Tag: C

Crankshaft Position Sensor

Pada motor injeksi modern, CKP memiliki peran vital untuk mendukung kinerja mesin yang optimal, irit bahan bakar, dan ramah lingkungan. 

Fungsi Crankshaft Position Sensor

Berikut adalah 3 fungsi utama crankshaft position sensor pada motor injeksi:

1. Menentukan Waktu Injeksi Bahan Bakar

2. Mengatur Waktu Pengapian

Sensor CKP juga berperan dalam menentukan waktu pengapian busi agar terjadi percikan bunga api di dalam silinder tepat pada saat yang dibutuhkan. Data posisi poros engkol memungkinkan sistem pengapian bekerja maksimal.

3. Mengukur Kecepatan Putaran Mesin

Selain posisi, CKP juga memberi informasi kecepatan putaran poros engkol dalam satuan RPM. Kecepatan mesin sangat penting bagi ECU untuk menyesuaikan suplai bahan bakar dan waktu pengapian. Semakin tinggi putaran mesin, semprotan bahan bakar dan pengapian juga harus ditingkatkan.

Cara Kerja Crankshaft Position Sensor Motor Injeksi

Sensor CKP menggunakan prinsip induksi elektromagnetik. Terdapat pickup coil di dalam sensor yang mengelilingi flywheel. Gigi pada flywheel akan memotong medan magnet pickup coil saat berputar, sehingga menginduksi tegangan pada pickup coil. Tegangan inilah yang dikirim ke ECU Motor.

Flywheel pada sensor CKP dilengkapi trigger wheel yang memiliki sejumlah gigi. Gigi-gigi ini tersusun dengan jarak tertentu, misalnya 10°. Saat trigger wheel berputar, gigi-gigi ini akan menghasilkan pulsa tegangan pada pickup coil. Pola pulsa ini yang memberitahu ECU posisi crankshaft dan kecepatan mesin.

Berdasarkan pola pulsa dari sensor CKP, ECU dapat menentukan posisi kompresi puncak dan waktu pengapian yang tepat pada setiap silinder. Dengan demikian performa mesin dapat dioptimalkan.

Letak Crankshaft Position Sensor

Sensor CKP dipasang berdekatan dengan flywheel agar dapat membaca informasi posisi dan kecepatan poros engkol dengan akurat. Data ini sangat penting bagi ECU untuk mengatur performa mesin yang optimal. Lokasi pemasangan CKP biasanya ditentukan oleh pabrikan kendaraan sesuai desain mesin injeksinya.

Jenis-Jenis Sensor CKP Untuk Sistem Injeksi

Ada beberapa jenis sensor CKP yang digunakan pada motor injeksi, antara lain:

  1. Sensor CKP tipe Hall Effect
    Jenis ini menggunakan sensor magnet (Hall sensor) untuk mendeteksi medan magnet dari gigi-gigi pada flywheel. Sinyal digital dihasilkan saat gigi melewati sensor.
  2. Sensor CKP tipe Induksi 
    Menggunakan pickup coil yang menghasilkan pulsa tegangan akibat induksi medan magnet dari gigi flywheel yang berputar. Sinyal analog dihasilkan.
  3. Sensor CKP tipe Optik
    Menggunakan optikal encoder yang mendeteksi cahaya inframerah yang dipantulkan oleh piringan bergerigi pada poros engkol. Sinyal digital dihasilkan.
  4. Sensor CKP tipe Magnetoresistive
    Menggunakan magnetoresistive element yang mengubah resistansinya saat terkena medan magnet dari gigi flywheel yang berputar.
  5. Sensor CKP tipe Capacitive Discharge
    Menggunakan prinsip kapasitansi yang berubah saat gigi flywheel melewati sensor. 

Pemilihan jenis sensor CKP disesuaikan dengan desain dan spesifikasi pada masing-masing motor injeksi. Sensor CKP harus presisi dan akurat agar performa motor optimal.

Daftar Harga Crankshaft Position Sensor Terbaru Desember 2023

Harga sensor CKP bisa bervariasi tergantung tipe, merk dan tempat beli. Umumnya kisaran harga berkisar Rp 100.000 – Rp 250.000. Pastikan membeli sensor CKP yang sesuai spesifikasi motor injeksi Anda.

Gejala Umum CKP Sensor Bermasalah

Berikut adalah beberapa gejala umum kerusakan sensor CKP (Crankshaft Position Sensor):

  1. Mesin susah dihidupkan atau mati saat menarik gas. Sensor CKP bermasalah membuat pengapian tidak akurat sehingga mesin tidak stabil. 
  2. Indikator check engine menyala dengan kode kerusakan sensor CKP. Hal ini menandakan ECU mendeteksi masalah pada CKP.
  3. Akselerasi tersendat-sendat karena CKP sensor gagal memberikan informasi putaran mesin yang akurat ke ECU.
  4. Mesin mati mendadak saat berhenti atau saat lampu merah. CKP yang rusak membuat ECU salah mengatur waktu pengapian.
  5. Mesin berjalan tidak stabil dan kasar. Informasi CKP sensor yang salah membuat pengapian dan injeksi bahan bakar tidak akurat. 
  6. Mesin overheating karena pengapian terjadi di luar timing yang tepat akibat data CKP yang salah.
  7. Daya mesin berkurang drastis karena posisi kompresi puncak dan waktu pengapian tidak akurat.

Kesimpulan

  • Sensor posisi ker crankshaft memastikan mesin injeksi bekerja dengan presisi tinggi, mengatur waktu pengapian dan injeksi bahan bakar.
  • Tak hanya melacak rotasi crankshaft, sensor ini juga bekerja sinkron dengan camshaft, menyempurnakan koordinasi antara klep dan piston.
  • Dalam motor injeksi, keberadaan sensor ker as crankshaft membantu menggantikan sistem pengaturan mekanis tradisional, menawarkan kontrol yang lebih akurat dan efisien.
  • Fungsi utama sensor ini adalah memberikan data kecepatan dan posisi crank kepada ECU, memungkinkan penyesuaian waktu pengapian secara otomatis.
  • Berbeda dengan motor manual, sistem injeksi dengan crankshaft position sensor menawarkan respons yang lebih responsif dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.
  • Sensor ini vital dalam mencegah situasi mesin mogok atau beroperasi tidak optimal, menjaga kinerja mesin tetap stabil dan handal.
  • Sensor crankshaft, atau sering disebut sensor kruk as, berperan vital dalam menentukan posisi dan kecepatan crankshaft, memastikan timing pengapian yang tepat.
  • Dengan sensor crankshaft CKP, motor injeksi dapat mengatur injeksi bahan bakar lebih akurat, meningkatkan efisiensi dan performa mesin.
  • Sensor crankshaft crank shaft memfasilitasi komunikasi antara crankshaft dan ECU, memberikan data esensial untuk pengaturan mesin yang optimal.
  • Kinerja sensor crankshaft position CKP menjamin ketepatan dalam pemetaan pengapian, mengurangi risiko mogok dan memperpanjang umur mesin.
  • Integrasi kruk as CKP position sensor dalam sistem motor injeksi menawarkan kontrol yang lebih baik atas emisi dan konsumsi bahan bakar.
  • Posisi dan kecepatan as kruk, yang dikirim oleh crankshaft ker, menjadi informasi penting untuk menjaga keseimbangan antara tenaga dan efisiensi mesin.
  • Sensor crankshaft krek as kruk menjadi komponen esensial dalam motor injeksi, menjamin presisi waktu pengapian dan efisiensi bahan bakar.
  • Dengan mendeteksi posisi dan kecepatan as kruk, sensor ini memastikan kinerja mesin yang lebih halus dan responsif.
  • Fungsi as kruk as ckp position sensor tak hanya meningkatkan performa mesin, tetapi juga membantu dalam mengurangi emisi gas buang.
  • Peranan sensor crankshaft krek as kruk as dalam sistem injeksi modern tidak tergantikan, memfasilitasi sinkronisasi antara piston dan klep secara akurat.
  • Keakuratan yang diberikan oleh sensor ini krusial dalam mendiagnosis dan mencegah potensi masalah mesin sejak dini.

