS5215 Bendix OriginalRp325.000Jakarta PusatTiger Automotive Parts
Brake Disc Pad – Kampas Rem Depan RTRTIGA / Swift / Mazda 2 BendixRp174.000Jakarta PusatTiger Automotive Parts
Kampas Rem Depan Atau Dispad Brake Pad Mitsubishi Eclipse CrossRp300.000Jakarta PusatThe One Motor
Kampas Rem Depan/Brake Pad All New Pajero Sport 2016 UP 4605B541( Asli)Rp1.800.000Jakarta UtaraTunas Bangka Autopart
Brake Shoe Kampas Rem Belakang Fortuner Hilux 04495-0K120-82Rp1.050.000Jakarta BaratSon Auto Parts
Kampas Rem 8mm X 150mmRp630.000Jakarta BaratCahaya Makmur Utama
Kampas Rem Depan Serena C26. Original / Harga 1setRp350.000Jakarta PusatPJP Motor
Brake Pad Kampas Rem Depan Innova Inova OriginalRp775.000Jakarta BaratKencana Jaya Part
Brake Pad Kampas Rem Belakang Honda Civic Turbo 2016-2021 OriginalRp1.000.000Jakarta UtaraSukses Auto Part97

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Kampas Rem Motor

Kapan sebaiknya melakukan penggantian kampas rem motor? Beberapa indikasi yang menunjukkan sudah saatnya ganti kampas rem antara lain:

  • Timbul suara decit nyaring saat pengereman. Ini menandakan kampas sudah sangat aus dan permukaannya tidak rata lagi.
  • Kampas terlihat retak atau terkelupas. Retakan pada kampas dapat mengurangi luas permukaan kontak saat pengereman.
  • Pedal rem terasa lembek dan jarak bebasnya semakin panjang. Menandakan tekanan hidrolik rem kurang maksimal.
  • Skuter matic sering ngerem sendiri saat injakan gas dilepas. Bisa jadi kampas aus sudah menyentuh piringan rem.
  • Pengendara perlu menambah tenaga saat pengereman. Kampas aus membutuhkan tekanan lebih besar untuk menghasilkan gaya gesek yang cukup.

Jika salah satu tanda di atas sudah terlihat, segera lakukan penggantian kampas rem sesuai rekomendasi pabrikan. Jangan tunda agar keselamatan berkendara tetap terjaga.

Cara Perawatan Kampas Rem Motor yang Baik dan Benar

Agar kampas rem selalu dalam kondisi prima, ada beberapa cara perawatan berkala yang dapat dilakukan:

  • Jagalah kebersihan area rem. Debu, kotoran, atau oli yang menempel dapat mengurangi gaya gesek kampas. Bersihkan secara rutin menggunakan sikat kawat dan pembersih rem.
  • Lakukan penyetelan rem jika terasa kurang maksimal. Adjust posisi kampas hingga permukaannya rata dengan disc atau drum.
  • Hindari pengereman mendadak yang sering karena dapat mempercepat ausnya kampas. Usahakan mengerem secara halus dan merata.
  • Jangan sekali-sekali mencuci kampas rem menggunakan deterjen atau bahan kimia. Cukup dibersihkan secara mekanis dengan sikat kawat kering.
  • Setelah ganti kampas baru, lakukan pengereman beberapa kali secara halus untuk memastikan kampas menempel dengan baik pada piringan atau drum rem.

Dengan perawatan yang tepat, umur kampas rem dapat bertahan lebih lama sehingga performa sistem pengereman tetap prima dan pengendara merasa aman saat berkendara.