Connecting Rod

Fungsi Connecting Rod Motor

Berikut adalah beberapa fungsi penting dari connection rod:

  • Mengubah gerak translasi menjadi gerak rotasi. Gerak naik turun piston diubah menjadi gerak memutar pada poros engkol melalui connection rod.
  • Memindahkan gaya dorong piston ke poros engkol. Gaya tekan akibat ledakan bahan bakar mendorong piston turun dan gaya ini ditransmisikan ke poros engkol melalui connection rod.
  • Membangkitkan momen putar pada poros engkol. Gaya dorong piston yang ditransmisikan connection rod membangkitkan momen putar poros engkol.
  • Menahan beban kejut dan lenturan. Connection rod mampu menahan beban kejut saat piston bergerak naik turun dan beban lentur akibat tekanan gas.

Cara Kerja Connecting Rod Motor

Cara kerja connection rod cukup sederhana. Saat terjadi ledakan di dalam silinder, tekanan gas akan mendorong piston turun. Karena piston dan connection rod terhubung, maka gerakan turun piston akan mendorong connection rod berputar pada poros engkol melalui big end. Ketika piston naik karena langkah hisap, connection rod akan menarik poros engkol berputar.

Proses ini berulang seiring putaran poros engkol yang kontinyu memutar roda melalui transmisi. Connection rod menjadi komponen kunci yang mengubah gerak naik turun menjadi putaran poros engkol.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada connection rod antara lain:

  • Gunakan oli mesin berkualitas untuk pelumasan pada bearing.
  • Periksa secara berkala kondisi con rod bearing, pin piston, dan mur pengunci.
  • Pastikan tidak ada keausan atau keretakan pada batang utama.
  • Lakukan penyetelan ulang bila terjadi backlash atau kelonggaran.
  • Ganti connection rod bila sudah melampaui batas keausan.

Connection rod yang aus atau longgar dapat menimbulkan getaran abnormal pada mesin. Komponen ini juga rawan patah bila menerima beban berlebih. Perawatan berkala dan penggantian connection rod mutlak diperlukan demi performa mesin yang optimal.

Daftar Harga Connecting Rod / Conrod Terbaru Desember 2023

Harga komponen connectin rod sangat bervariasi mulai dari Rp69.000 – Rp405.000 tergantung tipe, lokasi dan toko. Dirangkum dari platform toko online berikut adalah daftar produk termurah dan terlengkap Desember 2023 :

Nama ProdukHargaLokasiToko
Stang Seher Connecting Rod Kit Vega Zr Jupiter Z Robot 5D9 YamahaRp69.000Kab. Tangerangwillywilliampart
Stang Seher Connecting Rod Kit Yamaha V75Rp97.000Jakarta BaratAccesories Motorcycle
Connecting Rod Kit Stang Seher Yamaha V75 V 75Rp90.000Kab. Boyolalioip macuz
Stang Seher Connecting Rod Kit Nmax N Max Lexi Aerox 2DP YamahaRp87.500Kab. Tangerangwillywilliampart
Stang Seher – Stang Piston – Connecting Rod Kit Yamaha V75Rp185.000Kab. SlemanPAIDJO – JMC
Stang Seher Connecting Rod Kit Vega ZR Jupiter Z Robot Bearing 6305Rp106.000Kab. Tangerangssc_sparepartsmotor
Stang Seher – Stang Piston – Connecting Rod Kit Yamaha V80Rp205.000Kab. SlemanPAIDJO – JMC
Stang Seher Connecting Rod Kit Yamaha V75Rp97.000Jakarta BaratAccesories Motorcycle
Stang Seher / Connecting Rod Kit Yamaha Vixion, R15, MX King, XabreRp402.000Kab. BandungYamaha Gerbang Cahaya
Connecting Con Rod Stang Seher Kit Lexi Original B3F-E1651 E1681-00Rp405.000TangerangLMJ MOTOR PARTS
Stang Seher Kit Aerox / Jual Connecting Rod Kit B65-WE166-00Rp390.000Jakarta TimurCV Sartika Motor
Stang Seher Con Rod Connecting Grand Supra Fit New Original YamahaRp61.000BekasiPartindo
Stang Seher / Connecting Rod Kit Yamaha Vixion, R15, MX King, XabreRp402.000Kab. BandungYamaha Gerbang Cahaya
Stang Seher Kit Connecting Mio MX125 Aerox Nmax 135 B9E-E1651 OriginalRp400.000BekasiSC Motor
Stang Seher Connecting Rod Kit Yamaha V75Rp97.000Jakarta BaratAccesories Motorcycle
Stang Seher / Connecting Rod Kit Yamaha Vixion, R15, MX King, XabreRp402.000Kab. BandungYamaha Gerbang Cahaya
Stang Seher / Connecting Rod Kit Yamaha Vixion, R15, MX King, XabreRp402.000Kab. BandungYamaha Gerbang Cahaya
Stang Seher Kit Connecting Mio MX125 Aerox Nmax 135 B9E-E1651 OriginalRp400.000BekasiSC Motor
Stang Seher Connecting Rod Kit Yamaha V75Rp97.000Jakarta BaratAccesories Motorcycle
Stang Seher / Connecting Rod Kit Yamaha Vixion, R15, MX King, XabreRp402.000Kab. BandungYamaha Gerbang Cahaya
Stang Seher Con Rod Connecting Grand Supra Fit New Original YamahaRp61.000BekasiPartindo

Komponen Connecting Rod Conrod

Komponen utama connecting rod terdiri dari small end dan big end sebagai penghubung, batang utama sebagai penahan beban, serta bearing dan mur baut sebagai pengunci dan peredam gesekan.

Berikut adalah penjelasan masing-masing komponen utama batang piston pada mesin motor:

1. Connecting Rod Small End

Small end adalah bagian ujung kecil dari connecting rod yang terletak di bagian atas dan berhubungan langsung dengan piston. Small end memiliki diameter kecil dibandingkan bagian lainnya pada connecting rod.

Secara fisik, small end berbentuk silinder pendek dengan lubang di tengahnya. Lubang ini berfungsi untuk tempat masuknya piston pin yang menghubungkan connecting rod dengan piston. Ukuran diameter lubang disesuaikan dengan diameter piston pin.

Fungsi Small End

Small end berfungsi sebagai penghubung antara connecting rod dan piston dalam mentransmisikan tenaga dari piston ke poros engkol melalui connecting rod.

Beberapa fungsi penting dari small end pada batang piston antara lain:

  • Menghubungkan connecting rod dengan piston melalui piston pin. Small end berperan sebagai tempat dudukan piston pin.
  • Menerima tekanan dari piston pin saat piston bergerak naik turun. Small end harus mampu menahan tekanan ini.
  • Sebagai poros putar bagi gerakan batang piston. Small end berputar mengikuti gerakan naik turun piston.
  • Meredam getaran dan gesekan dengan menggunakan bantalan luncur. Bantalan ini penting untuk meminimalkan gesekan pada piston pin.
  • Mempertahankan alignmen yang tepat antara piston dan batang piston.

2. Connecting Rod Big End

Big end adalah bagian ujung besar dari connecting rod yang terletak di bagian bawah dan berhubungan langsung dengan poros engkol (crankshaft). Big end memiliki diameter lebih besar dibandingkan bagian lainnya pada batang piston.

Secara fisik, big end berbentuk setengah lingkaran dengan lubang di tengahnya. Lubang ini berfungsi untuk tempat masuknya crank pin yang menghubungkan connecting rod dengan poros engkol. Ukuran diameter lubang disesuaikan dengan diameter crank pin. 

Fungsi Big End

Big end berfungsi vital sebagai penghubung antara connecting rod dan poros engkol dalam mentransmisikan tenaga putaran poros engkol ke gerakan naik turun piston melalui batang piston.

Beberapa fungsi penting dari big end pada batang piston antara lain:

  • Menghubungkan batang piston dengan poros engkol melalui crank pin. Big end berperan sebagai tempat dudukan crank pin.
  • Menerima putaran dari poros engkol dan mentransmisikannya ke gerakan naik turun piston. 
  • Sebagai poros putar bagi gerakan batang piston. Big end berputar mengikuti putaran poros engkol.
  • Meredam getaran dan gesekan dengan menggunakan bantalan luncur. Bantalan ini penting untuk meminimalkan gesekan pada crank pin. 
  • Menjaga alignmen yang tepat antara connecting rod dan poros engkol.

3. Batang utama (shank)

Batang utama atau shank merupakan bagian tengah penghubung antara small end dan big end pada connecting rod. Batang utama biasanya berbentuk I-beam untuk memberikan kekuatan dan kekakuan yang cukup guna menahan beban. 

Secara fisik, batang utama berupa batang memanjang dengan penampang melintang berbentuk I. Bagian tengahnya cekung seperti huruf I. Tujuannya agar massa batang utama menjadi ringan namun tetap kaku dan kuat.

Fungsi Batang Utama

Batang utama berperan vital dalam menahan beban, menghubungkan kedua ujung connecting rod, dan mentransmisikan gaya dorong piston ke poros engkol. Kekuatan dan kelurusannya sangat penting agar batang seher dapat bekerja dengan baik.

Beberapa fungsi penting dari batang utama (shank) pada batang piston:

  • Menahan beban lentur dan kejut. Batang utama menerima beban lentur akibat tekanan gas di silinder. Selain itu juga menerima beban kejut saat piston bergerak naik turun.
  • Menghubungkan small end dan big end. Batang utama menjadi penghubung antara dua ujung batang piston.
  • Mempertahankan alignmen small end dan big end. Batang utama menjaga agar posisi small end dan big end tetap lurus. 
  • Meneruskan gaya dorong dan tarikan piston. Gaya piston ditransmisikan melalui batang utama menuju poros engkol.
  • Terbuat dari bahan yang kuat dan kaku. Biasanya menggunakan baja atau aluminium agar mampu menahan beban dengan baik.

4. Connecting Rod Bearing

Connecting Rod Bearing adalah komponen yang terletak di small end dan big end batang seher. Bearing berfungsi sebagai bantalan geser untuk meminimalkan gesekan antara permukaan yang saling bergerak. 

Secara fisik, bearing berbentuk cincin dengan lapisan logam lunak di bagian dalamnya. Material bearing biasanya menggunakan jenis logam lunak seperti timah, seng, dan aluminium.

Di small end, bearing disebut bushing yang melapisi lubang tempat masuknya piston pin. Sedangkan di big end, bearing disebut metal jalan yang melapisi lubang poros crank pin.

Fungsi Connecting Rod Bearing

Connecting rod bearing memiliki peran vital dalam meminimalkan gesekan dan menjaga kelancaran putaran poros engkol melalui batang piston. Kualitas dan perawatan bearing sangat menentukan performa mesin secara keseluruhan.

Beberapa fungsi penting bearing pada connecting rod:

  • Mengurangi gesekan antara permukaan yang bergerak
  • Menyerap dan meredam getaran yang timbul
  • Menahan beban radial dan tekanan dari piston pin dan crank pin
  • Memelihara kelurusan sumbu piston pin dan crank pin 
  • Mencegah kontak langsung logam dengan logam
  • Menjaga kestabilan putaran poros engkol
  • Memperpanjang umur pakai batang piston

5. Mur dan baut

Mur dan baut connecting rod berfungsi untuk mengunci big end ke poros engkol agar tidak terlepas. Secara fisik, mur dan baut batang piston berbentuk silinder pendek dengan ulir di bagian luarnya. Baut batang piston memiliki ulir di seluruh bagian luarnya, sedangkan mur batang piston hanya memiliki ulir di bagian dalamnya.

Mur dan baut ini dipasang melintang menembus big end dan poros engkol. Ketika baut dikencangkan ke mur, big end akan terkunci pada poros engkol.

Jenis dan Material

Jenis mur dan baut batang piston antara lain:

  • Baut biasa (plain bolt)  
  • Baut tegangan tinggi (high tensile bolt)
  • Baut ulir tak sama (unequal thread bolt) 

Material mur dan baut batang piston biasanya terbuat dari baja karbon atau baja paduan tinggi yang memiliki kekuatan tarik tinggi. Beberapa jenis baja yang digunakan antara lain baja karbon medium (S20C-S50C), baja karbon tinggi (SUJ2), dan baja paduan krom-molibdenum.

Crankshaft

Crankshaft atau poros engkol adalah komponen vital pada pada mesin kendaraan yang berfungsi mengubah gerak naik turun piston menjadi gerak putar. Crankshaft menerima beban yang sangat besar dari piston dan batang piston atau connecting rod, sehingga biasanya terbuat dari baja atau besi cor yang kuat.

Crankshaft terdiri dari beberapa bagian utama seperti crank pin, crank journal, crank arm, counterweight, oil hole, dan lainnya. Crankshaft bekerja dengan cara meneruskan gerakan naik turun piston menjadi putaran poros yang selanjutnya digunakan untuk memutar roda. Perawatan yang baik pada crankshaft sangat penting untuk performa mesin yang optimal

Perlu diketahui bahawa kruk as, poros engkol, as kruk, dan crankshaft semuanya mengacu pada komponen yang sama yaitu poros engkol atau crankshaft pada mesin kendaraan.

Fungsi Utama Crankshaft Motor

Fungsi utama crankshaft adalah mengubah gerak piston menjadi putaran poros dan meneruskan tenaga ke transmisi, serta menjadi poros utama mesin. 

Berikut fungsi crankshaft atau poros engkol pada motor:

  1. Mengubah gerak naik turun piston menjadi gerak putar. Gerak naik turun piston diubah menjadi gerak putar oleh crankshaft melalui hubungannya dengan connecting rod. 
  2. Meneruskan tenaga dari piston ke transmisi. Putaran poros crankshaft yang dihasilkan dari gerakan piston kemudian diteruskan ke transmisi untuk menggerakkan roda.
  3. Menjadi poros utama mesin. Crankshaft menjadi poros utama tempat komponen mesin lain seperti roda gila (flywheel), puli, gear, rantai atau sabuk penggerak katup (camshaft) dipasang.
  4. Menjaga keseimbangan dan kehalusan putaran mesin. Crankshaft dibuat seimbang (balanced) agar putaran mesin halus tanpa getaran berlebih. 
  5. Sebagai tempat pemasangan connecting rod. Lubang-lubang crank pin pada crankshaft berfungsi sebagai tempat pemasangan connecting rod yang menghubungkan piston.