Perbedaan Kampas Rem Sepeda Motor Tipe Cakram Dan Tromol

Berikut adalah tabel perbedaan kampas rem sepeda motor tipe cakram dan tromol:

AspekKampas Rem CakramKampas Rem Tromol
PosisiTerpasang pada kaliper remTerpasang pada sepatu rem
BentukPejal menyerupai piringanBerbentuk sepatu
Permukaan KontakHanya satu sisiKedua sisi bersentuhan dengan drum
BahanSemi-metalik atau keramikOrganik atau semi-metalik
HargaLebih mahalLebih murah
KinerjaLebih bagus dan stabilKurang optimal dibanding cakram
KeausanLebih tahan lamaLebih cepat aus
PerawatanLebih mudahLebih rumit
SuaraLebih halusLebih bising
EstetikaTerlihat menarikTertutup di dalam rumah drum

Secara umum, kampas rem cakram lebih unggul dari segi performa dan umur pakai dibanding kampas rem tromol. Kampas cakram juga lebih mudah perawatannya. Namun, harga kampas cakram tentu jauh lebih mahal.

Kiprok Motor

Kiprok merupakan salah satu komponen vital dalam sistem pengisian motor Yamaha. Dikenal juga sebagai regulator atau rectifier, kiprok bertugas mengkonversi arus AC (Alternating Current) yang dihasilkan oleh alternator menjadi DC (Direct Current), sehingga komponen elektronik motor Yamaha Anda dapat berfungsi dengan optimal.

Sebuah sistem pengisian pada sepeda motor Yamaha biasanya meliputi tiga komponen esensial: alternator, kiprok (regulator/rectifier), dan baterai.

Saat motor dinyalakan, alternator menghasilkan arus AC. Tugas kiprok di sini adalah mentransformasi arus AC menjadi DC, yang lebih stabil dan esensial bagi performa komponen elektronik motor.

Arus DC hasil konversi ini selanjutnya mengalir ke baterai dan komponen lain seperti lampu, klakson, hingga sistem pengapian.

Sebagai pecinta otomotif, kami ingin mengingatkan Anda, kerusakan pada kiprok dapat mengundang berbagai masalah, mulai dari baterai yang kurang optimal, lampu yang kurang terang, hingga gangguan pada komponen elektronik lainnya.

Fungsi Kiprok Motor

Kiprok sangat penting dalam sistem kelistrikan motor. Jika rusak dapat menyebabkan berbagai masalah kelistrikan dan komponen elektronik motor tidak dapat bekerja dengan baik. Oleh karena itu, komponen kelistrikan ini harus selalu dijaga dan dirawat dengan baik.

Berikut adalah rangkuman fungsi kiprok pada motor:

  • Mengubah arus AC dari alternator/spul menjadi arus DC yang dapat disimpan di aki. Tanpa kiprok, arus AC tidak dapat digunakan untuk mengisi aki.
  • Menstabilkan tegangan dan arus listrik dari alternator sebelum masuk ke aki. Arus dan tegangan yang masuk ke aki harus stabil agar aki tidak rusak.
  • Pada motor lama dengan sistem penerangan AC, kiprok berfungsi menstabilkan arus ke lampu depan. Jika arus berlebih, bohlam lampu bisa putus. 
  • Mengatur dan membatasi arus yang mengalir ke komponen listrik lain seperti klakson, starter, komponen elektronik injeksi, dll agar bekerja dengan baik.

Dampak Kerusakan Jika Kiprok Rusak

Menggunakan motor tanpa kiprok dapat menyebabkan kerusakan parah pada sistem kelistrikan dan mesin. Sebaiknya segera periksakan dan ganti kiprok jika rusak agar motor tetap awet dan berfungsi dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa dampak jika motor digunakan dengan kondisi kiprok yang rusak:

Dampak Jangka Pendek

  • Lampu depan menjadi redup atau mati karena arus tidak terkontrol dengan baik. 
  • Starter sering macet karena kurangnya suplai listrik dari aki.
  • Mesin susah hidup karena sistem pengapian terganggu.

Dampak Jangka Panjang

  • Aki bisa mengalami kerusakan permanen karena over discharge terus menerus[.
  • Komponen elektronik lain seperti ECU atau CDI bisa rusak karena tegangan tidak stabil.
  • Performa mesin menurun drastis karena sistem kelistrikan tidak berfungsi optimal.
  • Biaya perbaikan yang mahal karena banyak komponen yang perlu diganti.