Komponen Crankshaft

Berikut ini adalah bagian-bagian utama poros engkol motor beserta fungsinya:

1. Crank Pin

Crank pin adalah bagian poros engkol tempat batang piston (connecting rod) dihubungkan. Crank pin dilengkapi dengan bearing untuk mengurangi gesekan dengan batang piston. Di dalam crank pin juga terdapat lubang oli yang berfungsi melumasi bidang geseknya.

2. Crank Journal

Crank journal adalah bagian poros engkol yang ditumpu oleh bearing utama pada blok mesin. Crank journal berputar pada bearing ini agar poros engkol dapat berputar. Crank journal juga dilengkapi dengan lubang oli dan crank arm.

3. Crank Arm

Crank arm menghubungkan antara crank pin dan crank journal. Crank arm berfungsi meneruskan putaran dari crank pin ke crank journal. Bentuk dan desain crank arm mempengaruhi keseimbangan putaran poros engkol.

4. Counterweight

Counterweight berfungsi menyeimbangkan putaran poros engkol agar tidak terjadi getaran berlebih. Counterweight diletakkan di ujung poros engkol dengan bobot yang disesuaikan.

5. Oil Hole

Oil hole adalah lubang pada poros engkol tempat oli pelumas mengalir untuk melumasi journal dan pin. Oil hole sangat penting untuk mengurangi gesekan dan mencegah aus.

6. Crankshaft Gear

Crankshaft gear adalah roda gigi pada ujung poros engkol yang berfungsi menggerakkan rantai atau timing belt untuk menggerakkan komponen lain seperti pompa oli, katup, dan lainnya.

7. Keyway

Keyway adalah alur pada poros engkol tempat pasak kunci (key) dipasang. Keyway berfungsi mencegah slip dan memindahkan torsi ke komponen yang dipasang pada poros engkol seperti flywheel.

8. Oil Seal

Oil seal adalah seal yang dipasang pada ujung poros engkol untuk mencegah kebocoran oli mesin. Oil seal mencegah oli mesin bocor ke luar crankcase.

9. Thrust Bearing

Thrust bearing adalah bantalan yang menahan beban aksial pada poros engkol agar tidak geser ke samping. Thrust bearing biasanya dipasang pada crankshaft journal.

Itulah bagian-bagian utama pada poros engkol beserta fungsinya. Merawat dan memperbaiki kerusakan pada poros engkol dengan benar sangat penting untuk performa mesin yang optimal.

Cara Kerja Crankshaft Kruk As

Crankshaft mengubah gerak translasi piston menjadi gerak putar poros yang digunakan motor. Crankshaft harus kuat dan seimbang agar putaran mesin halus. Berikut adalah cara kerja crankshaft adalah sebagai berikut:

  • Proses dimulai dari ledakan di ruang bakar yang mendorong piston turun. Gerakan turun piston ini memutar crank pin yang dihubungkan dengan batang piston (connecting rod).
  • Putaran crank pin kemudian ditransmisikan ke crank journal melalui crank arm. Crank journal berputar pada bearing utama di crankcase.
  • Putaran crankshaft selanjutnya menggerakkan komponen lain seperti flywheel, rantai/sabuk distribusi, pompa oli, dan transmisi.
  • Proses di atas berulang seiring naik turunnya piston pada langkah kerja motor bakar 4 langkah.
  • Crankshaft harus kuat dan seimbang agar putaran mesin halus. Biasanya terbuat dari baja atau besi tuang.
  • Pelumasan yang baik pada crankshaft sangat penting untuk mengurangi gesekan dan mencegah kerusakan.

Daftar Harga Crankshaft / Crank Shaft / Kruk As Terbaru Desember 2023

Harga komponen Crankshaft CVT atau poros engkol sangat bervariasi mulai dari Rp165.000 – Rp1.395.500 tergantung tipe, lokasi dan toko. Dirangkum dari platform toko online berikut adalah daftar produk termurah dan terlengkap Desember 2023 :

Nama ProdukHargaLokasiToko
Amtech Treker Pasang Kruk As Motor Bebek Matic Crankshaft Alignment – 3 Mata (Bebek)Rp165.000Kab. CilacapMotorcare
Sil Seal Kruk As Crankshaft Kiri Motor Nmax N Max Old Asli YamahaRp17.324SurabayaSetia Motor Baru Cabang
Amtech Crankshaft Treker Botol Pasang Tarik Kruk As Bandul Motor SetRp164.900Kab. BekasiWarung Perkakas Bekasi
Amtech Treker Pasang Kruk As Motor Bebek Matic Crankshaft AlignmentRp165.000Kab. CilacapMotorcare
Bearing 6205 Cm Koyo Jepang 6205Cm As Kruk Motor Crankshaft 25x52x15Rp30.000SurabayaAneka Bearing Surabaya
Grip On Treker Pasang Bandul Kruk As Mesin Motor Crankshaft 19-202Rp282.000CirebonJuragan Perkakas
Grip On Treker Pasang Bandul Mesin Kruk As Motor Crankshaft 19-201Rp267.000CirebonJuragan Perkakas
Tracker Crankshaft+Treker As Kruk Bandul All Motor Matic+Beat+VarioRp1.000.000Kab. MagetanBenu Store
Bearing 6304C3 Koyo Jepang 6304C3 20X52X15 As Kruk Motor CrankshaftRp32.000SurabayaAneka Bearing Surabaya
Treker Tracker Alat Pasang Bandul Kruk As Crankshaft Mesin Motor WiproRp311.000Kab. NganjukSALIRA OTOTEKNIK
Bearing 6304 Cm Koyo Jepang 6304Cm 20X52X15 As Kruk Motor CrankshaftRp32.000SurabayaAneka Bearing Surabaya
Bearing Kruk As Mocil Mini Gp Motor Kecil Pocket Bike 6202 CrankshaftRp149.900Jakarta BaratImmax Speed
Treker Kruk As 4 Mata Treker Botol Mesin Motor Crankshaft AligmentRp253.500SurabayaCipta Solusi Saujana
Bearing 6304 Cm Nachi Jepang As Kruk Crankshaft Motor 20X52X15Rp31.000SurabayaAneka Bearing Surabaya
Kruk As / Crankshaft / Conrod Sabit 40mm Motor Mini 50cc Mesin TarikRp87.000SemarangMini Pocket Motor
Grip On Treker Pasang Bandul Kruk As Mesin Motor Crankshaft 19-202Rp290.900BandungSINAR ABADI
Askruk As Kruk Crankshaft Motor Cina Ktm Pnp Honda WinRp350.000Kab. BanyuwangiDYS Bengkel Motor 2
Crankshaft 3 Untuk Motor Tempel Yamaha 40pk Kotak 6F5 11432 11Rp620.000SurabayaSinar Nelayan Surabaya
Crankshaft 4/ Crank Motor Tempel Yamaha 40pk Tipe Kapsul 66T-11442-00Rp595.000SurabayaSinar Nelayan Surabaya
Bearing Kruk As Atv Razor /laher 6304-Crankshaft Viar-Motor-UniversalRp29.500Kab. Bandung BaratZETPLUS
Crankshaft Kiri / Kruk As Kiri Asli Sgp Motor Suzuki Smash, Smash NewRp1.395.500MakassarGudang_Spareparts

Perbedaan Camshaft dan Crank Shaft

Camshaft dan crankshaft adalah dua komponen vital pada mesin kendaraan yang memiliki perbedaan dalam beberapa hal, berikut aspek perbandingan dari kedua komponen ini : 