Daftar Harga Kiprok Sepeda Motor Terbaru Desember 2023

Harga kiprok motor sangat bervariasi mulai dari Rp75.000 hingga Rp195.000 tergantung tipe, lokasi dan toko. Dirangkum dari platform toko online berikut adalah daftar harga produk kiprok motor:

Nama ProdukHargaLokasiToko
Soket Kiprok Yamaha Nmax OriRp25.000Kab. BekasiTMP
Kiprok Penyalaan Yamaha Nmax / Xabre / Mx 150 / Mx King / Byson OriRp75.000Tangerangrodamas2
Kiprok Yamaha Nmax, Xabre, Mx King Mx 150 OriRp75.000Jakarta BaratKingpartsmurah
Kiprok Ori Yamaha NmaxRp135.000Jakarta Timurdamar garage
Kiprok Regulator Nmax Vixion OriRp135.000BandungDRpart
Soket Spull Kabel Panjang Aerox Lexi Nmax Anti Kode 12 OriginalRp138.600Jakarta BaratYMD E-STORE II
Paket Socket Kiprok Dan Kiprok Nmax N Max Xabre Mxking Mx 150 Ori YGPRp140.000BekasiHarapan Agung Motor (HAM Online)
Kiprok Regulator Nmax 155 Ori 4B4-H1960-01 Plus Socket Kiprok BiasaRp165.000Jakarta BaratCaremacros
Regulator Nmax Asli 100% Kiprok Dan Soket Nmax Original Ori Cop KiproxRp160.000Kab. PonorogoInti Motor Ponorogo
Kiprok Nmax Mx King Regulator Nmax N Max Ori Yamaha YGPRp115.000MedanPrimaMotorKarya
Regulator Kiprok Nmax Xabre Mx 150 Mx King N-Max 4B4-H1960-01 Ori YGPRp112.000BekasiGM parts
Kiprok Regulator Yamaha Nmax 4B4-H1960-01 ORI YGPRp115.000MalangNagaSuryaMotor
Kiprox Kiprok Regulator 4B4-H1960-01 Nmax N Max Ori Original YamahaRp195.000Jakarta Selatanbaksomerconcilik
Kiprok Regulator Yamaha N Max Nmax Ori Asli Yamaha YGP Plus SoketRp145.000Kab. BantulMaftuh Motor
Kiprok Regulator Nmax Tiger Full Wave Ori Yamaha 4B4H19600100Rp125.000Kab. MagelangSumber Agung Motor
Kiprok Yamaha Nmax, N Max,Xabre,MX 150,Mx King Ori YamahaRp125.000Tangerangrxkingusers
4B4-H1960-01 Kiprok Rectifier & Regulator Yamaha Nmax 2DP Ori YGPRp117.950
Regulator Kiprok Ori Original Yamaha Nmax Lengkap Dengan Soket 5 PinRp140.000Makassarss-motor
Regulator Kiprok Cas N Max Nmax Asli Original Asli Ori Yamaha 4b4Rp109.000Kab. SlemanNIMUS_PART
Kiprok Tiger Kiprok Megapro Kiprok New Megapro Pakai NMAX Ori Bukan KWRp119.000Jakarta TimurDITDOT SHOP
Kiprok NMAX Kiprok Nmax Regulator NmaxRp69.000Jakarta BaratSimplePart80
Kiprok Regulator Nmax Xabre Mx King Mx 150 Ori YgpRp120.000BekasiHarapan Agung Motor (HAM Online)

Komponen Kiprok Motor

Berikut adalah komponen-komponen utama pada kiprok motor beserta fungsinya:

  1. Dioda: Berfungsi untuk mengubah arus AC dari alternator/stator menjadi arus DC.
  2. IC Regulator: Menjaga tegangan tetap stabil pada 13-14 volt saat pengisian aki.
  3. Transistor: Sebagai saklar elektronik yang membuka dan menutup rangkaian. 
  4. Resistor: Membatasi arus listrik yang mengalir.
  5. Kondensator: Meratakan tegangan yang naik turun.
  6. Trafo Step-Down: Menurunkan tegangan AC dari alternator.
  7. Rangkaian Kontrol: Mengatur tegangan dan arus yang menuju komponen lain seperti lampu, klakson, komponen elektronik injeksi.