Aspek PerbandinganCamshaftCrankshaft
FungsiMengatur buka tutup katup inlet dan outletMengubah gerak naik turun piston menjadi putaran poros
Putaran1 putaran per 2 putaran crankshaft (mesin 4 langkah)2 putaran per siklus mesin
DimensiLebih kecil dan ringanLebih besar dan berat
LetakSilinder head atau blok mesinBagian bawah blok mesin (crankcase)
BahanBaja atau aluminiumBaja atau besi cor
KomponenCam lobes, journalsCrank pin, crank arm, counterweights
BebanLebih ringanLebih berat (menerima beban piston)
PerawatanPelumasan, ganti aus/patahPelumasan, periksa aus/retak

Masalah Umum Yang Terjadi Pada Crankshaft

Beberapa masalah umum yang dapat terjadi pada crankshaft:

  1. Ovalnya leher crankshaft
    Ovalnya leher crankshaft adalah masalah umum akibat ausnya bantalan atau bearing. Hal ini menyebabkan putaran crankshaft menjadi tidak rata. 
  2. Permukaan crankshaft tergores
    Permukaan crankshaft yang tergores dapat menyebabkan kebocoran oli, getaran berlebih, dan aus dini. Penyebabnya antara lain kotoran yang masuk atau kurangnya pelumasan.
  3. Kebocoran oli
    Kebocoran oli bisa terjadi akibat seal crankshaft yang sudah aus atau rusak. Oli bocor dapat merusak komponen lain seperti kopling.
  4. Kerusakan main bearing 
    Main bearing aus dapat menyebabkan crankshaft goyang dan tidak rata putarannya. Penyebabnya antara lain kurangnya pelumasan atau beban berlebih.
  5. Defleksi poros engkol
    Defleksi atau bengkoknya poros engkol dapat menyebabkan getaran berlebih hingga patahnya crankshaft. Biasanya karena beban berat berulang.

Kesimpulan

  • Dengan mengetahui fungsi dan komponen Crankshaft, Anda bisa meningkatkan efisiensi dan power mesin mobil Anda.
  • Memilih part yang sesuai dengan kebutuhan Anda akan memastikan kendaraan berjalan dengan lancar dan hemat energi.
  • Crankshaft atau as kruk as adalah jantung dari setiap mesin, mengubah gerakan naik-turun piston menjadi gerak putaran yang menggerakkan roda mobil.
  • Selain crankshaft, komponen lain seperti camshaft berfungsi untuk mengontrol valve dan proses pembakaran di ruang pembakaran.
  • Saat proses pembakaran terjadi, hasil pembakaran mendorong piston naik-turun yang selanjutnya diubah gerakannya oleh crankshaft.
  • Weight dan balance dari crankshaft sangat penting agar mesin bekerja dengan optimal dan tanpa getaran yang berlebihan.
  • Crankshaft bearing membantu mengurangi gesekan dan memastikan pergerakan piston lancar.
  • Bandul stang seher piston memastikan gerakan naik-turun piston berjalan dengan seimbang.
  • Kerja Sama dengan Blok Silinder: Crankshaft comp bekerja sempurna dengan blok silinder untuk memastikan mesin berjalan dengan efisien.

Clutch Housing

Fungsi Clutch Housing

Beberapa fungsi penting dari clutch housing pada motor matic, antara lain:

  • Tempat dudukan kampas kopling
  • Menerima putaran dari kampas kopling
  • Meneruskan putaran ke poros roda belakang
  • Mencegah kebocoran oli transmisi
  • Melindungi komponen CVT dari debu dan kotoran

Daftar Harga Rumah Kopling Clutch Housing Terbaru Desember 2023

Harga komponen rumah kopling CVT atau Clutch Housing sangat bervariasi mulai dari Rp118.000 – Rp1.500.000 tergantung tipe, lokasi dan toko. Dirangkum dari platform toko online berikut adalah daftar produk termurah dan terlengkap Desember 2023 :

Nama ProdukHargaLokasiToko
Grip-On Tahanan Rumah Kopling Kaki 4 – Clutch Housing Holder Grip OnRp118.000Jakarta BaratGrip-On Tools Flagship Store
Penahan Rumah Kopling Clutch Housing Holder Grip-On 19-150Rp108.500Jakarta BaratTeman Teknik
Rumah Mangkok Kampas Ganda Otomatis Clutch Housing Fazzio BEJ-E6611-00Rp117.000BandungLUCKY JAYA MOTOR
Mangkok Ganda / Clutch Housing Vario 125/150 – PCX – ADV Kawahara K2Rp500.000Tangerang SelatanKawaharaPremium
Kawahara Clutch Housing / Mangkok Transmisi Mio OldRp440.000Tangerang SelatanKawaharaPremium
Housing Clutch Shogun Fl 125Rp233.225Jakarta BaratGALAXI MOTOR
Mangkok Kopling Honda Forza 250 Outer Comp Clutch Housing OriginalRp455.000DepokRockbros Bike
Housing Clutch / Kepala Babi Depan Avanza VVTI All New Avanza 1.300ccRp1.450.000Jakarta UtaraKarunia Motor Part
Housing Clutch Cover Rumah Transmisi Manual Calya – Sigra 1.2 1200ccRp1.500.000Jakarta UtaraLSK Sparepart
Housing Clutch Cover Rumah Transmisi Manual Agya Ayla 1.2Cc 1200CcRp1.000.000Jakarta PusatJung Jaya Motor
Housing Clutch Cover Rumah Transmisi Manual Great Xenia 1.3cc 1300ccRp1.200.000Jakarta UtaraBSK Sparepart
Rumah Transmisi Manual Housing Clutch Cover Avanza Rush Terios 1500CCRp1.350.000Jakarta UtaraMulti Bangunan99
Rumah Transmisi Housing Clutch Cover Sigra Agya Ayla 1000cc OriginalRp1.250.000TangerangAutopart555
Housing Clutch Cover Rumah Transmisi Manual Agya – Ayla 1.2 1200cc OriRp1.500.000Jakarta UtaraLSK Sparepart

Cara Kerja Clutch Housing

Putaran V-belt ini menggerakkan kampas kopling yang ada di dalam clutch housing. Setelah berputar, kampas kopling akan menempel ke dinding clutch housing karena gaya sentrifugal.Putaran kampas kopling kemudian ditransmisikan ke poros output melalui rantai atau shaft.

Poros output inilah yang selanjutnya menggerakkan roda belakang. Jadi, intinya clutch housing berfungsi sebagai jembatan putaran antara kampas kopling dan poros output. Tanpa clutch housing, putaran mesin tidak dapat disalurkan ke roda.

Komponen Clutch Housing

Clutch housing pada motor matic memiliki beberapa komponen penting, yaitu:

  • Badan rumah kopling
  • Kampas kopling
  • Bearing atau bantalan
  • Oil seal

Badan rumah kopling biasanya terbuat dari besi tuang yang kuat agar tidak mudah aus atau patah. Kampas kopling terbuat dari bahan karet dan serat agar kuat dan elastis.

Bearing dipasang pada poros clutch housing agar putaran lancar. Oil seal mencegah kebocoran oli transmisi. Semua komponen ini bekerja sama dengan baik agar clutch housing dapat berfungsi optimal.