Jenis Kiprok Motor

Ada dua jenis utama kiprok motor, yaitu kiprok motor DC dan kiprok motor AC. Berikut penjelasannya:

1. Kiprok Motor DC

  • Mengubah arus AC dari alternator/stator menjadi arus DC.
  • Arus DC digunakan untuk mengisi aki, lampu, dan komponen kelistrikan lainnya.
  • Umumnya digunakan pada motor dengan sistem pengapian CDI.
  • Contoh: kiprok Honda Tiger, Yamaha Vixion, kiprok aftermarket Fukuyama.

2. Kiprok Motor AC

  • Tidak mengubah arus AC menjadi DC, melainkan menstabilkan tegangan AC.
  • Arus AC langsung digunakan untuk lampu dan komponen kelistrikan tanpa melalui aki.
  • Contoh: kiprok pada motor lawas dengan sistem pengapian konvensional.
  • Arus AC dihasilkan oleh koil pengapian atau alternator tanpa rectifier.

Jadi perbedaan utamanya, kiprok DC mengubah arus AC menjadi DC, sedangkan kiprok AC hanya menstabilkan tegangan AC tanpa mengubahnya menjadi DC. Kiprok DC lebih umum digunakan pada motor modern saat ini.

Cara Kerja Kiprok Motor

Kiprok atau Kontrol Regulator Tegangan memainkan peran penting dalam menjaga tegangan dan mengatur sistem pengisian pada motor. Hal Ini memastikan penyediaan energi listrik yang stabil dan aman untuk berbagai komponen motor yang membutuhkannya.

Berikut adalah penjelasan mengenai cara kerja kiprok pada motor:

  1. Penerimaan arus AC: Kiprok menerima arus listrik tiga fasa AC (Arus Bolak-Balik) dari flywheel generator pada motor. Arus ini bersifat tidak stabil dan memiliki amplitudo yang bervariasi.
  2. Penyearah (Rectification): Kiprok memiliki dioda-dioda yang berfungsi sebagai penyearah untuk mengubah arus AC menjadi arus DC (Arus Searah). Dioda diatur dalam susunan jembatan gelombang penuh (full-wave bridge rectifier) untuk memperoleh arus searah penuh.
  3. Regulasi tegangan: Setelah penyearah, kiprok berperan dalam mengatur tegangan output yang dihasilkan. Kiprok menggunakan prinsip pemutusan-penyambungan (switching) yang dikontrol oleh komponen internal seperti transistor atau SCR (Silicon-Controlled Rectifier).
  4. Pengaturan tegangan: Kiprok secara terus-menerus memonitor tegangan pada sistem pengisian motor. Jika tegangan output terlalu rendah, kiprok akan memutuskan penghantaran arus, sedangkan jika tegangan output terlalu tinggi, kiprok akan memotong arus ke beban. Hal ini membantu menjaga tegangan output dalam batas yang aman untuk peralatan listrik motor.
  5. Perlindungan terhadap beban: Kiprok juga dilengkapi dengan fitur perlindungan terhadap beban berlebih (overload) dan hubung singkat (short circuit). Ketika terdeteksi beban yang melebihi batas yang ditentukan atau adanya hubung singkat, kiprok akan memutuskan arus keluar untuk mencegah kerusakan pada peralatan listrik motor.

Penyebab Kiprok Motor Rusak

kiprok motor rusak

Beberapa penyebab utama kiprok motor rusak:

1. Terlalu Sering dipakai dalam kecepatan tinggi

Memacu motor dalam kecepatan tinggi terus menerus dapat menyebabkan kiprok overheat dan rusak. Suhu tinggi membuat komponen elektronik di dalam kiprok cepat aus. 

2. Kabel dan sambungan longgar atau kotor 

Kabel konektor kiprok yang longgar atau kotor dapat menyebabkan hubungan tidak baik sehingga arus tidak mengalir dengan lancar dan kiprok jadi panas. Pastikan semua kabel dan sambungan bersih dan kencang.

3. Beban listrik berlebih

Pemasangan aksesoris tambahan seperti lampu LED, power outlet, atau perangkat elektronik lain tanpa memperhitungkan kapasitas beban dapat membuat kiprok kelebihan beban dan panas.

4. Umur kiprok sudah tua

Komponen elektronik di dalam kiprok bisa mengalami penurunan kinerja akibat pemakaian dalam jangka waktu lama. Kiprok perlu diganti secara berkala.

Cara Merawat Kiprok Sepeda Motor

1. Hindari gunakan kecepatan tinggi terus-menerus

Jaga suhu mesin agar tidak terlalu panas dengan menghindari penggunaan kecepatan tinggi dalam waktu lama. Beri waktu pendinginan yang cukup.

2. Periksa dan bersihkan kabel serta sambungan 

Pastikan tidak ada kabel yang longgar, terkelupas, atau kotor. Bersihkan sambungan konektor kiprok dari kotoran dan oksidasi. 

3. Kurangi beban listrik berlebih

Hindari pemasangan aksesoris tambahan berlebihan. Jika perlu, naikkan kapasitas kiprok yang digunakan.

4. Lakukan perawatan dan ganti kiprok secara berkala

Kiprok yang sudah berumur perlu diganti dengan yang baru sesuai rekomendasi pabrikan. Gunakan kiprok original untuk performa optimal.

 5. Servis berkala di bengkel resmi

Lakukan perawatan berkala dan diagnosis masalah kiprok di bengkel resmi untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Dengan mengetahui penyebab dan melakukan langkah pencegahan, masalah kiprok motor rusak dapat dihindari atau setidaknya diminimalisir. Jangan tunda perbaikan jika kiprok mulai menunjukkan tanda-tanda kerusakan.

Kesimpulan

  • Dihasilkan oleh spul, arus yang masuk ke aki dapat stabil jika kondisinya baik dan komponen-komponen lain juga berfungsi dengan baik.
  • Kiprok motor, terutama yang terdapat pada Yamaha Mio, memiliki fungsi vital dalam menjaga keseimbangan arus dan tegangan.
  • Kiprok mengalami masalah ketika tidak dapat menstabilkan arus listrik yang masuk ke aki, hal ini dapat menyebabkan aki tekor.
  • Perawatannya penting untuk mencegah kerusakan pada spul atau kiprok yang dapat membuat motor mogok.
  • Kalau motor sering soak atau aki tekor, ada kemungkinan masalahnya ada di komponen spul atau kiprok yang menstabilkan arus dan tegangan.
  • Menempel baterai dan menyalakan mesin dapat menunjukkan kondisi teknisi, yang bertanggung jawab menstabilkan dan mengubah arus listrik yang dihasilkan oleh spul.
  • Jangan lupa untuk selalu mengecek kiprok jika motor mengalami masalah pada RPM, karena kiprok memiliki fungsi untuk mengatur hal tersebut.
  • Rectifier assy dan assy regulator adalah dua komponen yang memiliki fungsi vital dalam sistem pengisian, dan mengetahui cara kerjanya dapat membantu kamu untuk lebih memahami cara kerja kiprok.
  • Informasi terkini tentang perawatan dan kondisi kiprok dapat kamu dapatkan dari berbagai sumber, seperti bengkel atau website spesialis motor.
  • Jangan pernah menghapus komponen kiprok dari motor, karena memiliki fungsi yang sangat vital dalam menjaga stabilitas arus listrik motor.

Knalpot Motor

Knalpot merupakan komponen krusial pada kendaraan yang bertindak sebagai saluran utama untuk mengeluarkan sisa hasil pembakaran mesin. Setiap mesin, setelah menjalani siklus operasionalnya, menghasilkan sisa pembakaran yang perlu dikeluarkan untuk performa optimal.