Kesimpulan

  • Clutch housing comp menjadi jantung dari mekanisme kopling, berfungsi untuk menampung komponen-komponen lain seperti piringan dan kampas kopling.
  • Ingin mencari clutch housing termurah dan terlengkap? Ingat, harga bisa jadi indikator kualitas, jadi teliti saat memilih.
  • Ganda rumah kopling clutch housing menawarkan kinerja yang stabil dan bertahan lama, ideal untuk penggunaan sehari-hari atau bahkan balap.
  • Produk dengan label ori Yamaha menjamin keaslian dan kualitas tinggi, jadi jangan ragu saat melihatnya.
  • Clutch housing comp mangkok rumah dan housing comp mangkok rumah kopling dirancang khusus untuk menampung kampas kopling dengan presisi.
  • Bagi pengguna motor Yamaha, seperti Mio atau MX King, opsi seperti kopling clutch housing comp Yamaha atau clutch racing Yamaha MX King bisa jadi pilihan upgrade yang tepat.
  • Jangan lupa bahwa assy (assembly) mencakup keseluruhan komponen, memastikan semuanya bekerja serasi.
  • Mangkok ganda rumah kopling clutch mengedepankan desain yang memaksimalkan gesekan dan daya tahan.
  • Saat mencari komponen pengganti, pertimbangkan selalu yang original Yamaha. Karena keaslian dan kualitas tidak pernah kompromi!
  • Saat berbicara tentang rumah kopling, kita tak bisa lepaskan dari komponen utamanya seperti mangkok rumah kopling kupling kampas yang berfungsi menampung kampas kopling.
  • Buat para pengguna soul gt dan fino, memahami mekanisme rumah kopling kupling kampas ganda bisa memberikan keuntungan dalam perawatan dan pemilihan komponen yang tepat.
  • Pilihan terbaik untuk performa dan keandalan? Pilih selalu produk dengan label otomatis lonceng original ori Yamaha.
  • Banyak pengendara yamaha vega zr jupiter z yang memilih kupling kampas ganda otomatis lonceng karena kualitas dan keandalannya.
  • Kalau kamu mendengar istilah mangkok ganda rumah mangkok ganda, ini merujuk pada desain khusus yang meningkatkan kinerja dan daya tahan kopling.
  • Mengganti atau memodifikasi komponen? Pertimbangkan kampas ganda otomatis lonceng original untuk kepastian performa dan ketahanan.
  • Pengguna sepeda motor seperti vega zr jupiter z new? Maka, lonceng original ori yamaha vega bisa jadi pilihan upgrade yang pas untukmu.
  • Untuk kualitas tak tertandingi, pilihlah produk dengan label original ori yamaha vega zr jupiter. Ingat, keaslian selalu menjadi jaminan kualitas.

Clutch Carrier

Fungsi Clutch Carrier

Berikut ini fungsi utama dari komponen Clutch Carrier pada motor matic:

  • Meneruskan putaran poros sekunder CVT ke roda belakang. Tanpa Clutch Carrier, putaran poros sekunder tidak akan tersalurkan.
  • Sebagai kopling sentrifugal yang menghubungkan dan memutuskan putaran secara otomatis berdasarkan kecepatan putar poros sekunder.
  • Memberikan percepatan yang halus saat motor mulai bergerak dari kondisi diam dengan memanfaatkan gaya sentrifugal.
  • Mencegah putaran poros sekunder CVT berlebih yang dapat merusak komponen transmisi lainnya.

Daftar Harga Clutch Carrier Assy Yamaha Terbaru Desember 2023

Harga komponen CVT Clutch Carrier Assy sangat bervariasi mulai dari Rp97.500 – RpRp3.144.060 tergantung tipe, lokasi dan toko. Dirangkum dari platform toko online berikut adalah daftar produk termurah dan terlengkap Desember 2023 :

Nama ProdukHargaLokasiToko
Kampas Kopling Ganda Clutch Carrier Set Assy Yamaha Nmax N Max All NewRp199.900Jakarta TimurPART GROSIR JAKARTA
Kampas Ganda Clutch Carrier Assy Jupiter Z, Vega Zr. OriginalRp97.500BekasiMAJU JAYA MOTOR77
Ganda Kopling Assy Lengkap Clutch Carrier Yamaha Jupiter Z 5TN 5TPRp82.500Jakarta Baratyaay auto part motor
Kampas Ganda/clutch Carrier Assy Mio, Mio New (5TL)Rp235.000Jakarta BaratJBM part
Kampas Ganda Assy Jupiter Mx Old/lama Clutch Carrier Assy Jupiter MxRp132.500TangerangDOC AUTOPART
Kampas Ganda Assy-clutch Carrier Assy Jupiter Mx (1S7-E6620-00 )Rp135.360TangerangTDH_PART99
Kampas Ganda/clutch Carrier Assy Xeon RC, GT 125 (1LB)Rp285.000Jakarta BaratJBM part
Kampas Ganda/clutch Carrier Assy NMAXRp451.000Jakarta PusatJuragan Yamaha
Kampas Ganda 1 Set Clutch Carrier Assy (2BJ1) Yamaha Mio J Mio GTRp252.300BandungYamaha Jabar Official
Original Clutch Carrier Assy (5TL3) Kampas Ganda Yamaha Mio S 2009Rp268.000Jakarta TimurSartika Motor
Clutch Carrier Assy, Kampas Ganda Yamaha NMAX 2DP-E6620-00Rp477.750Kab. BandungYamaha Bintang Rejeki
Clutch Carrier Assy, Kampas Ganda Xmax 250 B74-E6620-00Rp477.750Kab. BandungYamaha Bintang Rejeki
Clutch Carrier Assy, Kampas Ganda, Mio Z, Mio M3, Gear 2SX-E6620-10Rp444.150Kab. BandungYamaha Bintang Rejeki
Kampas Ganda Otomatis-clutch Carrier Assy Xeon Karbu Asli 44D-E6620-00Rp280.000Kab. TangerangHM Motoshop
Clutch Carrier Assy/kampas Ganda Assy Xeon 125 Original PartyamahaRp235.000Kab. TangerangSAUDARA JAYA MOTOR DADAP
1LB-E6620-00 Clutch Carrier Assy Kampas Ganda Kopling Only Xeon RC OldRp164.000TangerangTOKO GENUINE PARTS
2PH-E6620-00 Clutch Carrier Assy Kampas Ganda Kopling Only Mio M3Rp158.840TangerangTOKO GENUINE PARTS
Kampas Kopling New Carry Clutch Disc Assy New CarryRp220.000Jakarta UtaraValeria part jaya
Spare Part – Yamaha Nouvo Clutch Carrier Assy (Kampas Kopling)Rp730.000Jakarta PusatERA MOTOR
Pulley Clutch Assy untuk Carrier Supra 950Rp8.358.000Jakarta BaratHans Prima
For Cfmoto Cf500 Clutch Housing + Clutch Carrier Assy + One ATWRp3.144.060DepokShop_berkah45
Xp For Cfmoto Cf500 Clutch Housing Clutch Carrier Assy One WayRp2.281.600Jakarta BaratElectraXpress
Kampas Ganda Lexi 1 Set Original / B3F-E6620-00 / Clutch Carrier AssyRp359.000Jakarta SelatanFPS Motor
Kampas Ganda Clutch Carrier Assy Nmax N Max Old Asli Yamaha SurabayaRp473.794SurabayaSetia Motor Baru Cabang Surabaya

Cara Kerja Clutch Carrier

Clutch Carrier bekerja menggunakan prinsip gaya sentrifugal. Ketika poros sekunder CVT berputar, Clutch Carrier ikut berputar bersamanya. Putaran ini menimbulkan gaya sentrifugal yang mendorong kampas kopling Clutch Carrier ke arah luar hingga menyentuh permukaan clutch housing.