Untuk memaksimalkan fungsinya, knalpot ditempatkan di bagian paling belakang dari kendaraan, baik itu motor ataupun mobil. Posisi ini strategis karena knalpot harus menangani volume sisa pembakaran yang signifikan.

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut atau konsultasi tentang perawatan parts knalpot untuk motor Yamaha dan komponen motor lainnya, Kami siap membantu. Sebagai Dealer Motor Terbaik di Indonesia, Dealeryamaha.co.id selalu berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi para pengendara Yamaha. 

Fungsi Knalpot Motor

Sebagai komponen esensial, knalpot motor memegang peran krusial dalam hal performa dan keamanan kendaraan. Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari knalpot pada sepeda motor:

  • Meredam Suara Bising Dari Mesin

Knalpot berfungsi untuk meredam suara bising yang ditimbulkan dari ledakan di ruang bakar mesin. Knalpot menyerap dan meredam suara ledakan tersebut agar tidak terlalu bising dan mengganggu].

  • Mengatur Aliran Gas Buang 

Knalpot menjadi saluran pembuangan gas sisa pembakaran di mesin. Knalpot mengatur aliran gas buang agar dapat mengalir dengan lancar tanpa membebani mesin.

  • Melepaskan Panas Mesin

Melalui aliran gas buang, knalpot membantu melepaskan panas yang dihasilkan dari proses pembakaran di mesin.

  • Meningkatkan Performa Mesin

Knalpot yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan performa mesin dengan memaksimalkan aliran gas buang.

  • Sebagai aksesoris

Knalpot kini juga berfungsi sebagai aksesori atau pemanis penampilan kendaraan.

Daftar Harga Knalpot Terbaru Desember 2023

Harga knalpot motor sangat bervariasi mulai dari Rp185.000 hingga Rp3.500.000 tergantung tipe, lokasi dan toko. Dirangkum dari platform toko online berikut adalah daftar produk terlengkap knalpot motor:

Nama ProdukHargaLokasiToko
Knalpot Krace Standar Racing All New Aerox/All New Nmax ExhaustRp1.250.000Kab. Bandung BaratWutdaheck
Knalpot Racing Motor Norifumi Rocket 4 Pnp Klx & Crf & D_Tracker & Wr 155Rp375.000Kab. PurbalinggaAF Racing Exhaust
Jual Knalpot Motor Norifumi Titanium SE Rocket 4Rp3.500.000Kab. Kubu Raya1Shop Biker’s Partner
Per Peer Pir Knalpot Spring Racing Motor Knalpot Twotone UniversalRp9.000CimahiIDT4
Knalpot Standar Racing Ahm F1zr Fizr Fiz Asli Ori Ampang Hoong MotorRp1.500.000Jakarta SelatanADI AZZ Shop
Knalpot Racing Jrm Supra Vega Jupiter Revo Motor BebekRp87.990Kab. TegalDaaStore Knalpot Racing
Knalpot Motor Yamaha Nmax Old Bobokan / Kenalpot Nmax LamaRp185.000Jakarta SelatanKEN OTOPART
Klem Gantungan Knalpot Racing Aksesoris MotorRp14.500Kab. BogorFatier_Production
Knalpot Racing Supra DPJ Jupiter Vega Karisma Revo Motor BebekRp84.990Kab. TegalDaa Store Knalpot Racing
Knalpot Proliner Std Racing Buat Motor Yamaha Aerox155cc Old SilentRp600.000Jakarta TimurKINGSPEEDSHOP
Knalpot Racing Yoshimura R77 2 Lobang Silincer Only untuk All MotorRp165.000Kab. PurbalinggaKNALPOT DYT RACING
Knalpot Racing Underbelly Kolong Motor Vixion New Old Xabre R15 All NeRp400.000Kab. PurbalinggaYoneStore
Per Knalpot Racing Universal Motor Honda-Suzuki-Yamaha Pir KenalpotRp800BandungPanglima Onderdil
Knalpot Rk Cool Standar Racing Power Motor NaikRp150.000Kab. PurbalinggaRmsKnalpot
Knalpot Motor Racing Evox X1 GPC Untuk Motor 150-160cc Fullsystem murahRp1.150.000Jakarta Barat3Tech Racing Evolution Jakarta
Per Knalpot Racing All Motor/Per Knalpot/Per Pengait MotorRp1.500Jakarta UtaraInovat, Wallpaper
Pipa Sambungan Knalpot Racing/Slip On Khusus Motor Ninja250 Fi & Z250Rp95.000CimahiWawan Variasi
Knalpot Racing 3 Suara 4 Suara Original Xthree All Motor New Model,1Rp790.000Jakarta PusatXsylent
Silincer Knalpot Racing PDK Inlet/ Diameter 50 mm Semua Jenis MotorRp75.000Kab. PurbalinggaHYPER_R4CING
Knalpot racing dos matic beat mio scoopy varioRp84.950TegalRizki variasi_1
leher knalpot racing full stainles las argon pnp motor all matic byson vixionRp115.000PurbalinggaJawaraKnalpotRacing

Jenis Knalpot Motor

Beberapa jenis knalpot yang tersedia untuk sepeda motor:

1. Berdasarkan Posisi

  • Side Muffler: Jenis paling umum, dipasang di sisi kanan motor. Contoh knalpot R9, Yoshimura, dll.
  • Underbelly Muffler: Dipasang di bawah jok motor. Contoh knalpot Ducati 916. 
  • Overtail Muffler: Dipasang di atas jok motor, cocok untuk motor sport . Contoh knalpot MV Agusta F4.
  • Center Up Muffler: Dipasang di tengah, bagian atas motor. Contoh knalpot Honda CBR1000RR.

2. Berdasarkan Jumlah Saluran 

  • Single Exhaust: Hanya memiliki 1 saluran knalpot.
  • Dual Exhaust: Memiliki 2 saluran knalpot, biasa untuk motor 2 silinder. 
  • Triple Exhaust: Memiliki 3 saluran knalpot, biasa untuk motor 3 silinder.

Bagian-Bagian Knalpot Motor

Setiap bagian knalpot memiliki peran penting dalam meredam suara bising dan mengatur aliran gas buang dari mesin. Berikut ini adalah beberapa bagian utama dari knalpot motor beserta penjelasannya:

1. Header (Kepala Knalpot)

Header atau kepala knalpot berfungsi sebagai penghubung antara silinder mesin dengan seluruh bagian knalpot. Header menerima gas buang dari mesin pada temperatur dan tekanan tinggi dan mengalirkannya ke bagian knalpot berikutnya.

2. Resonator

Resonator merupakan bagian knalpot yang berfungsi untuk menyaring suara bising yang dihasilkan oleh gas buang. Resonator berbentuk kotak dengan saluran masuk dan keluar gas buang. Di dalam resonator, gelombang suara akan memantul bolak-balik hingga energinya berkurang, sehingga suara yang keluar menjadi lebih halus.

3. Silencer (Peredam Suara)

Silencer atau peredam suara utama berfungsi untuk meredam suara lebih lanjut sebelum gas buang keluar dari knalpot. Silencer mengandung sejumlah tabung dan celah di dalamnya, yang membuat gas buang mengalir melalui saluran ini sambil kehilangan energi suaranya[6].

4. Glasswool

Glasswool adalah bahan serabut yang digunakan sebagai lapisan peredam suara di dalam silencer. Glasswool mampu mengurangi suara hingga 10-15 desibel, sehingga suara yang keluar dari knalpot menjadi lebih halus.

5. Chamber (Partition)

Chamber atau partition adalah sekat-sekat melingkar di dalam knalpot yang berfungsi untuk memecah suara agar tidak terlalu bising. Jumlah partition atau sekat di setiap knalpot berbeda, tergantung pada mesin yang digunakan.