Gesekan antara kampas kopling dan clutch housing inilah yang memungkinkan putaran poros sekunder CVT terkopel dan diteruskan ke gigi reduksi lalu ke roda belakang. Semakin tinggi putaran poros sekunder, semakin kuat gaya sentrifugal yang dihasilkan untuk menekan kampas kopling ke clutch housing.

Ketika putaran rendah, gaya sentrifugal lemah sehingga kampas kopling tidak menyentuh clutch housing. Putaran poros sekunder tidak tersalurkan dan motor dalam kondisi netral. Sistem kopling sentrifugal pada Clutch Carrier inilah yang memungkinkan motor matic berjalan tanpa kopling manual.

Konstruksi Clutch Carrier

Secara konstruksi, Clutch Carrier berbentuk piringan yang terpasang pada poros sekunder CVT. Pada bagian tepi luar Clutch Carrier terdapat kampas kopling yang terbuat dari bahan friksi.

Bentuk kampas kopling umumnya menyerupai gigi atau kipas agar dapat mengunci putaran dengan baik pada clutch housing.

Material Clutch Carrier biasanya terbuat dari logam paduan yang kuat seperti aluminium atau baja agar tidak mudah aus atau patah. Permukaannya juga dibuat halus tanpa cacat untuk mengurangi gesekan.

Kesimpulan

  • Clutch carrier assy kopling pendukung merupakan komponen vital dalam sistem transmisi otomatis pada sepeda motor, seperti Yamaha.
  • Carrier assy plat dudukan set dan assy plat dudukan set kampas bekerja bersama untuk memberikan performa yang optimal saat beralih antar gigi.
  • Kalau kamu mencari jual produk clutch carrier assy atau ingin jual clutch carrier, pastikan untuk memilih produk berkualitas tinggi.
  • Salah satu keunggulan dari kampas kopling ganda mio adalah kemampuannya menyesuaikan dengan beban mesin, menjaga kelancaran pengoperasian.
  • Ganda assy clutch carrier assy dan otomatis ganda per original Yamaha menawarkan kombinasi yang sempurna antara kinerja dan ketahanan.
  • Clutch carrier assy kanvas kampas mampu memberikan traksi lebih baik dan meningkatkan usia pakai.
  • Jika kamu cari harga murah, pertimbangkan untuk membandingkan beberapa pilihan sebelum membeli. Namun, jangan korbankan kualitas demi harga.
  • Bagi pemilik soul gt, pastikan kamu memeriksa kampas ganda only clutch carrier dan ganda only clutch carrier assy sebagai opsi upgrade.
  • Carrier assy kampas kopling otomatis dan assy kampas kopling otomatis ganda membantu transisi yang halus saat perpindahan gigi.

Sebagai penutup, selalu pertimbangkan untuk memilih plat dudukan per original Yamaha saat mengganti atau memperbarui komponen. Kualitas asli selalu yang terbaik!

CVT Motor

CVT (Continuously Variable Transmission) adalah jenis transmisi otomatis yang banyak digunakan pada motor matic. CVT menggunakan sabuk V-belt untuk mentransmisikan tenaga dari mesin ke roda, berbeda dengan transmisi manual yang menggunakan rantai.

Mesin CVT memanfaatkan puli yang dihubungkan oleh sabuk, bukan gigi tetap, untuk menyediakan rasio gigi yang bervariasi pada kendaraan matic anda. Saat diameter puli berubah, rasio giginya pun berubah secara kontinu.

Jenis-Jenis CVT Sepeda Motor

Ada beberapa jenis CVT yang digunakan pada sepeda motor:

1. Pulley CVT

Jenis yang paling umum. Menggunakan 2 buah puli yaitu puli primer (drive pulley) dan puli sekunder (driven pulley) yang dihubungkan dengan V-belt. Puli primer dihubungkan ke mesin, puli sekunder dihubungkan ke roda belakang.

Perubahan diameter kedua puli secara variabel menghasilkan variasi perbandingan putaran, sehingga transmisi berjalan halus.

2. Toroidal CVT

Menggunakan power roller yang menekan trapesium toroidal. Perubahan sudut power roller menghasilkan variasi rasio gigi.

Lebih halus dan efisien dibanding pulley CVT, tapi lebih mahal dan kompleks.

3. Hydrostatic CVT

Menggunakan pompa dan motor hidrolik yang dihubungkan dengan pipa. Variasi tekanan fluida menghasilkan variasi kecepatan putar.

Konstruksi sederhana dan tahan lama, tapi kurang efisien.

4. Ratchet CVT

Menggunakan roda gigi dan one-way bearing (ratchet). Variasi sudut ratchet menghasilkan variasi rasio gigi.

Konstruksi sederhana, tapi rasio gigi terbatas dan kurang halus.

Itulah beberapa jenis CVT yang digunakan pada motor matic beserta cara kerjanya. Jenis pulley CVT paling banyak digunakan karena konstruksi dan biaya yang relatif sederhana.

Cara Kerja CVT Motor Matic

  • Saat putaran mesin meningkat, diameter V-belt pada primary pulley membesar sedangkan diameter V-belt pada secondary pulley mengecil. Hal ini meningkatkan rasio percepatan.
  • Saat putaran mesin menurun, diameter V-belt pada primary pulley mengecil dan diameter V-belt pada secondary pulley membesar. Hal ini menurunkan rasio percepatan.
  • Perubahan diameter V-belt ini disebabkan oleh gaya sentrifugal pada weighted roller di primary pulley.

Kelebihan CVT Motor Matic

Berikut adalah penjelasan mengenai kelebihan CVT motor matic dalam hal efisiensi bahan bakar yang lebih baik:

Efisiensi Bahan Bakar yang Lebih Baik

Transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) pada motor matic memiliki beberapa kelebihan dibandingkan transmisi manual atau otomatis lainnya, salah satunya adalah efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor:

  • Perpindahan gigi yang halus tanpa hentakan
  • Putaran mesin tetap optimal di setiap kecepatan
  • Tidak perlu menaikkan putaran mesin tinggi untuk akselerasi

Perpindahan Gigi Halus

CVT mampu mengatur perbandingan putaran mesin dan putaran roda secara kontinyu. Tidak ada perpindahan gigi secara bertahap seperti pada transmisi manual atau otomatis lainnya. 

Hal ini membuat perpindahan rasio sangat halus tanpa hentakan. Akselerasi terasa mulus sehingga performa mesin tetap optimal.

Putaran Mesin Optimal

CVT selalu menjaga putaran mesin pada rpm yang paling efisien untuk setiap kecepatan. Tidak ada putaran mesin yang terlalu rendah atau tinggi. 

Kondisi ini sangat membantu mesin bekerja pada efisiensi maksimal sehingga konsumsi bahan bakar lebih irit.

Tidak Perlu Akselerasi Tinggi

Pengendara tidak perlu menaikkan putaran mesin ke rpm tinggi untuk mendapatkan akselerasi yang cepat. CVT mampu memberikan akselerasi yang responsif tanpa harus memaksakan mesin bekerja maksimal.

Kondisi ini sangat mengurangi pemborosan bahan bakar akibat akselerasi yang berlebihan.

Dengan berbagai keunggulan di atas, motor matic dengan transmisi CVT terbukti jauh lebih hemat bahan bakar dibandingkan motor manual atau otomatis lainnya. Efisiensi bahan bakar yang dihasilkan bisa mencapai 10-15% lebih baik.