6. Tailpipe

Pipa buang di ujung knalpot tempat keluarnya gas buang yang sudah disaring

7. Catalytic Converter

Mengubah gas berbahaya pada gas buang menjadi lebih ramah lingkungan

Regulasi Hukum Penggunaan Knalpot Sepeda Motor di Indonesia

Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan mengatur bahwa knalpot merupakan salah satu persyaratan teknis kendaraan yang harus dipenuhi agar laik beroperasi di jalan raya. 

Pasal 285 ayat 1 UU LLAJ menyebutkan bahwa pengendara sepeda motor yang tidak memenuhi persyaratan teknis termasuk knalpot dapat dipidana kurungan 1 bulan atau denda Rp250.000.

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup 

Permen LHK Nomor 56 Tahun 2019 menetapkan ambang batas kebisingan knalpot kendaraan bermotor. Untuk sepeda motor 80-175 cc, batas maksimal 80 dB. Sedangkan di atas 175 cc, batas maksimal 83 dB.

Tilang dan Sanksi

Kendaraan dengan knalpot bising atau tidak standar berisiko ditilang dan disita knalpotnya. Pemilik wajib mengganti knalpot standar sebelum mengambil kendaraan. Denda tilang manual untuk pelanggaran knalpot antara Rp250.000 hingga Rp750.000.

Kesimpulan

  • Motor Matic dan Mesin Motor: Jangan remehkan pengaruh knalpot pada performa motor matic. Mesin motor akan bekerja lebih optimal dengan knalpot yang sesuai.
  • Harga Murah: Tak selalu harga mahal menjamin kualitas. Ada banyak pilihan knalpot motor terbaik dengan harga murah di pasaran.
  • Suara Knalpot: Pilih suara knalpot yang mampu merefleksikan karakter Anda, baik itu halus, sporty, atau berat.
  • Produk Knalpot: Ingatlah selalu untuk membeli produk knalpot dari merek terpercaya agar mendapatkan kualitas terbaik.
  • Beli Knalpot: Saat Anda memutuskan untuk beli knalpot, pastikan sesuai dengan jenis dan modifikasi motor Anda.
  • Merek dan Modifikasi: Dalam modifikasi, merek knalpot memainkan peran penting untuk mendapatkan tampilan dan performa motor yang bagus.
  • Mio Soul dan MX: Mio Soul atau MX? Dua tipe motor ini memiliki kebutuhan knalpot berbeda untuk hasil terbaik.
  • Komponen Vital: Knalpot merupakan salah satu komponen kunci dalam mesin motor yang berperan besar dalam output performa.
  • Desain Knalpot: Tak hanya fungsional, desain knalpot juga mempengaruhi estetika motor Anda. Pilihlah desain yang sesuai dengan selera Anda.
  • Membeli Knalpot: Memilih untuk membeli knalpot bisa menjadi keputusan cerdas dalam meningkatkan performa motor Anda.
  • Mio J dan Mio Sporty: Baik Mio J maupun Mio Sporty, keduanya punya karakteristik sendiri saat dipasangkan dengan knalpot tertentu.
  • GT dan Xride: Sementara untuk GT dan Xride, penyesuaian knalpot bisa memberi dampak pada kekuatan dan kestabilan saat berkendara.
  • Merek Knalpot Racing: Mengganti dengan merek knalpot racing bisa jadi pilihan bagi Anda yang ingin motor lebih sporty dan responsif.
  • Harga Knalpot Motor: Pastikan Anda mengecek daftar harga knalpot motor sebelum memutuskan untuk beli knalpot motor.
  • Suara yang Dikeluarkan: Ada knalpot yang menghasilkan suara bass yang dalam, sementara yang lain lebih halus. Pilih sesuai selera Anda.
  • Knalpot Merek: Pilihlah knalpot merek terpercaya untuk perlengkapan motor Anda, agar mendapatkan hasil maksimal dan tahan lama.
  • Custom Knalpot: Tak ada salahnya juga untuk mempertimbangkan knalpot custom jika Anda ingin memiliki karakter suara yang khas.
© CV Pelita Motorindo. All rights reserved.