Komponen CVT Pada Motor Matic

Sistem CVT (Continuously Variable Transmission) pada motor matic terdiri dari komponen-komponen utama dan pendukung sebagai berikut :

Komponen Utama CVT

pulley primer

Primary Sheave (Pulley Primer)

Bagian tetap pada poros primer yang berfungsi sebagai tempat V-belt melingkar.

pulley-sekunder

Secondary Sheave (Pulley Sekunder)

Bagian yang dapat berputar pada poros sekunder, tempat V-belt melingkar. 

vbelt motor matic

V-Belt

Sabuk karet berbentuk V yang menghubungkan pulley primer dan sekunder.

Komponen Pendukung CVT

Demikian penjelasan ringkas dan kategori komponen CVT Motor Matic berdasarkan daftar yang Anda berikan. Semoga membantu memahami fungsi masing-masing komponennya.

Gejala Kerusakan Komponen CVT Motor Matic

CVT (Continuously Variable Transmission) merupakan komponen penting pada motor mati. Beberapa komponen utama dalam CVT dapat mengalami kerusakan. Untuk itu sangatlah penting untuk melakukan perawatan rutin atau mendeteksi kerusakan komponen CVT lebih dini agar motor anda tetap optimal. 

Beberapa gejala umum kerusakan pada komponen CVT motor matik antara lain:

 1. Roller

  • Tanda: Terdengar bunyi ngrecek-ngrecek di area CVT bagian depan. 
  • Penyebab: Roller aus atau peyang.
  • Solusi: Ganti roller baru. Beri gemuk pada roller agar lebih awet.

 2. Pulley atau Rumah roller

  • Tanda: Motor terasa bergetar lebih keras, akselerasi tertahan terutama saat mulai berjalan.
  • Penyebab: Jalur/alur roller sudah aus atau tergerus akibat beban berlebih.
  • Solusi: Beri gemuk pada alur roller, ganti jika sudah parah.

3. V-belt

  • Tanda: Terdengar suara berisik dari rumah CVT, akselerasi terasa slip.
  • Penyebab: V-belt aus, retak atau putus. 
  • Solusi: Periksa dan mengganti V-belt jika perlu.

4. Kampas kopling

  • Tanda: Terdengar suara decit saat berkendara, akselerasi lambat. 
  • Penyebab: Kampas kopling aus.
  • Solusi: Ganti kampas kopling yang sudah aus.

5. Gear rasio

  • Tanda: Terdengar suara dengungan dari CVT.
  • Penyebab: Bearing gear rasio aus atau goyang karena jarang mengganti oli.
  • Solusi: Periksa dan ganti bearing jika perlu. 

Pencegahan Kerusakan Komponen CVT Pada Motor

Dengan perawatan berkala diharapkan komponen CVT motor matic bisa awet dan bekerja optimal tanpa cepat mengalami kerusakan. Berikut adalah informasi cara mencegah kerusakan komponen CVT pada motor yang bisa anda lakukan:

 1. Menggunakan Komponen Asli/Original

  • Gunakan komponen asli pabrikan seperti v-belt, roller, kampas kopling, dll. Jangan menggunakan komponen KW karena kualitasnya tidak terjamin dan bisa mempercepat kerusakan.

2. Melakukan Perawatan Berkala

  • Lakukan penggantian oli transmisi secara rutin, minimal 2 bulan sekali. Oli berkualitas baik sangat penting untuk melumasi komponen CVT. 
  • Lakukan servis berkala di bengkel resmi minimal 2-3 bulan sekali atau setiap menempuh jarak 2.000-3.000 km.
  • Ganti komponen sesuai umur pakai, seperti v-belt (20.000 km), roller (24.000 km), oli (2 bulan), saringan udara, saringan bahan bakar, dll.

3.  Menghindari Penggunaan Kasar

  • Hindari akselerasi mendadak/hentakan gas yang bisa memberi beban berlebih pada komponen CVT.
  • Hindari membawa beban berlebih yang bisa mempercepat ausnya komponen.
  • Hindari menggunakan motor di medan yang ekstrim agar komponen tidak cepat aus.

4. Rutin Membersihkan Komponen

  • Bersihkan v-belt dan komponen CVT lainnya secara rutin dari kotoran yang menempel. Kotoran bisa mempercepat ausnya komponen.

Kesimpulan

  • Motor matic menjadi salah satu pilihan favorit, terutama tipe motor bebek yang menawarkan kenyamanan.
  • Salah satu komponen dalam CVT yang memiliki peran krusial adalah belt.
  • Tanda-tanda kerusakan komponen CVT bisa dikenali dari bunyi yang aneh saat motor berjalan.
  • CVT belt menghubungkan mesin motor pada bagian roda, memastikan tenaga yang dihasilkan oleh mesin motor disalurkan dengan tepat.
  • Jika terdengar bunyi yang aneh saat motor berjalan, kemungkinan besar ada tanda-tanda kerusakan pada salah satu komponen dalam CVT.
  • Motor pada bagian roda ban menerima tenaga dari belt, membuat ban sehingga motor dapat berjalan dengan lancar.
  • Mangkuk adalah salah satu komponen dalam CVT yang memiliki fungsi penting dalam transmisi tenaga.
  • Kerusakan bisa disebabkan oleh komponen gear rasio yang tak berfungsi dengan baik.
  • Memahami fungsi dan cara kerja setiap komponen dalam CVT membantu kita dalam mendeteksi potensi masalah di masa depan.
  • Pengguna motor matic pasti merasakan kenyamanan dari roda ban sehingga motor dapat berjalan dengan lancar.
  • Salah satu tanda awal kerusakan komponen adalah munculnya suara atau getaran yang menimbulkan kecurigaan.
  • V-belt memiliki fungsi krusial, meneruskan putaran yang dihasilkan oleh mesin ke bagian roda motor.
  • Jika Anda mendengar suara berisik yang berasal dari dalam CVT, mungkin ada kerusakan pada v-belt atau komponen roller.
  • Kinerja mesin motor bisa dipengaruhi oleh komponen pulley dan v-belt yang bermasalah.
  • Getaran atau munculnya suara dengungan yang cukup keras bisa menandakan kerusakan pada komponen v-belt.
  • Rumah roller yang bermasalah atau gear rasio yang aus akan membuat kinerja gear menjadi terhambat.
  • Seiring dengan bertambahnya putaran mesin, pastikan bahwa Anda selalu rutin melakukan penggantian oli dan perawatan komponen lainnya.
  • Kerusakan sering muncul ketika terdapat kerusakan pada kampas kopling atau rasio yang sudah mulai aus.
  • Kinerja optimal motor matic Anda membutuhkan perawatan rutin; jangan jarang mengganti oli transmisi atau mengabaikan gejala kerusakan.
  • Bunyi dengungan yang cukup keras saat berkendara bisa menjadi tanda awal dari kinerja v-belt yang bermasalah.
  • Salah satu fungsi utama CVT adalah mengatur putaran yang dihasilkan oleh mesin, memastikan transmisi tenaga yang optimal ke roda.
  • Perangkat ini digunakan untuk mengatur kinerja mesin dengan presisi, menjaga agar motor tetap stabil meski jarak tempuh semakin jauh.
  • Menimbulkan suara tak biasa saat berkendara? Mungkin disebabkan oleh kampas kopling yang sudah mulai menipis atau bermasalah.
  • Pastikan untuk memeriksa komponen CVT secara berkala, terutama saat mendengar suara atau getaran yang tidak biasa.

Dengan pemahaman yang baik tentang fungsi dan cara kerja CVT, Anda akan lebih siap menghadapi dan mendiagnosa potensi masalah di jalan. Tetap waspada dan selalu prioritas perawatan!

© CV Pelita Motorindo. All rights reserved.